akhirnya naik kereta prambanan ekspress

assalamu’alaikum wr. wb..

seumur-umur tinggal di jogja dan kadangkala ke solo, nbsusanto sama sekali belum pernah naik kereta komuter ekonomi penghubung 2 kota yang cukup jadi favorit para penglajunya.. maklum lebih sering naik motor karena jarak yang tak terlalu jauh.. namun keadaan siang itu berbeda.. harus ke solo untuk selanjutnya langsung ke jakarta via pantura.. mikir-mikir naik prameks atau bis jawatimuran, akhirnya pilih prameks karena penasaran.. :mrgreen:

kereta-api-prambanan-ekspress

bukan.. keretanya bukan seperti foto di atas.. itu dokumentasi 2011 lalu saat masih sering nongkrong di belakang rumah saudara di utara bandara adisucipto.. mulai dari masih single track, double track hingga triple track.. jadi ya nggak jarang liat prameks melintas.. eh setelah bertahun-tahun baru kesampaian..

kereta-api-prambanan-ekspres-prameks-stasiun-yogya-tugu-solo-balapan-1

dapat kereta prameks dengan jadwal keberangkatan dari stasiun maguwo jam 12.32.. kalo dari tugu sih jam 12.15.. tapi berhubung lebih enak dari maguwo ya sudah.. toh sejam perjalanan juga.. tertulis sih tanpa tempat duduk.. apapun itu, 8 ribu sih.. lha bis ATB jawatimuran 12 ribu.. cepat 15 ribu dapat air minum.. ๐Ÿ™„

stasiun-maguwo-bandara-adisucipto-yogyakarta-transit-prambanan-ekspress

sampai di stasiun maguwo memang sudah mepet sih.. periksa tiket dan langsung diarahkan untuk ke seberang untuk kereta prameks jurusan solo.. nyeberang pun melalui rel kereta tentu saja..

akhirnya datang juga kereta api prameks.. terlihat logo kementerian perhubungan di depan.. melakukan pengereman dan terlihat sesosok rangkaian K3 0 12 dengan kaca yang tertutup oleh liverynya yang ramai.. langsung deh begitu pintu dibuka masuk saja.. di kereta belakang tempat duduk terlihat penuh.. oleh petugas pun diarahkan untuk menuju kereta depan karena masih selo.. baiklah sambil liat liat interiornya yang tertulis pula “joglosemar”.. nah jam 12.31 kereta mulai bergerak meninggalkan stasiun maguwo, cukup halus meski masih terasa sedikit hentakan..

kereta-api-prambanan-ekspres-prameks-stasiun-yogya-tugu-solo-balapan-3

ternyata begini interior kereta prameks.. kursi 2-2 berhadapan ala kereta ekonomi non pso.. bedanya adalah jarak antar pintu yang cukup dekat.. tersedia pula pegangan tangan seperti di krl jabodetabek dan transjakarta untuk mengakomodasi penumpang berdiri karena tak mendapat kursi.. ya bisa dimaklumi saat peak season pasti kereta ini cukup penuh.. apalagi sekarang prameks bisa dipesan dari H-7 keberangkatan..

kereta melaju cukup halus dan kecepatan di gps ulysse sempat menunjukkan angka 70 kilometer per jam.. yang pasti AC nya cukup dingin.. sebuah peningkatan mengingat di masa lalu prameks tidak menggunakan AC..

dari maguwo hingga solo balapan kereta dijadwalkan berhenti di stasiun klaten dan purwosari.. nah nbsusanto dikabari untuk turun di purwosari saja.. baiklah.. cukup menikmati perjalanan mengingat ini adalah pertama kalinya naik kereta di timur stasiun lempuyangan.. maklum kalo ke jawa timur biasanya naik Eka, belum kesampaian naik Sancaka sih.. nah yang patut diacungi jempol adalah pengereman kereta prameks yang alus banget..

stasiun-purwosari-solo

akhirnya sekitar jam 13.22 kereta sudah memasuki stasiun purwosari.. nbsusanto pun turun dari prameks.. pengalaman pertama yang menyenangkan.. mungkin lain kali boleh dijadikan alternatif kalo mau ke solo dan males bawa kendaraan sendiri.. cukup dengan 8 ribu rupiah dapat angkutan yang cukup layak, nyaman dan tentunya bebas macet.. hanya saja kalo di peak season pasti suasananya akan berbeda karena kereta pasti penuh.. oiya, mungkin bagi sebagian orang jadwal kereta prameks juga kurang bersahabat.. tapi adanya prameks yang terintegrasi dengan bandara adisucipto dan trans jogja telah membantu banyak orang.. selanjutnya memang perlu angkutan umum yang layak dan terjangkau jika memang program pemerintahย adalah untuk mengurangi tingkat kemacetan.. ๐Ÿ˜€

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Oktober 17, 2016, in Catatan Perjalanan, Transportasi Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. padahal aslinya prameks ya yang ngga pake ac.. armada joglosemar itu jalannya siang terus.. coba kalo pagi wkwkwkwk

    Suka

  2. Pramex jaman biyen pintu gerbonge nggilani mas,banter bgt le nutup…hahaha

    Suka

  3. Biar beda dari yg lain kali
    Hahaha

    Suka

  4. Orang Indonesia kadang males sih naik kereta klo jarak dekat gitu, pasti bnyk yg lebih pilih kendaraan pribadi, pdhl seru ya naik kereta

    Suka

    • iya mbak, sebenernya seru, murah dan waktu tempuhnya pasti.. cuma ya itu akses stasiun dari tempat asal dan stasiun menuju tempat tujuan yang masih susah.. selain itu kadang jamnya juga kurang pas bagi sebagian orang..

      Suka

  5. Aku munggah prameks ket jaman rego tiket 5000 kalo ndak salah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Suka

  1. Ping-balik: sawunggalih pasar senen-kutoarjo, efek ludesnya tiket kereta jogja | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: