test ride yamaha MT25, naked sport yang menggoda

assalamu’alaikum wr. wb..

yamaha mt-25.. siapa penggemar otomotif yang tak kenal motor ini.. mempunyai basis mesin yang sama dengan yamaha R25 dengan sedikit perubahan setelan agar sesuai dengan bodynya yang naked.. sudah beredar sekian lama, secara nggak terencana juga nbsusanto berkesempatan untuk bawa mt-25 lintas kabupaten sehingga cukup bisa untuk dituliskan di blog ini.. ya setelah turun dari argo lawu di masa mudik itu oleh temen kok ditawari bawa mt-25 nya dulu.. sikat! 😆

'cause i'm having a real good time 🏍💨💨💨

A photo posted by Rizky Deco Nugroho (@kakdeco) on

cuma ya itu karena tanpa rencana ya nggak sempet foto-foto berbagai detail mt-25 seperti biasanya kalo nbsusanto dipinjami motor.. maklum saja pagi itu memburu waktu biar cepet sampe rumah.. di rumah pun istirahat.. siang hari berangkat lagi balikin motor, eh malah kudanan.. yo wis.. 😆

oke dimulai.. tentu saja impresi pertama adalah gimana rasanya menduduki motor seberat 165 kilogram ini.. ya khas naked posisi duduknya nyaman untuk cruising, meskipun jujur saja pertama kali tangan memegang stang kok rasanya ada yang kurang pas dan posisinya terasa aneh.. tapi ternyata nanti setelah diajak jalan hal itu tak terasa dan nyaman-nyaman saja.. dengan tinggi badan 169 cm nbsusanto masih bisa memegang kendali motor ini saat berhenti..

nyalakan mesinnya.. tentu saja suara mesin multi silinder selalu menyenangkan.. setelah semua pas mulai tarik gas.. kebetulan keluar langsung disambut polisi tidur.. bener ternyata kata pemiliknya, shock e uenak tenan, pede saja melibas jalan tidak rata.. bahkan dia mengaku lebih enak dibanding vixion modif shock upsidedown miliknya dulu..

oya, tentu nbsusanto di awal masih tak berani menarik gas dalam mesin bertenaga 26,5 kW pada 12000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10000 rpm ini.. karena semua perlu penjajakan, termasuk bagian pengereman.. nah disini muncullah hal yang khas di motor keluaran garpu tala, pengeremannya memang tak perlu ditekan terlalu dalam.. berani mengandalkan rem depan seperti biasanya.. :mrgreen:

begitu sudah cukup mengenal karakter gas dan rem, nbsusanto coba eksplorasi lebih dalam.. yang pasti nbsusanto suka pas diajak akselerasi.. whuuttttt.. sensasi torsinya memang tak bisa diabaikan.. bener saja varian naked lebih galak di putaran bawah dibandingkan full fairing.. nah hal itu ditambah handling yang cukup nurut meski di hal ini nbsusanto bukan orang yang berani nikung miring banget seperti suhu adhanihoree maupun simbahtiar..

ya sudah pas riding sampe perempatan palbapang, setelah lampu merah belok ke barat ngeliat jalan yang selo.. tau sendiri kan apa yang terjadi? bawa cs1 yang puncak tenaga di 10 ribu rpm saja bawaannya pengen mbejek di atas 7 ribu rpm.. apalagi motor begini.. tak peduli mode eco toh nggak sepanjang jalan begini.. shifting saat sudah teriak-teriak.. 1 ke 2.. 2 ke 3.. 3 ke 4.. lirik speedometer 125 kilometer per jam pada jarak 500 meter.. sudah sudah.. eling.. esuk-esuk.. belum sampe rumah juga setelah dari jakarta.. edyan yo.. gear 4 nya aja bisa segitu, gimana top speednya? lha wong cs1 saja seumur-umur top speed 123 kpj di jalan srandakan rasanya kenceng banget.. :mrgreen:

yeah bukan berarti semuanya menyenangkan lho ya.. sesekali nbsusanto melirik ke clustermeter, nbsusanto memang sengaja set untuk mengetahui konsumsi bbm sesaat yang ditampilkan dalam liter per 100 kilometer.. begitulah sangat susah tembus di bawah angka 4 liter.. rata-rata selalu empat koma sekian.. ya hampir sama dengan yamaha r25 yang nbsusanto coba 2 tahun lalu.. memang basisnya sama ya nggak heran hasilnya pun mirip..

oya dengan pengalaman jadi boncenger pas pemiliknya yang bawa, nbsusanto sih pesen kalo jadi boncenger lebih baik pegangan misalnya di tanduk belakang.. sudah nbsusanto antisipasi dari awal.. halha tarikane we buas, kalo ndilalah pas terlena bisa-bisa berbahaya.. apalagi posisinya memang lebih tinggi karena model jok bertingkat yang dianutnya.. untungnya masih cukup enak duduk disana untuk jarak dekat, entah bagaimana kalo dibawa jalan jauh..

yamaha mt-25 lovemotobike.com

yamaha mt-25 lovemotobike.com

tiba di bagian kesimpulan.. bagi yang suka motor kekar 2 silinder, mt-25 memang salah satu pilihan yang masuk akal dengan harga baru di bawah 50 juta serta harga second yang tentu lebih menarik bagi sebagian kalangan, meskipun kadang dikira byson modif.. seperti namanya, MT yang merupakan singkatan dari Master of Torque, motor ini membuktikannya secara performa.. ditambah dengan posisi riding yang cukup nyaman saat motor berjalan meskipun terasa aneh saat berhenti.. tentu saja dikompensasi dengan konsumsi bbm yang bagi pengguna motor dengan kapasitas mesin di bawahnya terasa boros.. apalagi biasa bawa bebek 125 cc.. 😆

Posted on Oktober 12, 2016, in Motor, Test Ride & Test Drive and tagged . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. Lah ngopo? Nmaxe pindah nang jkt tah?

    Suka

  2. Waiki baru byson yang asli.. hehehe.. keren berisi mesinnya padet tampilannya..

    Suka

  3. hot item klo harganya sehancur cbr250r silinder jomblo 🤑

    Suka

  4. gk kebayang kalau menaikinya

    Suka

  5. Wah ga mampir mas, omhku muk lor perempataan Palbapang…, btw sempat icip2 motor ini, tp bagi aku yg coma 160 pas, terasa keduwuren, jinjit balet plus terasa berat di depan /stang, cuma test ride sih..blm bs ‘explore more’

    Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: