Efek AstraZeneca Dosis Pertama, Pegel di Tangan dan Kaki

assalamu’alaikum wr. wb..

memasuki pertengahan 2021, pandemi Covid19 malah semakin menjadi-jadi.. sekarang malah diterapkan PPKM darurat karena berbagai wilayah termasuk zona merah.. ikhtiar untuk menerapkan protokol kesehatan pun selalu dijalankan sambil menunggu giliran vaksin.. alhamdulillah akhir Juni lalu dapat giliran vaksin dengan produk dari AstraZeneca.. berikut nbsusanto tuliskan prosedur di lokasi vaksin dan apa yang dirasakan setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid19 dari AstraZeneca..

kebetulan nbsusanto divaksin bertepatan dengan jadwal puasa.. setelah mencari referensi bahwa diperbolehkan vaksin pada kondisi puasa, maka nbsusanto tetap puasa.. jadi mungkin kondisi dapat berbeda pada orang lain yang tidak puasa, meskipun sama-sama puasa atau tidak puasa tetep saja efeknya berbeda.. nah berbekal itu nbsusanto segera menuju lokasi vaksin untuk dilakukan screening sebelum divaksin.. nbsusanto kenakan masker double seperti saran para ahli.. mengisi data, dicek suhu, ditensi.. alhamdulillah lolos..

kebetulan saat itu masih sangat lengang sehingga tanpa antri pun nbsusanto langsung menuju bilik tindakan.. bergantian dengan istri, lengan kiri nbsusanto pun disuntikkan dosis pertama vaksin AstraZeneca.. memang sempat agak tegang karena sudah lama banget nggak disuntik.. alhamdulillah lancar.. trus rasanya pegel banget tangannya bahkan untuk sekadar main hp.. sampe istri khawatir gimana pulangnya soalnya bawa alien CS1.. 🤣

selesai disuntik vaksin, kami diarahkan ke bagian lain.. ternyata antri kartu vaksinasi.. sudah ada beberapa orang yang disuntik lebih pagi daripada kami.. memang pada tahap ini ada pencatatan dan observasi terhadap keluhan yang dialami sekitar 30 menit setelah vaksin.. sebutan kerennya KIPI, kejadian ikutan pasca imunisasi.. selain itu, kami menunggu karena memang petugas baru input data peserta vaksin ke dalam database nasional sehingga nantinya nbsusanto dapat mendapatkan sertifikasi vaksin dalam bentuk digital.. begitu dipanggil langsung diberikan kartu vaksin dan diinfokan bahwa dosis kedua diberikan pada september 2021 nanti.. baiklah pulang..

lalu efek samping atau KIPI apa saja yang nbsusanto rasakan setelah mendapat vaksin Covid19 AstraZeneca? yang langsung nbsusanto rasakan selain pegel di tangan adalah di tenggorokan seperti ada sesuatu yang sepintas hampir sama dengan setelah ditetesi obat mata.. nggak pahit sih tapi ngganjel.. tapi bukan riak juga.. hingga siang hari belum ada demam maupun kendala lain.. namun di sore hari sempat meler pilek sebentar tapi kemudian menghilang.. pernafasan sedikit terganggu seperti setelah olahraga berat.. nbsusanto kenakan jam untuk mengontrol detak jantung dan hasilnya tetap normal..

banyak yang bilang KIPI AstraZeneca terasa sampai setidaknya 24 jam.. nah begitu masuk malam, memang suhu tubuh nbsusanto meningkat.. kebetulan di rumah ada thermometer, yang meskipun kalibrasinya entah bener atau enggak, tapi bisa melihat perbedaan dari waktu ke waktu.. berawal dari 36,7 derajat, perlahan naik ke 36,9 derajat dan menjelang tengah malam di angka 37,6 derajat celcius..

apakah susah tidur? di awal malah mudah banget tidur.. entah memang capek atau efek vaksin mengingat beberapa malam setelahnya juga gampang banget tidur sebelum jam 10.. namun di malam pertama itu juga nbsusanto terbangun tengah malam dan nggak langsung tidur.. sambil main hp namun sudah nggak terlalu ngantuk.. malah dek bojo yang saat belum gelap nggak terlalu merasakan efek samping vaksin AstraZeneca di malam hari merasakan badannya anget.. nbsusanto pun lanjutkan merem..

pagi hari terbangun.. kaki bener-bener lemes seperti overtraining olahraga.. harus diganjel dengan guling atau apapun yang penting posisi kaki lebih atas daripada badan.. untuk jalan kaki sih masih bisa, tapi untuk mengangkut beban masih nanti dulu.. bahkan untuk menggendong dek AL, nbsusanto lebih memilih menggunakan gendongan.. kalau tanpa gendongan, setidaknya bertumpu pada tangan kanan.. lengan kiri di tempat dicoblos rasanya masih sakit kalau diangkat.. suhu tubuh sudah turun dan tidak lebih dari 37 derajat celcius..

nbsusanto kurangi kegiatan di luar rumah dan saat istirahat memilih meninggikan kaki.. sorenya sudah lumayan enak.. pilek masih kadang datang dan pergi.. entah itu efek vaksin atau memang dari sebelumnya tidak dalam kondisi fit 100%.. semakin membaik hingga hari berikutnya sempat ikut mengangkat beban agak berat dan di tangan kiri agak terasa dicoblos-coblos.. syukurlah cuma sebentar dan berangsur ilang efeknya.. nafsu makan? pengennya ngemil terus itu efek samping dari vaksin atau emang dari sononya ya? 🤣

vaksin covid AstraZeneca dosis pertama.. hingga hari ini efek samping tersebut di atas yang nbsusanto rasakan.. sampai sejauh ini sudah bisa beraktivitas dengan normal kembali.. sudah bisa lari pagi lagi.. cuma masih belum bisa jalan-jalan bebas.. lha malah ada PPKM ini.. semoga pandemi segera berlalu.. mari terapkan protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun.. kalau gilirannya vaksin silakan berangkat sebagai salah satu ikhtiar.. oiya, bagi yang tidak percaya Covid19 ada, monggo-monggo saja, tapi jangan sampe sebarkan hoax atau apapun yang tidak sesuai fakta hanya karena ego.. saring sebelum sharing.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

2 Komentar

    • di beberapa daerah antreannya memang luar biasa mbak.. yang daftar online, seringnya sudah penuh.. yang langsung ke lokasi, antrenya panjang banget dari pagi.. malah horor sih..

      semoga segera dapat jatah vaksin ya mbak..

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sertifikat Vaksin Salah? Minta Diperbaiki via Email Saja! | kankkunk - blognya nbsusanto
  2. Efek Samping Vaksin Moderna dari Testimoni Tenaga Kesehatan | kankkunk - blognya nbsusanto
  3. AstraZeneca Dosis Kedua, Alhamdulillah Aman - kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....