enduro racing memang top, setelah 1900 km ganti oli, tetep enduro racing

Assalamuโ€™alaikum wr. wb..

Akhirnya setelah ujian semester part I selesai, nbsusanto punya bahan tulisan lagi..kebetulan di sela-sela ujian ini, oli Pertamina Enduro Racing 4T 10W-40 telah mencapai kilometer hampir 2000..dan artinya adalah saat untuk ganti oli dan tentu saja menuliskan gimana rasanya setelah mencapai lebih dari 1000 km.. ๐Ÿ˜€

Setelah 2 kali ditulis tentang awal pemakaian enduro racing dan 900km bersama enduro, kali ini tentang akhir usia pemakaian enduro..sebenernya nggak beda-beda banget, cuma tentu saja ada penurunan performa..sebagai contoh, buat jalan > 60 kpj di gear 2 tidak senyaman sebelumnya, walau memang masih bisa..di sekitar km 1500 pun gear 3 dipakai jalan 100 kpj nggak teriak banget, soalnya ngegas aja terus tanpa ada niat ngejar gear 3 di 100 kpj, eh tau-tau kok dapet.. :mrgreen:

Setelah itu nggak ngebut lagi..buat pemakaian wajar aja di dalem kota Yogya..cukup nyaman juga..panas yang ada di motor juga nggak berlebihan banget..nggak sepanas motor dengan performa di atasnya.. :mrgreen:

Ketika oli dikeluarkan dari si Supra 125, iseng-iseng diukur masih beberapa banyak..dengan wadah minuman gelas 240 mL, sampe 3 kali penuh pun masih ada tumpahan..mengingat pengisian normal sekitar 700-800 mL, bisa disimpulkan oli mungkin hanya sedikit berkurang..dan inilah warna oli nya :

Setelah oli keluar dan ditunggu hingga nggak netes lagi dengan pompaan, si Supra 125 di-darah-i Enduro Racing 10W-40 lagi..kali ini nggak beli di SPBU, tapi di toko yang lumayan besar sedia banyak oli..dan oli ini berharga 45000, sedikit lebih murah dari beli di SPBU yang 48500..memang bau permen karetnya sempet menggoda juga pas oli dituang.. :mrgreen:

Akhir kata, Enduro Racing 4T 10W-40 di Supra X 125 memang mantep..cintai produk Indonesia..โ€kita untung bangsa untungโ€ ๐Ÿ˜€ :mrgreen:

Wassalamuโ€™alaikum Wr. Wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. @nbususanto maaf bru blas spedometer revo saya rusak
    mas jadi kalau mau lhat kpan wktu gnti oli sya biasa lwat dipstick mas trus d tetesin ke tisu klau seumpama udah ganti ya di ganti gak pernah lewat spedometer

    • waaaa kok bisa menduga kilometer dari jarak tempuh x hari ya? saran saya sih kalo memang nggak pede ganti oli jangka waktu lama mending lebih sering meski ujungnya boros dan mungkin kurang efisien.. kalo rentangnya mau lama pake yang lebih kental..

  2. @nbususanto tpi mas sya pernah bca2 di google ada penguna enduro racing di motornya mlah dri 1.liter nguap jdi 800ml mas

    • seharusnya jika motor dalam kondisi sehat, dlm 1000 km belum berkurang 200 ml.. padahal enduro racing bukan yg paling gampang nguap, gimana kalo pake yg lebih banyak nguapnya ya..
      kilometer total sudah berapa sekarang mas? belum ngebul?

  3. @nbususanto sblum pke enduro racing 10-40w sya pke oli yang agak menyimpang dari anjuran pabrik slma ini pke enduro yang 20-50w tpi gak krang bnyak waktu di pakai sampai 1000km mas

  4. @ndsusanto pemakaian selama 1000km dari 800ml kurang nya 200 ml normal gak ya motor sya abs revo 110

  5. @ndbususanto Kemarin waktu ganti oli baru iseng2 oli bekasnya saya ukur kurangnya 200ml pergantian tiap 1000km wajar gak menurut mas padahal pengen ganti tiap 2000km takut tambah banyak nguapnya mas

  6. @nbususanto klo sya biasa ganti oli cuma 1000km menurut mas mubasir gak ya soalnya kata nya oli enduro racing gampang nguap jadi sya gak brani lebih dari 1000km agan gak takut penguapanya enduro racing kok ganti tiap 1000km keatas

  7. Ping-balik: Membandingkan pemakaian oli diesel di motor dengan minyak goreng sebagai aditif oli lebih sesat mana | Mengupas soal motor

  8. Punya saya klo di gir 3 bisa capai 97-an, tpi klo dinaikin ke 4 ko max cuma bisa capai 115 ajah, tu kenapa ya,,???
    motor 100% masih ori semua

    #minta solusinya dong byar bisa tmbah lagi speednya,,

    • supra x 125? memang normal mas segitu.. kalo kondisi memungkinkan datar mungkin bisa 120 kalo ngurut gasnya lebih telaten.. kalo nariknya terburu buru malah topspeednya kurang..

  9. Enduro memang joss masbro, kmrin pake yg Enduro 4Tmemang agak berat di awal stlh agak lama baru joss tenaganya, skrng lg pke yg racing tarikan ok tp suarane kui lhoo. mesin agak kasar namun ttp aman. Maklum pake HKX125 motor ke itung tua. Lg pgen nyoba deltalube …

  10. cenderung ke enduro…./ soalnya selama ini juga kalau untuk oper gigi keras bnget / kadang gigi1 ke 2 nggak langsung bisa, harus diulang dua kali, dan bunyinya kleeeeeeeeek mestinya bunyinya halus KLIK…………….

  11. ok matur suwun mas….tapi ngomong ngomong itu enduro bikin mesin cepet panas nggak ya. jarak tempuh jakarta jawa. rencana mau serviice & cek kesehatan mesin hari jum’at.
    kalo cocok enduro untuk selanjutunya enduro mas.oli ahm menurut sayang nggk ada tenaganya di supra x cw .

    • lupa rasanya pake oli ahm mas, jadi nggak bisa bandingin panasnya.. :mrgreen:

      kayaknya asal pemakaian wajar harusnya nggak bikin terlalu kepanasan mas..monggo dipakai antara enduro atau federal yg 20w-50.. ๐Ÿ™‚

  12. Assalamu’alaikum mas….

    motor saya supra x 125 CW tahun 2012, oli masih menggunakan AHM, tapi kenapa ya suara mesin cepet kasar dan tarikan juga berat. speed 60 tapi larinya kaya speed 40,terus mesin terasa cepet panas dan apabila motor kehujanan atau dipakai pada waktu hujan nggak ada larinya ( alias ngedrop banget ) kalah sama astrea grand mohon pencerahanya mas…..apa yang harus perlu diganti .? detailnya gimana.? bisa dibalas via email sya ke ifanmuhammad_86@yahoo.com.

    • suara mesin kasar karena viskositas oli ahm 10w-30 memang encer mas..kalo mau suara lebih alus bisa pake oli yang lebih kental yg 10w-40 ata 20w-50, kalo di ahass yang ada mungkin federal 20w-50..
      kalo tarikan berat dan ngempos bisa karena setelan gas dan mungkin karburator kotor..kalo di tempat servis biasa kurang memuaskan, bisa servis ke ahass main dealer daerah njenengan misal kalo yogya di jombor..trus sampaiin semua keluhannya mas..

      • matur suwun mas rekomendasinya, tapi ini masih bingung merk olinya tipe apa . insya Allah mau aku gunakan nggo mudik jakarta jawa. ini lagi cari oli seng mantep untuk persiapan njelang mudik lebaran, juga ada sedikit keluhan supra x 125 CW , untuk tarikan terasa berat alias ngeden…..diposisi gigi dua speed 10- 20 km/h. ini gimana ya ..? sampe efeknya kepala motornya ” gemetar ” hadeeuhhh…..

        CATATAN < beberapa minggu ini / pas nyalain motor dipagi hari ( otomatis mesin dingin semaleman ) ada suara klok klok klok…didalam blok mesin sebelah kanan bunyinya mengikuti alur suara mesin ( tapi kalau sekiranya motor sudah jalan suara akan menghilng ) intinya pas nyalain diwaktu pagi hari / kita sedang manasin motor sebelum star……oli masih menggiunakan AHM . suwun mas … ditunggu pencerahanya untuk bekal selanjutnya. sebelum hari H. ๐Ÿ™‚

        • oli mantep-mantepan juga sih mas..kalo aku mantep enduro racing..tapi suara mesin jelas lebih halus enduro atau federal yg 20w-50..
          kalo di 10-20 kpj cukup wajar sih mas kalo ngeden karena rpm rendah banget..kalo jalan 10 an kpj aku biasanya cukup gear 1 mas..coba kalo di gear 1 gimana..soalnya kebiasaanku malah rpm agak tinggi..

          suara klok-klok?coba di cek ketinggian oli pake dipsticknya mas..takutnya kalo oli ternyata kurang dan bikin gesekan terdengar dan bisa merusak kalo terlalu sedikit..

          semoga bisa waras motornya untuk mudik mas..dan pastikan motor waras saat mudik.. ๐Ÿ™‚

  13. Ane pakai enduro 4tak racing, untuk motor revo…bawa beban 160 kilo (big family) boncengan ama bini tetep ngacir dan suara mesin alus d^^b

  14. Ane juga pake enduro 4tak racing di vega r standart keluaran tahun 2010,..kalo dulu pake oli yamalube mesin panas banget dan kecepatan max cuma dapat 95 km,tp stelah pake enduro4tk racing speed max dapat 120km/jam.oh ya itu oli gua dapat bocoran dari pertamina untk diganti tiap dua bulan skali atau 3000km….oh ya dibatam harga enduro 37rb di kios,tp kalo beli dipom bensin harganya 38rb.
    Salam dari batam

    • Saya juga dah nyoba mas bro yg 4T biasa sama yg racing, pergantian tiap 3000KM dlm kota. alhasil Enduro mantep sampai 3000KM

      • enduro aku biasanya 2000-2500 mas.. sebenere masih lumayan cuma ndakne kelupaan.. hehehe..
        enduro biasa enak kalo buat harian.. kalo tarik tarikan ngebut enak racing jelas..

    • @manulang maaf mw tanya apa bener mas oli enduro racing bisa d pakai sampai 3000km emg gak nguap tha mas

      • tergantung medan jalan juga sih.. saya juga kadang kelewatan dari 2000 km.. tapi anggap saja pergantian kudu per 2000 km, jadi kalo misalnya telat masih di bawah 3000 km.. kalo 3000 km dan telat.. waduh.. wkwkwk.. kondisi motor beda beda..

    • di spbu itu mahal banget mas..pas ke spbu coco dapet 45,5..
      pernah beli di toko oli 43 rb, tapi nggak sempet mampir toko itu lagi, makanya mampir di spbu, maklum pulangnya malem, toko udah tutup :mrgreen:

  15. katakan tidak pada KORUPSI. Pertamina KORUPSI nya gueeede hingga sekarang blm ada tim KPK yg mampu :
    pejabat untung, kita yang buntung .. produk pertamina, coba kalo pemaian asing juga diberi kesempatan menyalurkan BBM bersubsidi pula makin indah saja Usaha BBM di Indonesia, kenapa kuq belum … ini tanda tanya besar, malah Produk Oli Pertamina di expor ke luar manca negara …

    • kalo mengenai pelumas pertamina, jujur ane puas kang..performanya bisa bersaing dengan produk luar negeri..dan juga, kalo dari asing mau jual bbm bersubsidi, siapa yg nanggung subsidi nya..kan rata-rata cari keuntungan..tapi kalo sekelas pertamax, shell super, total 92, mungkin kalo ada selain pertamina, ane pengen njajal yang lain.. ๐Ÿ˜€

  16. enduro 4t racing emang manteb mas,saya pake di motor 110cc tarikannya enteng banget,gak kalah sama yang cc nya lebih gede,mungkin mereka gak pada pake enduro,.hehe,.bensin jg lebih hemat,walaupun dikit,.yang pentin kita untung,pertamina untung,. ๐Ÿ˜€

  17. maksih mas, kmren sy sdh k main dealer AI di jombor jogja n dperiksa hasilnya sami mawon mngatakan kalo getarnya dlm taraf “normal” sdh tak suruh njajal juga tp ttp blg gpp,ato dgn kata lain getar wajar emg bebek honda kyk gitu wedeh,,ya udh lah main dealer udh langkah terakhir mosok mo k AHM ntar dbilang sama aja juga hehehe,,y brangkali emg sensasi berendaranya aja yg beda2,,kalo suara mesin kyke normal2 aja mas tur getarnya terasa d setang kalo foot step malah tdk tll terasa,,btw mtrnwun sharingnya om kankkunk,,moga2 aja ttp aman n nyaman,,hehe.tks

    • ya semoga memang itu hanya masalah waktu untuk getarannya beneran normal..semoga ke depannya nggak ada masalah lagi mas..mumpung masih ada manfaatin yang gratisnya..selamat ber-supra-ria ๐Ÿ˜€

  18. salam om kankkunk, sy mo tanya kok suprax125 sy gigi 4 kecepatan 70kph getar bgt knp ya?getaran terasa smp setang n g nyaman, pdhl kilometer baru 900an, emg baru kmren takpake lebih dr 60kph sejak beli, smuanya standar termasuk oli nya,mhn pncerahannya om,,jadi g tenang neh,,maturnuwun sebelumnya

    • salam juga mas.. ๐Ÿ™‚ itu udah servis pertama belum ya mas supra nya?tadi pas saya tanyain ke rekan-rekan, disaranin buat klaim ke ahass dulu mas..mungkin ada yg gak balance di kruk as..ada juga yang saran coba engine mountingnya dikencengin..silakan dicoba..semoga membantu.. ๐Ÿ™‚

      • servis pertama km 438, n gnti oli standar kerasa br kmrn pas dibawa k jogja djalan iseng2 sy coba kyk gitu, haduh masa msh baru hrs belah mesin mas?sedih ah,,kmrn tak coba lagi bisa dpt 105an kph cuma ya itu kecepatan 90kph krasa getar bgt, kalo normalnya kerasa getaranya pada kecepatan berapa ya om kankkunk? misal pny pjngan or tman2 lain misalnya?tks

        • barusan saya tanyain ke yang lebih ngerti, dpt jawaban seperti ini :
          getar ini jangan2 sugesti.misalnya tadinya biasa naik piksen trus ganti bebek memang kerasa geter banget.
          tapi bisa jadi memang getar.
          coba dulu pinjem motor sejenis punya orang lain.apakah getar juga atau tidak.kalo sama2 getar.berarti memang karakternya begitu.
          jika punya orang lain nggak getar.berarti perlu konsultasi bengkel.
          oiya.besi diujung setang dicopot enggak.kalo dicopot.segera pasang lagi.karena fungsinya buat meminimalisir getaran di setang.sudah tak buktikan ditiger.

          oiya, kalo getar body sih supra saya agak aneh..buat sedang kadang ada, buat ngebut ilang..kalo getar di kaki paling pas lewat batas masukin gear sih mas..tapi soalnya rpm lebih tinggi dari pemakaian standar..

          • mksih bgt sharingnya mas, td tak tnykn k ahass n tak minta nyoba katanya gpp itu getar luar bukan dr mesin gt, hehe masi krg yakin aja c..kalo pny om kankkunk terasa getar smp setang ga? kalo iya, pd kecepatan berap gigi 4 kerasanya?

            • kalo sampe setang sih nggak..paling sebatas di footstep aja..kalo di footstep boncenger kayaknya lebih krasa..
              kalo gigi 4 jarang kepake mas..kecuali kalo pas santai ato bener-bener ngebut.. :mrgreen:
              oiya, itu getar masih krasa di setang?kalo di footstep sendiri gimana mas?semoga segera mereda..kalo nggak, coba dibawa ke ahas lain atau yg lebih besar.. ๐Ÿ™‚

              • iya c mas masi terasa, karena emg samkin drasakan juga hehe brarti emg ada kelainan neh mgkn ya mas, coba bsok tak tanya2 lagi k ahass or ganti olinya pake spx apa tau lbh anteng, btw apa ada kmungkinan soal supra yg jenis TD spt yg pjngan bahas? mbok menowo SC lbh anteng mesinya drpd TD/TR gt?

                • sip..mending ganti ahass dulu atau minimal ganti mekanik yang nanganin..
                  kalo masalah antengnya mesin, yang TR sama aja dengan SC saya..pas oli nya sama-sama mpx pun nggak beda-beda banget, cuma beda galaknya tarikan aja sih..sekarang yg TR juga masih pake mpx, sejauh ini masih normal..cuma memang bodi getar itu bener adanya, di TD/TR maupun SD/SC sama aja.. ๐Ÿ™‚

                  • salam om, kmrn sdh tny 2 bengkel ahass lagi jadi total sdh 3 ahass yg sy datangi n advisornya sdh jajal smua n mngatakan getare normal mas, cuma yg terakhir mngiyakan agak getar dikit njuk dikencengin baut2nya intinya mereka mnganggap tdk ada masalah, tp sy kok tetep merasa aneh aja ya,masa di kecepatan tinggi setang ky semutan gitu, trus ada juga bapak2 pake jenis TR n mngatakan kalo punya dia smp 110 kpj angkles aja tu mas, gitu katanya weh2 jan mbingungkan neh,,apa karena punya saya TD (ruji) njuk lbh terasa getarnya ato gmn mas? lalu pengin tanya kalo kruk-as g balance emg ciri or gejalanya gmn mas? mtrnwun sblumnya

                    • ngapunten lama balesnya mas…ini barusan dapet jawabannya dari berbagai sumber :
                      – Getaran engine sangat terasa , suara juga agak kasar
                      – Krukas gak balance krn as gak center bs krn lagher krukas oblag

                      kalo masalah ruji atau yang velg CW nggak segitunya juga mas..harusnya sih nggak beda..