Review Honda Jazz GE8 matic untuk perjalanan antar kota

assalamu’alaikum wr. wb..

Honda Jazz GE8.. siapa yang tidak pernah tau dengan mobil ini? populasinya sangatlah banyak.. sebelumnya pernah nbsusanto ulas untuk perjalanan jarak pendek, kini nbsusanto tuliskan untuk perjalanan AKDP ratusan kilometer dari Bekasi ke Pangandaran..

sebenernya ini trip beberapa tahun lalu, di momen menjelang libur akhir taun 2017.. entah kenapa saat itu yang terbit hanya artikel dolannya saja.. mungkin karena ke(sok)sibukan.. 🤣 kini di 2021 mumpung masih keinget rasanya nbsusanto tuliskan..

Honda Jazz GE8 yang nbsusanto bawa saat itu adalah tipe RS matic keluaran tahun 2012.. ceritanya yang punya mobil dan temen satunya akan mudik karena libur, sementara di tempat gawe nbsusanto belum jelas.. mereka mengandalkan untuk perjalanan sampai tempat wisata, syukur kalau nbsusanto bisa bawa setidaknya mendekati jogja.. sakjane yo pengen kalo perjalanan pulang kampung.. 🤣

berangkat dari Rest Area km 19, nbsusanto masih menyesuaikan diri dengan pedal gas, rem, posisi duduk maupun pandangan keluar.. posisi duduk yang rendah seperti pada mobil sedan memang menyenangkan, namun harus bisa memperkirakan ujung bonnet.. keluar barengan dengan Innova G matic namun memang kemampuan sopir sebagai profesi dan sopir tembak itu berbeda.. yasudah melaju saja dengan kecepatan normal.. pada saat itu tol Jakarta Cikampek sisi tengah masih dalam proses konstruksi sehingga beberapa kali dialihkan dan melalui jalanan yang tidak mulus..

sudah menjadi pengetahuan umum bahwa suspensi Honda Jazz GE8 memang cenderung keras dan ground cleaeance nya rendah sehingga nbsusanto lebih memilih untuk berhati-hati dalam menggunakannya.. apalagi di beberapa titik jalan yang dilalui berlubang.. salah satunya kena lubang setelah belok arah Bandung.. weh jan terasa bantingannya keras.. horor kalau rusak.. 🤦🏽‍♂️

soal mesin dan transmisi, tidak bisa dipungkiri Honda Jazz GE8 memang mantap.. nbsusanto yang memulai perjalanan di D beberapa kali menggunakan mode S dan memindahkan gear dengan paddle shift.. wah jan koyo dolanan.. bikin pengen.. mana yang punya belum paham bagaimana beda antar mode tersebut.. 🤣 namun akselerasi Honda Hazz GE8 ini memang menjadi masalah bagi sebagian pengguna.. tarikannya kurang mantap.. ya kalau untuk pengendaraan normal sih cukup.. namun bagi penggemar performa butuh diupgrade.. meskipun untuk menyelip kendaraan lain tidak menjadi masalah.. kalopun kurang, tinggal pindahkan ke S atau gunakan paddleshift untuk menurunkan gear..

yang membuat berbeda antara D dan S adalah putaran mesin ketika berpindah gear.. S memungkinkan perpindahan gear pada rpm lebih tinggi dan memang terasa di transmisi 5 kecepatannya.. pantes banyak anak muda yang suka.. tol Cipularang yang memungkinkan 100 kpj ++ secara stabil membuat mengendarai Honda Jazz GE8 semakin menyenangkan.. hanya saja memang peredaman Honda Jazz GE8 kurang senyap.. di satu sisi memang asyik mendengarkan suara mesin saat dibawa ngebut, di sisi lain ada suara ban, dan lain-lain..

di sektor pengereman, tipe RS telah dilengkapi dengan discbrake pada semua rodanya.. kelengkapan seperti ABS, EBD dan BA pun telah dibenamkan padanya.. ada suatu momen nbsusanto harus mengerem cukup mendadak dengan kondisi di depan ada sebuah truk kontainer.. alhamdulillah masih bisa diatasi meskipun degdegan.. khawatir tombok.. 😅

perjalanan menuju malam.. pancaran lampu Honda Jazz GE8 menerangi jalanan di ujung Cipularang hingga akhirnya finish di Pangandaran.. bagi nbsusanto lampu mobil ini cukup untuk perjalanan santai.. namun posisi yang rendah seperti sedan kadangkala berada pada ketinggian titik fokus lampu kendaraan lain sehingga silau tidak dapat dihindarkan.. untungnya tikungan-tikungan yang harus dilalui sangat bersahabat bagi Honda Jazz GE8.. tidak pernah kekurangan tenaga dan handling cukup mumpuni..

perjalanan pun berakhir.. Honda Jazz GE8 RS matic memang sebuah mobil hatchback yang asik untuk dikendarai.. tenaganya sangat mumpuni untuk di kelasnya, meskipun akselerasinya biasa saja.. posisi duduk yang nyaman dan handling cukup asyik meskipun suspensinya cenderung keras dan peredaman kurang senyap.. bagasi yang luas namun mobil tetap tidak terlihat besar.. untuk konsumsi BBM kemarin tidak tes full to full, tapi nampaknya lumayan meskipun memang tidak irit-irit banget.. bisa karena faktor kaki dan tangan yang sembarangan sih.. dari pengalaman yang nbsusanto dapatkan memang secara overall dapat menunjukkan kenapa Honda Jazz menjadi primadona bagi kaum muda.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....