bus puspa jaya, mitra perjalanan darat 20 jam lampung-jogja

assalamu’alaikum wr. wb..

entah kenapa akhir-akhir ini banyak keperluan di luar yogyaย yang mengharuskan nbsusanto menggunakan kendaraan umum, entah apapun jenis kendaraan umum itu.. ya disyukuri saja.. mumpung masih muda.. :mrgreen: nah, beberapa waktu lalu ada agenda di pulau sumatera, tepatnya di lampung, pas mau pulang awalnya bingung, mau naik apa ya.. berhubung ada saudara disana, disarankan naik bus saja, terserah bisa langsung lampung-jogja atau transit dulu..

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (14)

akhirnya pagi-pagi budhe nyari info dan didapat kabar kalo ada bus puspa jaya lampung-jogja berangkat jam 10.. badalah.. padahal sudah jam 9.. memang sudah packing, tapi masih ada beberapa yang belum beres.. alhasil beberes dan kemudian disodorkan tiket bus..

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (83)

lah malah sudah dibayari sekalian.. 400 ribu untuk tiket eksekutif dari pugung, lampung timur sampe ke yogya.. wehjyan.. makasih budhe.. malah tambah ngrepoti.. ๐Ÿ™„ oiya kalo tidak salah jika berangkat dari pool bandar lampung kena tarif 360 ribu rupiah..

jam 10 pagi nbsusanto pun diantar hingga perempatan pugung.. ternyata modelnya naik semacam bus kecil hingga ke pool PO puspa jaya tersebut.. biaya tersebut sudah termasuk bus kecilnya.. ya sudah.. bus kecil AC tapi ya seadanya, lumayan AC nya dingin walau memang kalo melintas jalanan sumatera suspensi yang bakalan kena imbasnya.. toh begitu tetep saja bisa tidur.. :mrgreen:

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (2)

yeah sampe juga di bandar lampung setelah sekitar 3 jam perjalanan.. eh ternyata bus baru akan diberangkatkan jam 2.. yasudah ke loket dulu saja untuk menunjukkan tiket dan kemudian ditulisin plat nomer bus yang akan dinaiki.. ternyata bener tebakan awal.. pake bus yang pertama dilihat tadi gara-gara ada tulisan jogjanya.. ๐Ÿ™„

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (10)

bus puspa jaya executive class menggunakan armada Scorpion X dari karoseri Tentrem dengan mesin Mercedes Benz.. eksteriornya memang menarik.. itu lho belakangnya sangar banget.. di bagian dekat foglamp juga ada barisan led seperti drl.. ๐Ÿ™„

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (11)

dashboard bus puspa jaya.. keliatan logo mercedes nya.. banyak juga tombol-tombolnya.. ๐Ÿ™„

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (17)

suasana interior dari sisi penumpang.. disediakan selimut dan bantal.. ada sekat pemisah antara kru dan penumpang.. maklum baru kali ini naik moda transportasi kelas eksekutif..ย ๐Ÿ™„

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (16)

reclining seat dan sandaran kaki.. joknya tebal.. jauh dibandingkan pesawat kelas ekonomi.. *ya maklum harga hampir sama tapi beda di waktu!* ๐Ÿ™„ :mrgreen:

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (18)

tentunya bus eksekutif ada toiletnya.. walau digunakannya saat berjalan saja.. oya, di belakang kursi paling belakang ada tempat tidur untuk sopir pengganti.. ya perjalanan jauh kalo nggak ganti sopir malah riskan bukan.. ๐Ÿ™„

dan jam 2 lebih sedikit bus pun berangkat.. berjalan perlahan meninggalkan bandarlampung.. kebetulan yang duduk di sebelah orang lampung yang sering ke jawa, jadi tanya-tanya beberapa hal tentang bus ini.. termasuk dapat fasilitas apa saja mengingat harga, kelas dan lamanya perjalanan..

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (19)

ya dapatnya ternyata itu saja.. kardus berisi segelas air mineral dan roti.. tak lebih.. tak termasuk makan di rest area.. tak ada wifi.. ya sudah nggak papa lah.. asal nyaman suspensinya.. cuma sayangnya suara suspensinya itu lho, terasa menodai bantingan yang sudah enak.. ๐Ÿ™„

bus melaju membelah jalanan lampung.. setelah diamati ternyata berangkat tadi bareng 2 ekor puspa jaya lain.. model-modelnya seperti sumber alam keluar dari pool gitu.. saling menguntit dan menyelip kendaraan yang berjalan lambat.. cukup sopan sih.. hingga jam 5 berhenti sebentar di semacam warung gitu.. tak lama.. kemudian melaju ke arah pelabuhan bakauheni.. lumayan ini kalo dapat sunset di selat sunda.. :mrgreen:

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (28)

langsung dapat kapal.. mulai melaju dan nampaklah sebuah bangunan di atas bukit.. yap, pertanda kalo sudah dekat dengan tanah andalas.. dulu pas dari merak itu sampe bakauheni sudah malam dan hujan.. tentu tak terlihat..

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (81)

di dalam kapal biasanya kalo mau masuk ke ruang duduk atau tidur perlu membayar.. namun di kapal ini tidak.. mungkin memang sudah kerjasamanya dengan PO puspa jaya.. lumayan hiburan ada penyanyinya walau tidak utuh dari naik sampai mau merapat.. setelah waktu hiburan nyanyian habis, diputarkan film di layar yang cukup banyak ada di ruang duduk.. oya, reclining seat juga lho.. ๐Ÿ™„

dari tadi foto-foto terus.. oke setelah turun dari kapal tak banyak foto yang nbsusanto dapat.. di sekitar pelabuhan bus berhenti lagi di warung makan dan memberi kesempatan penumpang untuk makan.. ya nasi padang, nbsusanto sendiri makan dengan ikan habis 22 ribu tanpa minum.. mahal ya.. yo wislah daripada nggak diisi apa-apa.. baru juga jam 8 di merak.. sekitar setengah jam kemudian bus pun berangkat lagi.. langsung masuk di gerbang tol merak.. ๐Ÿ˜Ž

melintasi jalan tol dari merak yang cukup sepi dan minim penerangan.. hanya 2 lajur setiap arah pula.. tapi disini bus bisa lumayan kencang menuju tangerang.. kalo sudah masuk tangerang kemudian tol dalam kota ya lumayan rame.. ambil tol terus ke arah cikampek.. disini nbsusanto tertidur dengan bantal dan selimut.. :mrgreen:

bus masih melaju melalui tol cikapali.. sempat keluar tol dan berhenti di suatu tempat, kalo nggak salah nggak jauh dari subang.. entah ngapain pas nbsusanto bangun bus sudah mau jalan dan masuk tol lagi.. nyalain gps deh.. cuma kepanjer nggak lama.. banyak sesi yang tak terekam.. ๐Ÿ™„

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (1)

tercatat kecepatan maksimum 109,8 kilometer per jam.. entah di bagian mana.. bener-bener semua segmen tol pantura jawa barat dilewati bus ini.. bangun-bangun sudah keluar dari pintu pejagan.. padahal penasaran dengan batu bleneng di deket palimanan.. ๐Ÿ™„

masuk jalan dari brebes ke selatan.. nyaman-nyaman saja melintas jalanan jawa tengah.. mesin mercedes benz pun tak pernah kekurangan tenaga.. sayangnya ya itu, suara suspensinya duh.. tidur lagi.. lumayan dapat selimut bikin nggak terlalu dingin, kalo nggak selimutan terasa dingin, padahal ac di sekitar tempat duduk nbsusanto pada nggak dibuka.. ๐Ÿ™„

sekitar jam 6 pagi, bus berhenti lagi di kawasan gombong.. dipersilakan bagi penumpang yang mau sarapan atau ke kamar mandi.. lumayan lama disini berhentinya.. nbsusanto sih nggak beli makan disini.. cukup ngganjel dengan roti tadi.. hemat gan.. walau kalo airnya jelas kurang makanya menyiapkan 2 botol 600 mili dan 1 kemasan gelas selain bawaan dari bus.. biar nggak kekurangan air.. ๐Ÿ™„

bus PO puspa jaya jogja-lampung kelas eksekutif (82)

sekitar jam 7 bus kembali melaju.. membelah jalur selatan jawa tengah.. manuver manuver yang normal dan sesekali membunyikan klakson.. oiya, klaksonnya mengingatkan pada klakson bus efisiensi.. ๐Ÿ™„ terus melaju dan sempat masuk memutar di terminal purworejo.. bablas ke timur.. sempat berhentiย di pool puspa jaya yogyakarta sebelum masuk terminal giwangan.. sebentar saja kemudian masuk terminal yogayakarta itu.. pun hanya sebentar ternyata.. nbsusanto pun turun dan ambil barang di bagasi.. melongok jam dan benar saja sudah jam 10.. total dari bandar lampung 20 jam.. lumayan.. ๐Ÿ™„

overall, bus puspa jaya kelas eksekutif jalur bandar lampung-yogyakarta bisa dijadikan salah satu alternatif moda transportasi antar pulau.. bus cukup nyaman dan manuver tidak mengkhawatirkan.. jika ada tol pun selalu masuk tol.. toilet juga bisa diandalkan saat kebelet buang air kecil.. memang kalo bicara fasilitas tambahan rasanya 400 ribu lumayan mahal.. sebenernya misal dapet voucher 1x makan besar kan lumayan.. soalnya kalo pas beruntung dengan 400 ribu sudah dapat tiket pesawat ekonomi lampung-jakarta lanjut kereta ekonomi jakarta-jogja.. tapi inget, kalo beruntung dan mau rada ribet pas pindah moda transportasi.. tapi kalo tak mau ribet dan memang menyiapkan 1 hari untuk di jalan, naik bus tinggal tidur ya enak! ๐Ÿ˜€

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Oktober 23, 2015, in Catatan Perjalanan, Transportasi Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. Kira kira nglewatin terminal penggung (klaten) gk y

    Suka

  2. kalo naik dari TEGAL JATENG mau ke lampung tengah kira2 bus puspa jaya bisa gk yahh

    Suka

  3. Puspa jaya ada yang star dari jogja ke lampung gak ????

    Suka

  4. Duhh.. Jadi pengen cepet” lulus sekolah, kerja terus ke jogjaa ๐Ÿ™‚

    Suka

    • sekolah dimana gan? rencana kerja di jogja? mantep tenan.. biasanya yg ke jogja utk sekolah, giliran kerja di luar jogja meski bakalan jadi sering ke jogja.. karena jogja ngangeni.. ๐Ÿ˜€

      Suka

  5. Budi adalah teman semasa kuliah saya di UGM, bagus sekali tulisan2nya saudara saya yang satu ini.
    Infonya menarik & dengan bahasa yang mudah dipahami.
    Terimakasih kawan.

    Saya akan ke daerah semuli raya, dan rencananya dari bandara naik bus ini juga 2,5 jam perjalanan. Semoga perjalanan lancar sampai tujuan. Hehehe

    Suka

  6. Kakak saya asli Sampang Madura, menikah dgn gadis Medan. Penasaran mudik dgn jet darat, ternyata ditempuh perjalanan selama 5 hari 6 malam. Kapok dah setelah itu, mudik selanjutnya ganti naik pesawat. Hehe..!!!

    Suka

  7. wah perjalanannya hampir sehari..pasti rasanya capek banget meski kursinya udah empuk gitu

    Suka

  8. Waa nggk di bagasiin mas,sikile kan ora pegel..hehe

    Suka

  9. Mantab..20 jam eksekutif nggk pegel-pegel bangetlah mas kaki bisa selonjoran,lha nek ekonomi non ac lakyo tobat tenanan ๐Ÿ˜€

    Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: