syahdunya tanjakan cinomati

assalamu’alaikum wr. wb..

tanjakan cinomati.. bagi warga di kawasan bantul sisi timur laut ataupun gunungkidul sisi barat daya mungkin sudah familiar dengan nama itu.. sebuah jalan shortcut yang menghubungkan kawasan piyungan sisi selatan, pleret yang berada di jogja lantai 1 ke dlingo, playen dan beberapa daerah lain di jogja lantai 2.. maklum saja lewat jalan jogja-wonosari terlalu jauh dan saat macet terlalu melelahkan..

syahdunya-tanjakan-cinomati-piyungan-bantul-jogja-16

namanya juga jalan shortcut tentu tak banyak yang tau dan mesti ada konsekuensinya.. ya, kalo dari jalan jogja-wonosari belok ke selatan di plang smp 1 piyungan.. sama dengan jalan menuju puncak bucu.. bedanya kalo puncak bucu kemudian berbelok ke jalan kecil, cinomati ini ikuti saja jalan gedhe sampe pertigaan yang kalo diintip sudah terlihat tanjakannya.. nanti ujungnya adalah di perempatan beringin yang masuk kawasan terong, kecamatan dlingo yang merupakan jalan alternatif penghubung imogiri, bantul dengan patuk, gunungkidul.. sayang sih nggak ada fotonya, padahal baru 2 minggu lalu mampir nyate di sekitar perempatan itu.. 😐

syahdunya-tanjakan-cinomati-piyungan-bantul-jogja-2

salah satu liukan di kawasan cinomati.. ini dokumentasi di 2013 lalu saat kkn di kawasan piyungan.. maklum cari jalan yang lebih aman dari keramaian jalan jogja wonosari yang untuk wira-wiri dusun pandeyan dan ngelosari pas butuh untuk rapat koordinasi.. ya meskipun kalo malem jelas syahdu karena tak terlihat lampu..

syahdunya-tanjakan-cinomati-piyungan-bantul-jogja-10

menurut nbsusanto, spot ini yang paling terlihat jahanam.. ya coba saja amati foto di atas.. bandingkan kemiringan jalan dengan motor.. butuh motor yang sehat untuk melewati jalur ini.. bahkan ada mitos tertulis di blog mas wijna mblusuk, “barangsiapa yang bisa bersepeda menaklukkan tanjakan Cinomati tanpa pernah menuntun sepeda, dijamin dia pasti bisa menaklukkan setiap tanjakan di Jogja.“, berlebihan? silakan coba sendiri dan bandingkan dengan tanjakan lain di kawasan daerah istimewa yogyakarta.. :mrgreen:

syahdunya-tanjakan-cinomati-piyungan-bantul-jogja-7

tapi tenanglah, menikmati matahari terbenam di cinomati itu syahdu.. udara yang masih segar.. sejauh mata memandang terlihat kenampakan alam bantul dengan perpaduan bukit dengan pohon lebat dan sawah.. ibaratnya kalo memang selo bisa berhenti di sini.. tapi nanjak jangan berhenti di titik ini karena harus menyeberang, maklum kawasan blind spot yang dari atas juga tak bisa melihat kondisi dengan leluasa.. kecuali memang turun, ada di kiri jalan.. kalo yang nanjak teruskan sedikit perjalanan lagi juga ada spot berhenti di kiri jalan.. ya jangan sampai menyenangkan diri sendiri tapi merugikan orang lain bukan? 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Oktober 27, 2016, in Catatan Perjalanan and tagged . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. Sepeertinya mantabbb buat miring² pakai motor.. Biar kyak motogp, next time coba ksini ahh hahaa 😅😅😂

    Suka

  2. keknya saya pernah lewat nih jalan pas mau ke playen tapi macet di patuk, balik arah piyungan ke selatan full tanjakan pake panther grand royal hajar terus sampe tanjakan Xtrim pake gear 1 & tembusnya ke pasar playen

    Suka

  3. Sisih ngendi iki mas,malah rung tau weruh aku. ..liwat dalan mainstream terus adoh bgt

    Suka

  4. tri_aja_gunung_kidul

    Halah yuh..balung tuo kon nyepeda..mlaku wae wis ngap ngapan munggah dalanan koyo ngono…hihihi

    Suka

  5. jeneng-e serem men to mas

    Suka

  6. walaupun treknya susah namun cakep

    Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: