pendaftaran Mandiri Jogja Marathon 2020 yang (lagi-lagi) semrawut

assalamu’alaikum wr. wb..

semester pertama pada setiap tahun, dunia lari biasanya diramaikan berbagai event.. memang event besar tidak sebanyak pada semester kedua, namun masih ada beberapa, khususnya untuk road run.. salah satu yang cukup terkenal dan pada 2020 memasuki gelaran keempat adalah mandiri jogja marathon.. event yang mengambil venue di kawasan candi prambanan dan sekitarnya ini memang masih menjadi gelaran lari terbesar di yogyakarta, meskipun rutenya sebagian besar adalah kawasan sleman dan sebagian sisanya masuk klaten.. tak bisa dipungkiri, memang gelaran ini masih punya cukup banyak peminat..

pada tahun 2020 ini, mandiri jogja marathon berlangsung pada 28-29 maret 2020.. cukup unik dan hal yang baru bagi road run di indonesia karena terdapat dua hari penyelenggaraan.. memang ada beberapa event yang start di malam hari sehingga memungkinkan start antar kategori beda tanggal meskipun tepatnya beda jam.. namun di mandiri jogja marathon 2020 ini memang diselenggarakan keduanya di pagi hari.. hari sabtu untuk jarak 5 dan 10 km, sementara itu hari minggu untuk jarak 21 dan 42 km.. nbsusanto sendiri belum mengetahui secara pasti kenapa dipisah, mungkin saja untuk menghindari penumpukan..

namun sebelum event berjalan, terdapat hal yang mencoreng.. yang lebih patut disayangkan adalah hal ini sudah berkali-kali terjadi.. ya, terkait pendaftaran.. dari partisipasi nbsusanto sejak 2018 sampai 2020 ini, selalu saja terdapat masalah.. berikut coba nbsusanto rangkum masalah pendaftaran mandiri jogja marathon yang menggunakan website laga.co.id dan doku sebagai pelaksanaan input pembayaran..

  1. pada tahun 2018 memang nbsusanto belum menyimak jam early bird, namun sudah habis saja.. akhirnya ikut rebutan di promo 30%.. namun yang krusial adalah saat itu pembayaran dengan opsi mandiri e-cash, mandiri debit online serta mandiri cc sempat ada masalah, yaitu pembayaran tidak bisa dilakukan padahal semua prosedur sudah benar.. tentu saja banyak peserta panik karena ada batas waktu pembayaran.. akhirnya penyelesaian dari pihak laga dan mesarace adalah mengijinkan transfer ke rekening dengan syarat tetap menggunakan rekening mandiri..
  2. pada tahun 2019, pembukaan early bird sama sekali tidak ada infonya.. nbsusanto hanya dapat info dari seorang teman dan memang benar pendaftaran sudah dibuka tanpa banyak orang yang tahu.. saat itu sudah selepas maghrib, mungkin sekitar jam 7 apa ya.. selesai pendaftaran nbsusanto infokan teman-teman yang lain.. barulah medsos geger karena info yang sudah tersebar itu.. dampaknya banyak yang protes karena tanpa aba-aba sudah habis saja.. banyak yang tidak kebagian, boro-boro lha wong jamnya saja banyak yang tidak tahu.. kemudian pada malam itu juga selang beberapa jam pendaftaran diskon 30% dibuka.. bisa dibayangkan seperti rebutan tiket kereta api lebaran, bukan.. lagi-lagi info event dari medsos maupun website kurang jelas..
  3. pada tahun 2020, terpampang di medsos bahwa pendaftaran akan segera dibuka.. namun tidak ada waktu yang jelas dan berapa slotnya.. tiba-tiba saja kemarin sudah bukaan tepat jam 12 siang.. banyak yang tidak mengetahui.. sempat rame lagi karena tidak ada info tiba-tiba infonya sudah dibuka dan banyak yang saat mengecek sudah masuk waiting list.. namun bagi beberapa orang yang mengetahui bahwa sudah akan dibuka, pada daftar peserta sudah ada sebuah nama padahal belum juga dibuka dan link memang belum hidup.. dari mana dia bisa masuk?
    selain itu, pada saat melakukan pembayaran dengan mandiri debit online, lagi-lagi terdapat masalah karena beberapa pendaftar tidak bisa membayar.. mirip dengan kasus 2018 lalu.. kebetulan pembayaran nbsusanto sukses namun beberapa orang yang titip ada yang sukses ada yang gagal.. padahal langkahnya sama dan data yang diinput pun sudah benar.. semakin geger karena batas pembayaran hanya 2 jam saja.. saat menghubungi nomor kontak yang tersedia, ternyata sibuk.. mungkin sudah banyak orang yang komplain.. banyak peserta akhirnya mengirim email dan terdapat balasan bahwa pembayaran  bisa dengan transfer menggunakan rekening mandiri.. jika jam 2 dapat konfirmasi pembatalan dapat diabaikan asalkan sebelumnya sudah menghubungi penyelenggara dan segera melakukan transfer dan mengirim bukti pembayaran..

memang kesalahan itu wajar terjadi.. namun apa iya harus berkali-kali terjadi? apa memang pendaftaran mandiri jogja marathon selalu berupa surprise dan calon peserta harus memeriksa manual secara berkala? kok bisa masalah pembayaran kembali terjadi, yang meskipun memang melibatkan pihak ketiga, namun sponsor utamanya saja perbankan lho?

semoga masalah di pendaftaran dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak.. semoga di penyelanggaraan mandiri jogja marathon 2020, tidak terdapat masalah dan dapat berjalan lancar.. kekurangan-kekurangan di penyelenggaraan sebelumnya semoga dapat teratasi dan tidak terdapat masalah baru.. kemudian semoga untuk pendaftaran, entah itu sisa kuota mandiri jogja marathon tahun ini yang kemungkinan memang masih ada, maupun untuk gelaran mendatang, tidak ada masalah-masalah lagi..

sampai jumpa di Mandiri Jogja Marathon 2020.. insyaallah nbsusanto akan kembali napak tilas mission (HM)possible yang sudah sukses di tahun 2019 lalu.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....