Cara Youtube Tanpa Iklan di HP dan Komputer (+ bisa minimize)

assalamu’alaikum wr. wb..

tidak bisa dipungkiri jaman sekarang popularitas layanan penyedia video, utamanya Youtube, memang sudah meninggalkan media blog.. banyak orang lebih suka dengan audio visual dibandingkan dengan tulisan.. seiring hal tersebut tentu saja iklan semakin meningkat..

jujur saja nbsusanto tidak anti iklan, toh itu nanti menjadi apresiasi bagi penyedia konten.. hanya saja iklan itu munculnya tidak kira-kira dan kadangkala benar-benar mengurangi esensi dari nonton video.. apalagi hemat-hemat kuota dengan menurunkan kualitas ataupun kadang sampe buffering, eh iklan lancar sekali..

padahal dulunya tidak begitu.. ditambah sekarang iklan semakin buanyak, syarat monetisasi semakin susah, eh malah konten yang kurang berkualitas bisa melenggang.. lah malah sambat.. 🤣

oke kembali ke topik.. jujur saja dari beberapa waktu lalu nbsusanto muter youtube di laptop dan pc nggak pernah merasakan iklan.. nbsusanto malah baru ngeh kala pake browser lain ataupun pake aplikasi hp.. jebul youtube iklannya begitu to.. walhasil nbsusanto pun cek di browser nbsusanto..

 

ya, memang sejak dari lebih dari 10 lalu nbsusanto adalah pengguna browser Opera.. browser yang sangat bersahabat dengan hp Java hingga kini.. pernah beralih ke sebelah tapi kembali lagi.. Opera ini menyenangkan karena sudah ada adblock bawaan dan pengaturannya mudah sekali.. sejauh ini nbsusanto kalau youtubean di laptop iklannya tidak muncul dan tidak pernah ada delay sama sekali tanpa harus menjadi member premium..

lalu bagaimana kalau di HP android? awalnya nbsusanto pakai aplikasi youtube biasa.. lalu pakai YTmusic untuk hemat data agar tidak ada video, meskipun sama saja tetap iklan makan kuota.. baru beberapa hari kemaren gara-gara nonton livestreaming MotoGP dan bisa kembali ke home dengan tampilan video kecil seperti google maps..

ya, lagi-lagi dengan browser Opera.. nbsusanto menjadi penasaran. lalu bagaimana dengan youtube tanpa iklan di hp? kembali dicoba dan lagi-lagi sukses nonton video tanpa iklan..

bahkan jika diputar secara fullscreen lalu dipencet tombol home android, video tertampil kecil tanpa terhenti.. ya mirip-mirip dengan minimize youtube dan itu di android.. menarik karena aplikasi youtube maupun YTmusic tidak memungkinkan hal tersebut.. jadi bisa tetep sambil WA nan ataupun aktivitas lain.. wah..

hanya saja yang menjadi kekurangannya adalah saat lagu selesai, maka untuk ganti lagu perlu buka Opera kembali untuk klik next.. selanjutnya full screen dan pencet home.. lanjut Youtube tanpa iklan.. 😁

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

monggo tanggapannya.....