menikmati Merapi pagi dari embung Banjarharjo

assalamu’alaikum wr. wb..

pada penghujung 2019 lalu, nbsusanto beserta dekbojo dan dek al ke tempat simbahnya dek al di Cangkringan selama beberapa hari.. seperti biasa, pastinya kami mencari suatu tempat yang bisa untuk menikmati pemandangan dan sekalian momong tentu saja.. apalagi hari itu sebenernya jadwal jogging nbsusanto, jadi pengennya tetep bisa sambil olahraga.. ndilalah kok dekbojo teringat ada satu embung baru yang terletak di deket rumah, meskipun sudah berbeda kecamatan.. Embung Banjarharjo namanya.. pagi-pagi kami berangkat kesana..

Embung Banjarharjo ini secara administratif terletak di Balong, Bimomartani, Ngemplak, Sleman.. embung ini telah dibangun dan terbuka untuk umum sudah agak lama, namun belum terlalu terekspos.. walaupun seperti biasa, setelah ada beberapa orang posting di media sosial, utamanya instagram, biasanya akan lebih ramai.. meskipun begitu, pas nbsusanto kesana juga nggak ramai.. rata-rata memang penduduk di sekitar Embung Banjarharjo di sekitar Ngemplak maupun Cangkringan.. belum ada retribusi maupun pungutan parkir di kawasan Embung Banjarharjo..

alhamdulillah pagi itu langit cerah.. Gunung Merapi menjulang tinggi terlihat sangat jelas meskipun di musim penghujan.. beberapa pengunjung mengabadikan dengan kamera yang dibawanya.. namun nbsusanto lebih memilih untuk pemanasan dan jogging terlebih dahulu saja.. khawatirnya semakin panas dan tidak kondusif untuk olahraga..  pemanasan sambil menyalakan gps dan mulai merecord ketika melangkah lari.. entah berapa putaran yang dibutuhkan untuk mencapai target pagi itu yang 5 kilometer saja.. 1 putaran Embung Banjarharjo pun terlalui dan melirik Garmin ternyata sekitar 300an meter.. berarti butuh sekitar 16 putaran untuk mencapai target.. siap.. kalem saja.. :mrgreen:

selesai lari dan mengambil air minum, nbsusanto sekalian membawa kamera.. mencoba mencari angle unik maupun angle umum yang menonjolkan perpaduan air di Embung Banjarharjo dan Gunung Merapi.. bentuk tampungan air yang memang tidak lingkaran utuh dan bukan juga persegi membuat banyak titik untuk dapat dieksplorasi.. nbsusanto sendiri menggunakan Sony A6000 dengan lensa bawaan 16-50 maupun lensa tele 55-210.. memang pesona Gunung Merapi luar biasa.. diambil dari mana saja tetap saja gagah..

seselesainya lari dan foto-foto, nbsusanto dan keluarga beristirahat sejenak di pendopo sebelah Embung Banjarharjo yang dikelola oleh pemerintahan setempat.. lumayan ada toilet serta ada pedagang makanan sehingga jika tidak bawa bekal pun tidak perlu khawatir.. selain itu ada beberapa wahana bermain anak seperti di sekolah TK sehingga yang bawa anak dan sudah cukup umur bisa mengajak anaknya kesana..

Embung Banjarharjo.. memang mengingatkan pada Embung Tambakboyo yang menjadi lokasi jogging sambil menikmati keindahan Gunung Merapi.. mungkin di saat matahari terbit maupun terbenam akan lebih mempesona.. alangkah baiknya kawasan seperti ini tetap dijaga oleh pihak yang berkepentingan serta seluruh warga masyarakat.. tentu yang namanya embung tujuannya bukan hanya untuk wisata saja sehingga memang kewenangan ada sampai tingkat atas.. semoga ke depannya akan selalu bersih dan bermanfaat.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

 

Advertisements

monggo tanggapannya.....