Sertifikat Vaksin Salah? Minta Diperbaiki via Email Saja!

assalamu’alaikum wr. wb..

nbsusanto sudah disuntik vaksin Covid19 tahap pertama dengan AstraZeneca pada akhir Juni 2021.. saat itu nbsusanto hanya memastikan apakah data langsung sinkron dengan pedulilindungi tanpa memperhatikan detailnya..

jadi nbsusanto sudah memiliki akun di pedulilindungi.id sejak sebelum vaksin sehingga begitu data sudah diupdate langsung muncul di akun.. prosesnya tidak lama, di sore hari memang sertifikat belum muncul tapi sudah ada keterangan telah vaksin.. aman..

nbsusanto cek lagi setelahnya dan sertifikat vaksin telah muncul.. alhamdulillah.. hanya didownload saja tanpa diperhatikan detailnya.. baru sekitar 2 minggu lalu entah kenapa pengen ngecek.. lha kok ada yang salah..

ya, nama di sertifikat tertulis NURBUDI SUSANTO, padahal seharusnya NUR BUDI SUSANTO.. hanya luput di spasi saja.. namun hal ini bisa jadi masalah administrasi kalau suatu saat berhubungan dengan pihak yang cukup ketat..

nbsusanto bingung.. iki kudu piye.. coba tanya ke saudara dan teman yang jadi nakes, mereka pun bingung karena database bukan di mereka.. paling bilang minta dikoreksi saat dosis kedua nanti saja.. tapi kok kesuwen.. nbsusanto googling pun hasilnya minim info.. kemudian coba kirim email CP pedulilindungi di pedulilindungi@kominfo.go.id..

hasilnya? nihil! dapat notif kalau email mental nggak tersampaikan.. iki piye toh? coba telpon ke 119 pun susah banget.. sekalinya nyambung, sudah malam, eh katanya sedang nggak beroperasi.. welhaaa layanan darurat jarene.. yasudah nbsusanto buat status di WA saja kali aja ada yang pernah menyelesaikan hal serupa..

ada sebuah pesan masuk dari rekan touring sumatra 2014 yang menyarankan nbsusanto untuk email ke sertifikat@pedulilindungi.id yang berisi kronologi masalah, dan dilengkapi dengan :

1. Nama lengkap sesuai KTP
2. NIK
3. Tanggal Lahir
4. Nomor HP
5. Alamat
6. Selfie bersama KTP Anda tanpa menggunakan Masker

baiklah nbsusanto coba email pada 9 Agustus 2021.. begitu terkirim, langsung dapat jawaban dari BOT yang meminta untuk menunggu proses verifikasi dan pengecekan dari tim, sambil mengingatkan apakah lampiran sudah lengkap.. agar yakin, nbsusanto balas berisi 6 lampiran tersebut saja..

sehari.. 2 hari.. hingga tepat seminggu.. berhubung ada tanggal merah dan pertimbangan lain, nbsusanto tunggu dulu saja.. rencananya kalau awal minggu ini masih belum ada info lebih lanjut, nbsusanto akan follow up dengan email lagi..

tanggal 16 Agustus 2021 siang menjelang sore, ada notifikasi email masuk.. lho dari pedulilindungi.. nbsusanto baca emailnya.. ternyata info bahwa nama telah diperbaiki.. nbsusanto cek ke web pedulilindungi.id dan benar saja sudah nama nbsusanto sudah benar sesuai dengan KK, KTP, dan dokumen lain.. alhamdulillah..

jadi, kalau memang ada kendala kesalahan data di sertifikat vaksin, atau sertifikat vaksin belum keluar, lebih baik segera email saja ke sertifikat@pedulilindungi.id dan ceritakan kronologi serta lengkapi lampiran yang dibutuhkan..

yang pasti harus sabar dan akan lebih baik segera cek akun pedulilindungi setelah divaksin sehingga sewaktu-waktu sertifikat butuh digunakan, tidak perlu buru-buru..

sekian pengalaman nbsusanto mengurus sertifikat vaksin Covid 19 yang terdapat kesalahan.. semoga bermanfaat.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....