Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online, Gampang Kok!

assalamu’alaikum wr. wb..

tercatat sudah lebih dari 2 tahun dari keputusan untuk resign dari salah satu perusahaan konstruksi untuk kembali ke yogya dan sekolah lagi.. nbsusanto paham bahwa masih ada tabungan di BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diklaim apabila sudah nonaktif.. hanya saja pandemi Covid-19 dan kesibukan kuliah sempat membuat nbsusanto lupa untuk mengurusnya..

sempat mau ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurus sembari menunggu surat keterangan kerja dikirim, tapi pembatasan kegiatan membuat hal tersebut kurang realistis.. antri dan kontak dengan banyak orang di awal masa pandemi? bukan pilihan yang menarik.. lebih baik tunda dulu saja.. toh pada akhirnya banyak institusi yang kemudian menyediakan layanan online..

hingga minggu lalu diskusi dengan istri untuk mengecek akun BPJS Ketenagakerjaan dan teringat untuk klaim.. awalnya nbsusanto instal aplikasi “JMO” dan berhasil login.. langsung dihadapkan untuk update beberapa hal.. prosesnya cepat dan tidak perlu siapkan kertas apapun.. maklum kalau nomor KTP sudah hafal karena dulu sering dipake beli tiket kereta.. 🤣

dalam aplikasi JMO ini tersedia berbagai fitur seperti untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan maupun menampilkan kartu BPJS Ketenagakerjaan dalam format digital.. suatu hal yang menarik karena pengguna dapat melihat berapa tabungannya serta membantu bagi yang kartu fisiknya hilang.. selain itu tersedia beberapa layanan lain yang mungkin juga bermanfaat..

sebenarnya dalam aplikasi JMO tersedia fitur klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online.. syaratnya pun hanya 3 saja, yaitu saldo Jaminan Hari Tua (JHT) kurang dari 10 juta rupiah, telah melakukan pemutakhiran data, serta status kepesertaan nonaktif.. apabila tidak terpenuhi, klaim tetap dapat dilakukan secara online melalui website ataupun offline di kantor..

jika JHT > 10 juta, langsung ke website klaim BPJS Ketenagakerjaan di lapakasik.bpjsketenagakerjaan.co.id.. cukup input semua data yang dibutuhkan.. nama, nama ibu kandung, nomor KTP, nomor BPJS TK, NPWP, alamat, upload paklaring, upload KTP, dan beberapa data lain.. pastikan nomor HP dan email aktif agar dapat melanjutkan proses klaim karena pada tahap ini butuh nomor HP yang telah terverifikasi..

kemarin saat nbsusanto mencoba dengan Opera sempat bermasalah karena kode verifikasi tidak segera diterima padahal form berbatas waktu.. begitu nbsusanto coba pakai Google Chrome, lha kok langsung masuk SMS kode verifikasinya.. 🤦🏽‍♂️ mosok faktor dari browsernya? padahal jaringannya sama.. tapi memang beda hari karena percobaan sebelumnya sampai melebihi batas pengiriman kode harian.. 🤣

begitu selesai mengisi lengkap form, nbsusanto mendapatkan nomor antrian online dalam email yang berisi pula jadwal wawancara konfirmasi oleh petugas dari BPJS Ketenagakerjaan esok harinya.. dapat jatah sore, nbsusanto sempat dikontak apabila siang sudah siap.. ndilalah baru di luar dan tidak membawa berkas asli sehingga sesuai jadwal saja..

diminta menyiapkan berkas asli KTP, kartu BPJS Ketenagakerjaan (dapat menggunakan digital yang dicetak), kartu keluarga, paklaring atau surat keterangan kerja, serta NPWP.. kenyataannya, nbsusanto hanya diminta menunjukkan KTP, paklaring dan KK saja.. isi pertanyaan saat wawancara melalui video call whatsapp adalah verifikasi masa kerja dan alasan resign.. 2 menit selesai..

untuk melacak tahapan klaim yang telah dilalui, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengakses melalui bpjsketenagakerjaan.go.id/tracking dengan mengisikan nomor peserta atau NIK.. nbsusanto dapat melihat bahwa ada tahapan upload dokumen, cek kelengkapan dokumen, verifikasi dan konfirmasi ke perusahaan, lalu jika semua sudah oke tinggal tunggu transferan..

verifikator menyampaikan bahwa proses mungkin membutuhkan waktu 3 hari kerja dari verifikasi hingga uang masuk ke rekening.. namun di akun nbsusanto ini pada hari berikutnya klaim BPJS Ketenagakerjaan telah cair.. total waktu yang dibutuhkan dari awal upload dokumen bahkan tidak lebih dari 3 hari kerja dan semua dilakukan dari rumah.. 😳

nbsusanto tidak menyangka akan secepat dan semudah itu mengingat minggu sebelumnya kode verifikasi pun selalu telat sampai sambat di twitter.. nbsusanto salut dan apresiasi karena memang proses klaim BPJS Ketenagakerjaan peserta sangat mudah dan tidak ribet setelah kode verifikasi saat isi form diterima.. bagi yang membutuhkan, monggo dicoba sendiri.. 😁

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

2 Komentar

  1. wah enak ya sekarang bisa klaim online, tahun 2019 saya klaim lewat BTN itu lebih mudah daripada ngurus sendiri ke kantor BPJS, karena waktu itu antrian banyak banget, bahkan banyak yang pake jasa calo untuk dapat nomor antrian saja 😀

    • iya alhamdulillah..
      di awal 2020 nampaknya antrian juga masih lumayan panjang soalnya kebetulan saudara juga ada yang mau mengurus BPJSTK tapi saat itu juga belum kesampaian.. entah sekarang, mau tak infokan kalau bisa online..

      kalau antrian ketemu yg pakai calo wis susah.. lawannya berat.. hehehehe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*