dibumbui dagelan.. sudah H-3, jakarta city marathon ditunda!

assalamu’alaikum wr. wb..

pada semester 1 tahun 2018 lalu, tersiar kabar bahwa akan ada 2 event marathon di kota jakarta semester 2 tahun 2018.. salah satunya adalah event tahunan, the jakarta marathon, yang sudah terlaksana 5 kali sebelumnya dan akan dilaksanakan pada 28 oktober 2018.. lalu yang satu adalah event baru bertajuk mandiri jakarta city marathon yang konon lahir dari kesepakatan beberapa pemerhati lari jakarta dan didukung oleh bank mandiri serta race organizer mesarace..

semenjak awal terjadi diskusi yang cukup menarik karena jakarta city marathon direncanakan berlangsung pada 21 oktober 2018, yap tepat seminggu sebelum the jakarta marathon.. agak gimana nggak sih, 2 event besar dalam 1 kota berurutan dengan beda waktu seminggu? kalau kotanya berbeda sih masih masuk akal kan ya.. tapi yasudahlah, pihak pelaksana tentu punya pertimbangan sendiri..

pada pertengahan tahun 2018, akhirnya tersiar kabar bahwa pendaftaran early bird jakarta city marathon 2018 akan dilaksanakan pada bulan agustus.. tentu dong nbsusanto pengen daftar event di jakarta.. siap-siap memantau di websitenya.. disini dagelan sudah dimulai.. website yang diumumkan adalah  yang terdirect ke  dan hingga hari H 8 agustus 2018 jam 14.00 sesuai pengumuman tampilannya static saja tak ada perubahan.. usut punya usut ternyata link pendaftaran berbeda dan berada di .. saat banyak calon pendaftar menyadari, kuota sudah sold out.. nbsusanto nggak kebagian, padahal sebenernya kalau memantau di situs laga.co.id bisa dapat.. perbedaan direct link tersebut di atas akhirnya diperbaiki menjadi 1 alamat redirect.. uniknya, beberapa menit setelah sold out untuk early bird, tiket harga reguler sudah bisa dibeli..

keunikan selanjutnya pada september 2018, dibuka pendaftaran jakarta city marathon diskon 30% untuk pengguna kartu debit, kredit, serta e-cash mandiri untuk semua kelas.. nbsusanto pun langsung mendaftar untuk 10 kilometer saja di siang hari dengan mandiri debit online.. ada seorang teman yang sangat berminat untuk 5 km pada sore itu belum kebagian.. setelah sounding, ternyata ada beberapa teman yang tertarik untuk bergabung 10 km.. masalah pun muncul karena ternyata slot 10 km debit waiting list.. ya sudah sebagian nbsusanto daftarkan lewat e-cash dan saat refresh muncul kalau tidak salah ada 2 slot debit online yang tiba-tiba tersedia.. nahlho.. padahal batas pembayaran 3 jam lho dan sebelumnya nbsusanto cek ketulisnya waiting list.. ohiya, yang 5 km tadi juga muncul lagi 1 slot yang akhirnya bisa nbsusanto daftarkan temen tersebut.. akhirnya hampir semua temen yang berminat pun terdaftar..

View this post on Instagram

Kawan-kawan Pelari Mandiri Jakarta City Marathon 2018, disebabkan kendala teknis juga demi keamanan dan kenyamanan para pelari, kami memohon maaf atas terjadinya revisi jalur lomba Full, Half Marathon dan Cut-Off Point lomba sebagai berikut. Mohon agar mempelajari juga lokasi kantong-kantong parkir yang dapat diakses peserta dan peta Race Village. . . WAKTU START & COT: FM: 04:30 WIB, COT: 11:30 WIB. HM: 05:10 WIB, COT: 08:40 WIB. 10K: 05:50 WIB, COT: 07:50 WIB. 5K: 06:00 WIB, COT: 07:00 WIB. COP: 6KM (FM & HM): 06:20 WIB. 12KM (FM & HM): 07:10 WIB. 18KM FM: 07:22 WIB. 24KM FM: 08:36 WIB. 32KM FM: 09:36 WIB. 36KM FM: 10:37 WIB. . . Jangan lupa berlatih, meningkatkan asupan nutrisi dan banyak beristirahat. Sampai jumpa di garis START! . . *Rute lomba dan pemetaan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan dinamisme dan kondisi lapangan yang terjadi. . Silakan mengakses tautan berikut: https://goo.gl/DFja8H untuk mengunduh (ukuran data 5MB) rute lomba yang lebih jelas. . . #mandirijakartacitymarathon #marathon #halfmarathon #mjcm2018 #runningrace #running #lombalari

A post shared by Mandiri Jakarta City Marathon (@mandirijktcitymarathon) on

berikutnya, hingga 2 minggu sebelum jadwal race belum ada info terkait rute termasuk race pack collection.. kalau model jersey serta medalinya sih sudah ada di instagram @mesarace.. memang selain akun race organizer, nbsusanto juga pantau terus akun ig @mandirijktcitymarathon untuk dapat update.. hingga minggu lalu ada postingan RPC serta di hari minggu ada postingan mengenai rute.. oke jalurnya sekitar monas, kemungkinan jalurnya seperti yang digunakan the jakarta marathon di tahun sebelumnya.. eh tapi, kok ternyata postingan tersebut dihapus! busyet saat nbsusanto cek lagi sudah tidak ada.. baru muncul lagi kalau tidak salah di hari senin beserta pengumuman jam start semua kelas serta COP dan COT untuk FM.. janggal ya?

race pack collection dihelat pada rabu hingga sabtu ini.. hingga saat nbsusanto cek grup facebook IndoRunners, ada pengumuman jakarta city marathon ditunda.. nbsusanto masih khusnudzon karena membuat info itu tidak susah di jaman sekarang.. apalagi di instagram juga belum ada informasi resminya, yang membuat kolom komentator panas karena banyak yang mencoba konfirmasi dengan beredarnya kabar tersebut.. bahkan pengakuan dari yang mengambil di kamis siang tadi, masih tidak ada info apapun!

kemudian muncullah pengumuman dari website resmi bank mandiri, selaku main sponsor, bahwa event mandiri jakarta city marathon ditunda sampai waktu yang belum ditentukan! alasannya sendiri sebagai berikut, Penundaan ini kami lakukan karena kami ingin memastikan kondisi rute benar-benar baik dan nyaman bagi pelari, untuk mengakomodir tingginya antusiasme pendaftar yang telah mencapai lebih dari 9.500 peserta dari dalam dan luar negeri.

nbsusanto sempat ngomel di twitter tentang beberapa dagelan dalam alasan penundaan jakarta city marathon 2018.. soalnya kasian juga dengan mereka yang sudah booking tiket pesawat, hotel serta mempersiapkan diri secara maksimal untuk event ini.. memang apa saja yang ndagel?

  • Jumlah Peserta

tertulis di alasan bahwa antusiasme pendaftar telah mencapai 9.500 peserta.. kalau diamati lagi di website resmi jakarta city marathon, tertulis “Demi kenyamanan dan keamanan peserta, lomba perdana ini hanya dapat diikuti oleh 7,000 pelari saja.” lalu saat nbsusanto amati hingga pendaftaran ditutup, slot 5 km dan 10 km memang sudah habis, namun slot FM dan HM masih tersedia, bahkan kuota diskon 30% dari september pun belum habis.. saat mencoba cek daftar peserta di website laga, hanya terdapat 202 halaman dengan 1 halaman terdiri dari 25 nama.. jika 202 x 25, maka hasilnya 5.050 peserta saja lho.. lha beda 2500 peserta antara kuota di website dan klaim alasan pengunduran jadwal itu daftar darimana? lalu 4450 peserta selain yang sudah terdaftar di website laga itu namanya dimana? yang bener, berapa sih kuotanya? berapa sih yang sudah daftar?

  • Rute

tertulis dalam alasan “kami ingin memastikan kondisi rute benar-benar baik dan nyaman bagi pelari.” kalau dipikir-pikir, sudah 7 bulan lalu tercetus rencana penyelenggaraan, apakah bayangan rute saat itu belum pasti? apakah dalam waktu hingga 7 bulan itu belum teratasi? seperti tertulis di atas, rute baru diumumkan sekitar H-7 event.. belum berumur sehari diposting oleh akun instagram resmi mandiri jakarta city marathon, namun kemudian postingan rute dihapus.. sebenarnya ada apa sih? kalau dipikir-pikir, di website tertulis event ini didukung oleh PemProv DKI, Kementerian Perhubungan serta Polri.. seharusnya dari awal sudah terkoordinasi karena 3 instansi tersebut berkaitan dengan pelaksanaan termasuk sterilisasi jalan dan lain-lain.. pun misal ada masalah terkait pelaksanaan, seharusnya tidak semepet ini diumumkannya, kecuali keadaan darurat..

kalau dibaca dari awal postingan ini, memang sudah ada beberapa dagelan terkait event mandiri jakarta city marathon ini, dari dimulainya pendaftaran hingga hari ini.. lalu tentang kapan akan dilaksanakan juga masih menunggu info selanjutnya.. mengenai racepack yang dapat diambil, insyaallah besok atau lusa nbsusanto, atau kalau misal nggak bisa ya nitip, akan menuju menara mandiri sekalian verifikasi data untuk proses refund.. ya, kami memilih pengembalian dana saja, perkara kelak mau ikut atau tidak ya dipikir belakangan, kemungkinan sih kalau nbsusanto tidak ikut karena targetnya tahun ini ditutup borobudur marathon atau kalau ada yang menarik dan mungkin diikuti.. kecuali besok berubah pikiran..

semoga semua yang terkait lari, entah itu yang punya gawe, race organizer, sponsor maupun calon peserta serta penghobi lari dapat belajar.. jangan sampai keadaan seperti ini terulang lagi.. kecewa jelas.. kerugian juga jelas, meskipun nbsusanto masih mendingan dibanding yang sudah booking hotel maupun tiket perjalanan menuju jakarta dari luar kota demi event jakarta city marathon.. semoga ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

3 Komentar

    • iya mas.. saya sih masih mendingan nggak rugi tiket dan hotel jika dibandingkan peserta dari luar kota.. cuma ndongkolnya kenapa baru H-3.. kesannya ada yang nggak beres.. setidaknya, saya masih merasa nggak ada yang sia-sia dengan latihan selama ini..

monggo tanggapannya.....