Masjid Agung Al Aqsha Klaten, arsitektural megah di rumah ibadah

assalamu’alaikum wr. wb..

Klaten merupakan satu wilayah yang selalu dilewati jika melakukan perjalanan darat dari Yogyakarta ke Solo maupun sebaliknya.. akses jalan nasional Yogya-Solo yang membelah Klaten tersebut menjadikan kawasan-kawasan di tepinya banyak berdiri bangunan yang mendukung perekonomian maupun image daerah, seperti pada umumnya wilayah lain.. pertokoan, warung makan, pabrik dan sebagainya.. tepat saat masuk ibukota kabupaten Klaten, jalan diatur sedemikian rupa sehingga kendaraan berat seperti bus dan truk akan lewat sisi selatan melalui ring road.. sementara itu kendaraan kecil dapat memasuki ibukota Klaten namun dengan beberapa titik jalan searah.. pada ujung timur saat jalan tersebut bergabung kembali, terdapat sebuah bangunan megah di utara jalan Yogya-Solo..

ya, bangunan megah itu adalah Masjid Agung Al Aqsha Klaten.. sebuah rumah ibadah yang menurut informasi mulai dibangun pada 2012 dan diresmikan pada 2015 dan menelan biaya hingga 60 milyar rupiah.. dari foto di atas sudah bisa dibayangkan kira-kira seberapa besarnya bukan? ya memang begitulah adanya.. kebetulan di akhir 2019 lalu nbsusanto sempat mampir ke masjid tersebut dan mengabadikan beberapa sudut Masjid Agung Al Aqsha Klaten dari sisi luar maupun sisi dalam..

begitu masuk terlihat bahwa ruang sholat utama terletak di lantai 2.. baiklah ambil wudhu kemudian naik ke atas.. apa iya masuk ke dalam masjid cuma foto-foto saja? kemanapun tujuan entah itu dolan maupun bagaimanapun, bersikap sopan adalah kunci.. apalagi ke tempat ibadah.. meskipun kondisinya sepi serta melakukan apapun tidak terlihat.. kalau di masjid begini tidak ada salahnya melakukan sholat tahiyatul masjid maupun sholat-sholat sunnah lain jika tidak pada waktu sholat wajib..

mendongakkan kepala ke atas dan memang kemegahan masjid agung klaten sampai ke sana.. ornamen sisi dalam mustaka dihias oleh kaligrafi dan adanya jendela kaca membuatnya mendapatkan cahaya alami di siang hari.. selain sebagai fungsi ornamental dan keindahan, adanya jendela itu pun dapat mengurangi penggunaan listrik untuk penerangan pada siang hari..

beranjak ke lantai 3.. lagi-lagi tampak suasana keindahan masjid agung al aqsha klaten dengan jendela yang memungkinkan cahaya luar masuk ke area masjid.. ditambah beberapa titik jendela diberi kaca berwarna kekuningan yang membuat semakin syahdu.. entah di bagian ini peruntukannya apakah juga untuk sholat atau kegiatan-kegiatan lain.. memang saat itu cukup sepi.. ya wajar saja siang hari dan tidak pada hari besar islam..

di bagian luar masjid agung al aqsho klaten, berdiri sebuah menara yang pada 2019 lalu informasinya masih belum 100% konstruksinya dan direncanakan dibuka pada tahun 2020 ini.. nbsusanto sendiri juga tidak mendekat karena memang saat itu cuaca panas dan biar nggak kelamaan.. berhubung sudah semakin siang, nbsusanto pun meninggalkan masjid agung al aqsha klaten dengan mendokumentasikan beberapa sudutnya..

masjid agung al aqsha klaten.. memang bangunan senilai puluhan milyar ini menjadi tempat yang menarik untuk dijadikan tempat mampir kala melintas di jalan yogya-solo.. tentu saja nggak cuma mampir foto-foto, sempatkan untuk ibadah sunnah disana jika bukan pada waktu ibadah wajib..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....