nova sonic dan raider 125 memang mempesona

motor Thailand memang punya cerita..dari kelas sport, ayago hingga matic selalu punya peminat..walaupun harus ditebus dengan harga yang lumayan mahal.. ๐Ÿ˜ฎ ngomongin tentang ayago dari thailand, ingatan nbs tertuju pada Honda Nova Sonic dan Suzuki Raider..yap, kedua motor ini memang desainnya cukup menarik..apalagi ditambah performa mesinnya yang tidak mengecewakan.. ๐Ÿ˜€

setiap bertemu di jalan, Nova Sonic dan Raider standar selalu mengeluarkan deruman halusnya yang cukup mempesona..diantara bebek 4tak lain, yang bisa membuat keder ya Nova Sonic ini sama Raider 125..kenapa malah bukan Satria F 150 atau CS1 yang sering berkeliaran di jalan?ya justru karena langkanya itu.. ๐Ÿ˜€

dulu jaman masih SMP, seringkali berangkat sekolah bertemu dengan sesosok motor ayago kuning dari arah selatan..berhubung dulu nggak terlalu tentang motor spesies ini, seringkali cukup kagum dalam hati saja, hingga akhirnya suatu saat terbaca di body nya sebuah tulisan “Raider 125”..ooo..setelah coba-coba googling cari info tentang motor ini, ternyata spesifikasi nya tinggi juga..125 cc DOHC dengan tenaga puncak lebih dari 13dk, bertipikal overbore..ya inilah motor turunan si sakti nan langka FXR150 sebelum muncul si Raider 150 a.k.a Satria F 150..

tentang Nova Sonic, lumayan lebih sering ditemui ketimbang Raider 125..biasanya kalo ketemu, curi-curi dengar deruman ala overbore nya..alus banget..beberapa hari kemaren aja pas duduk di jok boncenger CS1 nya saudara dan ketemu Nova Sonic warna merah di Sanden, jujur minder banget rasanya..walaupun mesinnya satu darah, tapi ada sedikit perbedaan, apalagi jika melihat bentuknya.. ๐Ÿ˜ฎ headlampnya Sonic itu lho..menggoda banget..masalah mesin, hanya 125 cc overbore, masih SOHC pula..tapi tenaga puncak pun lebih dari 13dk..dan Nova Sonic ini adalah basis dari lahirnya CBR150 yang cukup populer..

keinginan banyak orang yang pengen Nova Sonic dilokalkan hanya sebatas imajinasi..AHM merilis CS1 yang diharapkan dapat banyak berbicara..tapi bentuknya belum dapat diterima masyarakat walau mesinnya hampir sama ganas dengan Sonic..masyarakat lebih tertarik pada desain ayago..

seandainya Suzuki Indonesia juga memasukkan Raider 125..tentu sebagai differensiasi dari Satria F 150 yang menurut beberapa orang terlalu enteng..oiya, kalo Satria F 150 pun tampaknya lebih mantep yang CBU dari Thailand..tapi sekarang Suzuki Indonesia pun mempermak tampilan si Hyperunderbone ini dengan batok lampu dan desain knalpot yang berbeda..

antara Nova Sonic dan Raider 125..yah kalau di jalanan sesungguhnya, bisa dikatakan imbang karena sama-sama ganas di putaran atas..tapi tak usahlah diributkan mana yang lebih kencang, toh dua-duanya memang motor keren..ah sudahlah..biarkan Nova Sonic dan Raider 125 jadi motor langka..semoga mereka tidak di tangan yang salah..part asli thailand yang memang ampuh menurut nbs terlalu sayang untuk diubek-ubek..

Advertisements

30 Komentar

    • Kalo ada yg minat saudaraku piara raider, saya punya koleksian full standart original thailand… tapi maaf lumayan harganya. Karna betul2 barang simpanan. Trim’s

  1. ane punya sonic nova 125 tahun 2001,soal tarikan mantap jg mesin oke g pernah rewel,tapi sayang sonic ane udah dijual heheh skrng ganti yamaha vixion ..pokoknya mantap deh g nyesel punya sonic 125 cbu thailand..

  2. Gan, sekarang RAIDER 125 seken pasara brpa ya gan?? Ngidham abis nch. dulu di tempat ane, bnyk yng punya, tapi denger2 ada masalah di kompresi mesin. katanya pada putaran atas, gigi 3-4 gas di 0 kan, mesin nya meledak2 ada yng bilang sch, minumnya kudu pertamax, tapi da yng bilang juga ada masalah bawaan mesin dr pabrik.
    soal spare part mesin katanya PLEK ky pny kakaknya Satria FU. bnyk yng d oprek buat Drag, daleman full satria FU..

    • wah kalo raider sekarang lumayan susah nyarinya..kalopun ada yang mau jual paling harganya nggak jauh-jauh dari sonic..kalo mulus mungkin masih 10 jutaan..kalo masalah itu malah kurang tau mas..raidernya mas adi dulu kayaknya normal aja..kalo bbm memang sebaiknya pertamax karena perbandingan kompresi juga cukup tinggi..
      di thailand sana raider dan sonic memang sering dipake drag..kalo denger-denger malah part raider yang dipake ke satria FU soalnya lebih kuat..kalo part FU yg dipakai mungkin piston yang lebih gedhe.. ๐Ÿ™‚

  3. Ngeliat foto2 raider 125 dan foto sonic RS , rasanya bikin adem mata karena ngeliat motor keren..
    Eh pas di bawah sonic muncul poto cs-one , bikin ngakak aje, wkwkwkwkwk.
    Kocak banget modeL nye!

    • coba cari di kaskus atau tokobagus aja..siapa tau dapet barang yang masih bagus..tapi tetep kudu selektif, maklum kadang di tangan yang salah.. ๐Ÿ™‚

monggo tanggapannya.....