jakarta ke semarang naik tawang jaya, 150 ribu saja

assalamu’alaikum wr. wb..

selama ini nbsusanto naik kereta hampir selalu jalur jakarta-jogja dan sebaliknya.. pernah sih di jalur utara namun itu naik ekonomi majapahit dan turun di solo jebres.. itupun sudah lama banget, lebih dari 1,5 tahun.. ndilalah kemarin temennya dek bojo ada yang menikah di semarang.. kami pun mencari tiket yang jamnya enak tidak terburu-buru, nyampenya tidak terlalu dini hari serta harganya terjangkau.. nah pilihannya tidak banyak..

awalnya kalau tidak salah nbsusanto pernah melihat kereta menoreh yang berangkat jam 20.30 dari stasiun pasar senen.. namun nggak tau kenapa tidak segera muncul di aplikasi KAI access.. begitu muncul jadwalnya di jam 19.15.. terlalu awal bagi nbsusanto.. akhirnya diputuskan naik tawang jaya saja yang berangkat jam 23.00 dan sampai di stasiun semarang poncol jam 6 lebih.. konsekuensinya sholat subuh di kereta.. pun keretanya konfigurasi 2-3.. yasudah beli 3 seat saja.. :mrgreen:

namanya kereta dengan harga paling terjangkau tentu saja okupansi tawang jaya ini sangat tinggi.. alhamdulillah sih masih kebagian 3 seat berjejer.. soalnya terkait dengan barang bawaan juga maka kami berangkat gasik dan kebagian tempat di bagasi atas.. kereta pun berangkat tepat waktu.. yang nbsusanto dan dek bojo lakukan adalah cari posisi merem paling nyaman.. tau-tau sudah masuk daop 3 dan ternyata dari 3 penumpang di depan tinggal 1 orang saja.. bejo tenan dia..

perjalanan tawang jaya dari stasiun pasar senen, selain saat kondisi merem, terasa lancar.. tak ada masalah.. namun khasnya kereta 2-3 memang lorong cukup sempit dan kadangkala ada beberapa barang maupun kaki yang sedikit keluar.. nggak masalah.. toh paling berapa kali ke toilet atau kemana.. nabrak waktu sholat wajib juga cuma subuh saja.. cuma kemaren karena kurang hati-hati kaki kena bagian pintu toilet yang ada bagian menganga di bawah.. lecet berhari-hari karena posisi pas banget di bagian ujung belakang sepatu..

memang namanya juga kereta termurah, tawang jaya berhenti di banyak stasiun.. nbsusanto tidak tau berapa persisnya stasiunnya.. untungnya sih jam terakhir jadi seharusnya nggak dibalap kereta apapun.. meskipun begitu, tidak berisik lho kereta ini.. setidaknya masih dalam tahap wajar dan enak buat tidur kalau menurut nbsusanto..

dengan jadwal kedatangan 06.15, ternyata tawang jaya masuk di stasiun semarang poncol jam 06.12 an.. overall kereta api tawang jaya memang pilihan menarik untuk jalur jakarta-semarang.. apalagi jam keberangkatannya sangat bersahabat bagi para pekerja kantoran yang baru pulang sekitar maghrib.. tak perlu buru-buru dan masih tidak ketinggalan kereta.. mirip-mirip dengan kereta progo yang harganya terjangkau dan berangkat malam kalau di jalur selatan.. bedanya adalah tiket kereta progo jauh lebih cepat ludes dibandingkan tawang jaya.. cuma ya itu lucunya namanya tawang jaya tapi nggak berhenti di stasiun semarang tawang..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....