perbandingan pancaran lampu Honda ADV dan Vario 125 ESP di malam hari

assalamu’alaikum wr. wb..

pasca peluncuran Honda ADV tentu saja muncul pertanyaan seberapa terang sih lampu motor ini? kebetulan saat ardiantoyugo main ke rumah ada Honda Vario 125 ESP milik adek keluaran tahun 2015.. lumayan bisa membandingkan lampu kedua motor tersebut karena sama-sama menggunakan LED.. ya meski bukan Honda Vario tipe terbaru, Honda PCX maupun Yamaha NMax, setidaknya bisa menjadi referensi.. toh sejauh ini masih banyak Honda Vario ESP (Vario 125/150 pertama yang pakai LED) sehingga bisa dibayangkan seberapanya..

nbsusanto menjejerkan Honda ADV dan Honda Vario 125 ESP ke arah kebon.. untuk setting kamera nbsusanto pilih semua manual agar hasil cukup valid.. bukan apa-apa, terkadang kalau menggunakan setting otomatis, 1 obyek yang sama dengan timing sedikit berbeda hasilnya pun bisa berbeda, misalnya perubahan bukaan, kecepatan rana dan ISO.. bukan meremehkan yang menggunakan handphone ataupun kamera saku toh beberapa handphone dan kamera saku telah mendukung pengaturan manual.. namun kalau otomatis bisa saja terjadi saat gambar gelap, dari software kamera berusaha membuatnya terang sehingga tidak sama dengan kondisi real..

berikut saat Honda ADV dan Honda Vario 125 ESP dijejerkan dengan kondisi lampu dekat menyala bersamaan.. di sebelah kiri Honda Vario 125 ESP dan di sisi kanan Honda ADV.. sudah bisa diperkirakan hasilnya bukan?

pada kedua gambar di atas, nampak cahaya lampu dekat Honda ADV di foto sebelah kanan lebih superior dibandingkan lampu dekat Honda Vario 125 ESP.. kok lampu Honda Vario 125 ESP terlihat tidak terang padahal di jalanan lumayan? kembali ke seperti yang nbsusanto utarakan di atas.. tergantung setting kamera yang digunakan.. untuk kedua foto di atas nbsusanto menggunakan f/5, ss 1/2 detik dan ISO 800.. biar kegelapan juga nampak gelap.. :mrgreen:

selanjutnya nbsusanto coba untuk lampu jauh.. Honda ADV serta Honda Vario 125 ESP dijejerkan dan dinyalakan keduanya bersamaan.. bisa diperkirakan hasilnya seperti apa?

betul.. lagi-lagi pancaran lampu Honda Vario 125 ESP di sebelah kiri terlihat inferior jika dibandingkan dengan Honda ADV.. kali ini setting kamera f/5, ss 1/5 detik dan ISO 800.. sepintas tinggi pancaran lampu jauh Honda ADV tidak banyak beda tingginya dengan lampu dekat.. namun belum tau nanti di jalanan apakah akan menyilaukan atau tidak.. kalau dilihat malah beda tinggi lampu Vario 125 ESP lebih signifikan bedanya.. namun mungkin pengaturan tinggi lampu berpengaruh pada perbandingan tinggi-rendahnya..

kesimpulan dari percobaan yang nbsusanto dapatkan adalah nyala lampu Honda ADV lebih terang dibandingkan dengan Honda Vario 125 ESP.. nbsusanto sendiri belum tau berapa watt lampu Honda ADV ini, mungkin lebih besar dibandingkan dengan Honda Vario 125 ESP.. namun tentu saja bukan hanya nilai watt yang berpengaruh.. tentu saja desain reflektor berperan cukup besar dalam bagaimana nyala lampu apapun itu tidak hanya di kendaraan.. mungkin memang ada improvement yang dilakukan oleh Honda untuk mendapatkan lampu motor yang lebih terang namun tidak menyilaukan,, syukur-syukur lebih hemat daya.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

2 Komentar

monggo tanggapannya.....