Safety Riding Competition, berasa ujian SIM level nganu

assalamu’alaikum wr. wb..

mendengar kata safety riding tentu bayangannya adalah bagaimana cara berkendara secara aman.. kemudian kalau untuk suatu acara, pasti tidak jauh-jauh dari sebuah area dengan banyak cone atau sebuah jalan bebas dengan kondisi motoran beriringan tanpa melanggar aturan lalu lintas.. ya, beberapa hari lalu nbsusanto dapat info dari grup untuk ikut Safety Riding Competition for Blogger and Vlogger dari Astra Motor Yogyakarta.. what??

terakhir kali bermain dengan cone di tahun 2015 kala gelaran Run, Ride, Respect di Mandala Krida.. sementara itu terakhir kali konvoi tanpa mengganggu pengendara lain dan tentu saja taat aturan lalu lintas pun sudah tahun 2015 lalu kalau tidak salah.. lha ini biasa motoran di ibukota yang kondisinya begitulah, tiba-tiba diajak.. namun kalau tidak sekarang belajar kembali, kapan lagi? nbsusanto pun isi form yang disediakan kemudian datang ke Astra Motor Safety Riding Center.. disana ketemu dengan dulur blogger dan vlogger yang pada umumnya cukup lama tidak bertemu, di antaranya om Amama roda2blog, pak Hadi hadiyantablog, mas Aziz warungdohc, Sutopo gondesmotovlog, Cahyo jackalride, Yugo ardiantoyugo, Irfan pertamax7, Yuda yudakusuma dan tambah sedulur baru Putut saonone.. kemudian tentu saja personel dari Astra Motor yang sebagian orang lama dan beberapa orang baru.. alhamdulillah sekalian silaturahmi..

setelah lengkap kami dijelaskan mekanismenya.. ternyata terdapat ujian teori dan dilanjut praktek dengan berbagai variasinya.. lhaa nek iki berasa ujian SIM.. tentu suasananya berjalan dengan tetep penuh dagelan.. ujian teori dengan 30 soal berjalan mulus meski ada beberapa jawaban yang sepertinya ngganjel.. ya memang tidak semua berkaitan dengan rambu dan marka layaknya ujian SIM namun ada beberapa variasi tambahan.. lumayan dapat pengetahuan baru..

kemudian berlanjut ke praktek.. nah ini.. ada 3 challenge, yaitu Slalom, Low Speed Balance dan Plank Ride menggunakan Honda All New CB 150R.. tentu ujian SIM tidak sesusah 3 challenge ini.. bisa-bisa sebagian besar nggak lulus.. lha wong tantangannya cukup unik.. setelah dijelaskan oleh instruktur, kami pun mengenakan safety gear kemudian menuju ke area praktek.. wah nek saingan ro wong-wong kui abot.. :mrgreen:

Slalom.. challenge ini sepintas mirip ujian praktek SIM karena bermanuver di antara cone dengan area cukup luas.. bedanya adalah disini tidak diperkenankan menggunakan rem depan (bahkan memegangnya saja tidak boleh) dan kopling (kecuali saat start) selama di dalam trek.. selain itu waktu yang dibutuhkan pun dicatat karena mempengaruhi poin.. pada ujicoba sebelum dinilai, nbsusanto merasa sangat kikuk karena biarpun sering bawa alien CS1, tricolore & robotireng Supra 125 serta silawe Vario 125 tapi tidak seperti itu.. tapi yo wis lah.. pada saat dinilai alhamdulillah bisa menghindari pemakaian rem depan dan kopling tanpa menabrak cone dan salah jalur.. memang setelan gas, permainan gas serta manuver termasuk dengan memiringkan motor yang berpengaruh disini.. oke beres tidak ada masalah..

Low Speed Balance.. challenge yang melihat treknya saja sudah cukup memusingkan.. butuh manuver-manuver tipis karena treknya memang sangat sempit.. apalagi melihat contoh dari instruktur.. beh.. semakin yakin kalau nggak akan lancar disini.. meskipun tidak lagi ada larangan menggunakan kopling serta rem depan tetep saja susah.. tiba giliran mencoba dan memang sangat tidak mulus karena permainan gas dan manuver yang noob.. di penilaian pun tidak lebih baik.. sakkarepmu.. πŸ˜† disini memang skill dan konsentrasi sangat menentukan.. apalagi ada batasan waktu maksimal.. lha di bawah waktu maksimal tanpa pelanggaran aja gagal.. πŸ˜†

Plank Ride.. karena dulu sempat agak sering baca tentang lari, keinget bahwa plank adalah salah satu latihan untuk memperkuat otot.. setelah melihat caranya jebul berbeda.. bukan plank di atas motor tentunya.. πŸ˜† challenge ini berupa mengendarai motor di atas papan sempit cukup panjang.. semakin lama semakin banyak poinnya.. kuncinya adalah konsentrasi dan menekan ego.. daripada nahan-nahan ternyata malah turun dari papan dan diskualifikasi, nbsusanto memilih agak cepat tanpa turun.. nggak usah melihat ke depan bawah karena malah mengganggu pikiran.. lebih baik menatap ke depan saja malah aman.. :mrgreen:

hasilnya? wis nggak juara.. pertamax7, gondesmotovlog dan warungdohc memang jauh lebih pantas.. setidaknya pernah mencoba dan kembali mencoba.. toh salah satu tujuan utamanya untuk silaturahmi.. ujungnya makan bareng dan malah selesai acara si pertamax7 dan yudakusuma rebutan ngliput alien CS1.. πŸ™„

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....