Pengguna BPJS dan mengalami kecelakaan parah, tidak bisa asal masuk UGD kalo biayanya pengen gratis

assalamu’alaikum wr. wb..

cerita dulur koboys, udah kecelakaan harus masuk UGD, eh asuransi BPJS kesehatan nggak bisa dipakai, katanya tetep harus pake surat keterangan dari kepolisian, ndilalah kantor polisi tutup.. jadi kebayang juga kalo sakit, walau nggak darurat, di luar daerah tetep harus ada surat pengantar dari Faskes Tk. 1, berarti tetep BPJS nggak bisa dipakai dan kudu mbayar sendiri dong? jadi inget cerita orang puskesmas juga kalo mereka memproses klaim penggantian BPJS juga ribet dan susah.. padahal BPJS Kesehatan itu diwajibkan dan bayarnya nggak murah.. -__________-

Lovemotobike.com

Setelah beberapa bulan tinggal di jakarta, akhirnya mengalami musibah pake motor yang pertama.

Kecelakaan memang tidak bisa dihindari karena dari lawan arah ada motor (yang naikin anak kecil) yang  jatuh dan kaki LMB ‘kesamber’ motor itu. Kesalahan mungkin ya…karena ga pake sepatu alias sendalan :mrgreen:

Oke, karena LMB merupakan pengguna BPJS (diwajibkan dari kantor) tentunya pengennya sih ya ga usah bayar lah biaya pengobatan. Kebetulan lokasi kecelakaan ga jauh dari fasilitas kesehatan (faskes)pertama. Tapi pas mampir ke sana ternyata tutup karena mungkin masih berdekatan dengan perayaan tahun baru. Akhirnya langsung ke UGD di RS T**mrin karena memang luka juga tergorong parah. Dijahit sebelas jahitan dan bengkak lumayan besar.

Setelah mendapat perawatan, LMB pun mencoba mengajukan pembayaran melalui BPJS. Tapi ternyata BPJS tidak bisa digunakan karena tidak mendapat rujukan dari faskes pertama. Entahlah, dulu waktu pengarahan BPJS sepertinya jika kondisi darurat bisa langsung menuju UGD tanpa meminta rujukan dari faskes pertama…

Lihat pos aslinya 280 kata lagi

Posted on Maret 25, 2016, in Lain-Lain. Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. Mas di ngapuro mlenceng,duwe no WA mas Heru mazped mboten?

    Suka

  2. tri_aja_gunung_kidul

    Ruwet emang ki bpjs..trmsk rumah sakit rujukanya prnh ngalami pas istri sakit di rmh sakit A ga ada alatnya di rujuk ke rmh B lah di rs B katanya hrs byr jd di saranin mau di rujuk ke rs C…trus ya udah sy byr aja deh di rs B eh malah rs B takut krn istri bpk pasien rujukan bpjs..jd ttp ga mau di bayar n ngecek pake alat terapi tsb..suruh ttp ke rs C akhirnya males tak bawa pulang lg deh

    Suka

    • ya ampun sampe ngono kang? kok dadi ribet banget malah nganyeli ya.. kok malah muni takut barang.. iku RS piye ya.. iya mungkin mereka mikir susah ngeklaim tp moco alasane iku sansoyo gagal paham..

      Suka

      • tri_aja_gunung_kidul

        Koyone rs B takut ada yg laporin kl sampe sy berobat bayar krn pasien bpjs..soale pas bgt tuh blum sue rs e mlebu masuk tv krn kasus malapraktik yg anak seorang pegawai pemerintahan saat sdh di vonis sehat tp pas mau di bawa pulang trus di suntik opo mboh dgn tanpa persetujuan keluarga trus malah meninggal kae.

        Suka

        • woalah barusan kena kasus to.. berarti malah reputasinya baru kurang bagus yo kang.. e malah ditambah ngono, tujumono de e ra terekspose.. saiki doane ben ra kudu berurusan ro klaim bpjs kang..

          Suka

  3. Masa sih om, kalo darurat macam kecelakaan gitu ya ga pake rujukan, langsung masuk igd aja, tp emang seharusnya bpjs nya harus di bilang d awal, bukan bi belakang setelah perawatan, biasanya gt

    https://dnfmagz.wordpress.com/2016/03/23/satu-lagi-fitur-dari-motor-honda-yang-ada-tapi-tidak-di-sebut-di-brosur/

    Suka

  4. Ah bpjs emang ribet, duitnya untuk bayar gaji dirut bpjs, asal ente taungaji dirut bpjs yang dananya rendah itu gajinya bisa 7x gaji dirut pertamina, wkwkwkkw

    Mikir aja deh duit bpjs abis buat bayar dirut gmn mau klaimnya coba?

    Tapi asuransi lain juga nyusahin sih, klaim di susahin juga, wkwkwkkw

    http://jildhuz.com/2016/03/26/apa-itu-edifikasi-bahasa-alien-planet-mlm-2/

    Suka

    • hehehe kemaren baca gaji dirut sampe beberapa ratus juta, memang beberapa kali lipat dari direktur bumn lain, tapi entah bener nggak.. 🙄

      memang sih secara umum asuransi susah klaimnya, tp bedanya dengan bpjs adalah masyarakat diwajibkan ikut sementara asuransi lain tidak, jadi pilihan saja.. harusnya kalo wajib kan ya ada timbal balik yang lebih baik.. 😀

      Suka

  5. Lho, ruwet to?
    Dulu, pas bapak jatuh kepleset malam2, lsg njujug ugd rs swasta yg bisa bpjs
    Thanks God, gk berbelit, lsg dilayani berbekal kartu bpjs tok
    Sampe digips dan skrg sembuh, gk keluar duit sama sekali
    Pas rejeki barangkali..

    Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: