petikan sejarah kereta api jalur palbapang – sewugalur dari ingatan simbah (part 1)

assalamu’alaikum wr. wb..

membicarakan tentang jalur kereta api yang telah mati memang selalu menarik.. ada imajinasi yang selalu terbayang mengenai kejayaannya di masa silam.. isu-isu mengenai reaktivasi pun seringkali berhembus.. meskipun realitanya seringkali memang seperti angin, berlalu begitu saja.. bagi nbsusanto yang memang asli bantul, tepatnya srandakan, ketika membicarakan kereta lawas tentu tidak jauh dari jalur kereta yogya – palbapang – sewugalur.. dari berbagai referensi serta kondisi lapangan yang ada, menemukan cerita tentang jalur palbapang – sewugalur masih jauh lebih susah dibandingkan jalur yogyakarta – palbapang..

memang jalurnya sudah dinonaktifkan, bahkan dicabut dari jaman penjajahan jepang untuk digunakan di manca negara.. jalur ini menghilang begitu saja tanpa meninggalkan banyak tulisan yang cukup lengkap di internet.. harapan hanya tinggal ada pada catatan sejarah internal stakeholder perkeretaapian atau cerita dari para saksi hidup yang masih sugeng dan tajam ingatannya..

berhubung nbsusanto tinggal di srandakan, nbsusanto mencoba mencari kira-kira simbah-simbah mana yang masih mengingat cukup jelas.. kebetulan beberapa waktu lalu selesai sholat jum’at bertemu dengan seorang simbah yang sudah cukup familiar.. beliau sudah sepuh namun masih terlihat segar ingatannya.. terjadilah obrolan kami.. berikut ringkasannya..

☹ : mbah, njenengan masih menemui kereta di Mangiran (Srandakan) ?
😊 : wolhaiya, masih ingat saya

☹ : kalau Stasiun Mangiran itu dimana mbah?
😊 : sekarang yang jadi penggilingan padi itu (timur laut Pasar Mangiran, di barat Grha Budaya)

☹ : cocok! mbah kapan-kapan kalau njenengan pas senggang saya tanya-tanya lebih lanjut ya?
😊 : siap!

kami pun melangkah pulang dari masjid.. setidaknya akan ada beberapa tambahan pengetahuan maupun sejarah kereta api jalur palbapang – sewugalur.. nbsusanto pun mencoba menyusun beberapa hal yang mungkin ditanyakan.. di antaranya adalah :

  1. letak stasiun-stasiun yang dilewati jalur kereta api palbapang – sewugalur,
  2. tingkat okupansi secara pandangan mata,
  3. harga tiket dibandingkan dengan harga barang lain saat itu,
  4. berbagai diskusi lain yang nanti mengalir saja..

semoga nanti akan ada banyak yang diceritakan dan bisa bermanfaat bagi banyak orang..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

 

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....