Pertama Melihat dari Dekat Honda ADV, Memang Menarik

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah cukup lama nbsusanto vakum membahas otomotif di blog dolanotomotif.com ini.. memang kemarin saat masih di ibukota lebih banyak pameran dibanding di jogja, namun berbagai faktor seperti kesibukan dan lain-lain membuat tidak sempat kesana.. mau sekadar asal nulis kok nggak sreg.. eh ndilalah pas balik jogja malah pasca peluncuran Honda ADV yang sempat menarik perhatian dan ada konco blogger yang meminangnya.. yup si ardiantoyugo..

awalnya nggak ada niat kopdar tapi dia bilang masih di warung sekitar jalur pulang.. nbsusanto samperin dan malah ditawarin bawa Honda ADV bareng sampe rumah kemudian poto-poto.. lumayan silaturahmi dapat njajal motor baru.. motor yang sekilas dan dalam foto memang menarik.. apakah bener begitu? mumpung boleh eksplorasi.. 😀

nggak bisa dipungkiri, keputusan Honda bermain di Blue Ocean dengan menghadirkan Honda ADV yang bentuknya unik.. semakin dilihat memang semakin menarik.. dengan bahasa terinspirasi dari X-ADV dan merupakan singkatan dari Advance, Honda ADV malah lebih mengingatkan pada CBX series..

menggunakan lampu depan LED dan memang garis desainnya tidak jauh berbeda dengan Vario dan PCX.. hadirnya windshield juga menambah rupa menarik dari Honda ADV..  kemudian pemilihan penggunaan alur ban berukuran 110/80-14 yang seakan-akan seperti motor yang siap dibawa ke jalanan yang rusak.. tapi apa iya ADV bakal sering dibawake off road atau minimal jalan makadam? :mrgreen:

sementara tampilan Honda ADV dari belakang cukup gambot dengan velg 13″ berbalut ban tubeless berukuran 130/70.. ya berbeda diameter velg dengan roda depan.. untuk velg 13″ seharusnya tidak terlalu susah  mencari ban mengingat ukuran ini dipakai Yamaha NMax yang peredarannya sudah sangat banyak..

terdapat 2 buah shockbreaker dengan tabung yang memang meningkatkan penampilan.. kemudian tentu saja rem belakang sudah disc brake.. untuk lampu belakang juga menggunakan LED yang menyala seperti membentuk huruf X.. mengingatkan lampu all LED di motor buatan AHM pertama kali muncul di All New CB150R..

sementara dari samping, Honda ADV tetep saja menarik untuk dipandang.. ruang kaki terlihat cukup lega meskipun apakah bisa sampe lurus atau tidak pasti tergantung tinggi pengendara juga.. sementara itu di antara pijakan kaki memang tidak datar, seperti matic berukuran besar pada umumnya.. kalau di Honda ADV bagian ini digunakan sebagai tangki BBM berukuran 8 liter, yang sempet membuat ardiantoyugo misuh-misuh karena isi full tank pertamax butuh 70 ribuan di 1 strip.. kaget jebule kapasitasnya besar.. 😆

di bagian console meter, AHM membekali Honda ADV dengan backlight biru dan alphanumeric warna putih.. cukup lengkap terdiri dari speedometer, odometer, jam, tanggal, tripmeter, fuel meter, indikator penggunaan BBM sesaat, penggunaan BBM rata-rata, indikator radiator, aki.. yang banyak disayangkan adalah absennya tachometer.. memang matic tidak terlalu urgent tachometer, tapi menurut nbsusanto bagian konsumsi BBM sesaat itu terlalu besar, malah garisnya bisa ditambahkan untuk tachometer, jika terlalu padat untuk BBM bisa berupa 1 garis lurus saja..

sebagai efek dari pemindahan tangki bahan bakar di bagian depan, maka tersedia bagasi yang sangat luas di bawah jok.. cukup untuk bawa berbagai macam bekal maupun kebutuhan saat jalan jauh.. hal yang sebenernya nbsusanto inginkan diterapkan di alien a.k.a Honda CS1.. nampaknya kalau orang biasa tak perlu bawa box lagi..

apalagi ya? nampaknya kalau tentang impresi awal honda ADV baru itu saja.. mengenai test ride insyaallah di artikel mendatang.. oya kemarin sempat membandingkan lampu ADV dengan Vario 125 ESP, insyaallah juga akan dibuatkan artikelnya.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....