Work From Home? Corona sukses mengubah rutinitas slur….

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah beberapa minggu blog sudah nggak update.. memang jadwalnya ujian tengah semester jadi jarang akses blog ini, bahkan sudah beberapa hari nggak kebuka.. ndilalah kok ya ada covid19 yang mempengaruhi berbagai sektor dan berbagai wilayah.. dampaknya adalah muncul istilah work from home, physical distancing, lockdown, dan lain-lain.. ya, warga masyarakat diminta tetap tinggal di rumah saja, menjauhi keramaian serta tetap menjaga pola hidup sehat untuk menghentikan rantai penyebaran virus corona yang memang sudah mendunia namun tetap diminta untuk melakukan pekerjaan dari rumah.. kebijakan yang tentu saja menuai banyak pendapat di kalangan akar rumput..

kebetulan kampus tempat nbsusanto belajar pun melakukan lockdown total dan pembelajaran dilakukan secara online.. tidak boleh ada aktivitas apapun di wilayah kampus dan semua interaksi diserahkan pada masing-masing dosen, ada yang menggunakan whatsapp group, portal universitas, webex, google zoom, dan lain-lain.. tentu saja butuh penyesuaian.. hal yang pasti berubah adalah tidak perlunya melakukan perjalanan sehingga dampaknya tidak ada pengeluaran untuk beli bbm dan tidak ada waktu yang dibutuhkan untuk menuju kampus.. tapi tentu saja konsekuensinya adalah butuh internet yang lancar.. nbsusanto sendiri nebeng wifi tetangga yang pasang indihome meskipun kalau dipakai untuk aplikasi berbasis videocall kadangkala tidak kuat.. sebagai back up, nbsusanto menggunakan indosat.. entah memang loadnya sangat tinggi atau kenapa, kok ya kadangkala 2 penyedia layanan itu koneksinya tidak optimal.. bagaimana dengan pengguna internet di tempat lain ya? soalnya beberapa temen juga mengeluhkan hal yang tidak jauh berbeda meski operator berbeda-beda..

tapi apakah waktunya lebih senggang karena tidak perlu melakukan perjalanan? jare sopoooo.. ujian tengah semester yang kalau di kampus waktunya tidak lebih dari 3 jam, kemarin beberapa mata kuliah waktunya 3 jam lebih termasuk untuk upload.. permasalahan yang terjadi itu ada-ada saja, entah internet tiba-tiba down, ukuran file terlalu besar, pas loading eh waktu habis sehingga kudu email, moto pake camscanner dan lain-lain.. pokoke gayeng.. belum lagi sekarang perkuliahan memberi penjelasan singkat disusul tugas ringkes materi.. byuuuh..Β  malah yang tadinya kuliah tatap muka dan sambil cari rejeki, jam 10 malam itu laptop sudah mati atau bahkan tidak memegang laptop di rumah, eh kemaren beberapa minggu lalu sering banget masih ngadep laptop menjelang jam 12 malam.. ya alhamdulillah bisa dinikmati.. akeh kancane kok.. πŸ˜†

tak hanya sektor pendidikan.. nbsusanto harus merelakan vakum lebih dari 2 minggu dari dunia perlarian.. rute 5 km melewati dusun lain.. tentu nggak enak kalau ada plang masuk dibatasi tiba-tiba nbsusanto melintas begitu saja.. apalagi rute 10 km, memang tidak melewati jalan-jalan dusun, tapi malah melintas di jalan raya srandakan dan jalan lain yang cukup besar.. nbsusanto memilih tidak mengambil resiko.. rasanya? ra penak banget.. kaki kiri malah terasa seperti overtraining padahal paling sesekali latihan strength dan badminton dengan intensitas rendah saja.. gregeten pengen lari tapi belum kesampaian, mungkin kalaupun lari di lingkungan RT saja tinggal dibanyakin loopnya.. semoga segera kesampaian.. ndilalah kok ya sekarang rutinitas lain pun berubah.. dek AL sudah MPASI sehingga pagi bangun bobok pasti ikut ayahe sementara bundane masak.. tambah nggak bisa langsung pancal lari deh.. *jinise selimut lebih menggoda walaupun dek AL belum bangun.. πŸ˜†

anggota keluarga yang lain pun penyesuaian.. adek yang kerja di perusahaan berbasis konten web pun jadi kerja di rumah.. pokoke pagi jamnya laptop menyala bareng.. sementara itu bapak yang jadi guru SD masuk 2 hari sekali dengan semua muridnya belajar dari rumah, pun begitu aktivitas melatih badminton dilakukan dari rumah dengan penugasan strength training dan lain-lain, meskipun beliau dan anak didiknya kangen juga lama nggak bermain raket bareng-bareng.. mungkin yang tidak banyak berubah adalah mamak karena bekerja sebagai TU di puskesmas tetap mewajibkan beliau masuk, meskipun jamnya pun sedikit berubah dan mengenakan APD di lokasi.. bagaimanapun juga pelayanan masyarakat memang harus tetap berjalan..

hal yang paling bisa diambil dari pemberlakuan work from home ini adalah semakin dekat dengan keluarga.. sewaktu waktu bisa liat tingkah polah dan perkembangan si kecil.. bisa lebih sering diskusi, geguyon dan ndobos tentang kehidupan bersama adek.. bisa lebih sering menikmati masakan rumah.. bisa bantuin bundane dek AL jualan kurma secara online, oya kalau minat bisa WA ke nbsusanto *malah promosi πŸ˜† dan lain-lain..

kalau ditanya, bosen tidak? emm.. lebih tepatnya penat sih, sesekali pengen liat keadaan luar.. tapi mengingat dan menimbang berbagai kondisi, nbsusanto batasi.. mungkin keluar kalau kirim kurma ke J&T, JNE. Wahana, Pos, IndahCargo maupun belanja.. optimalkan gadget saja untuk mengatasinya, meskipun kadang pengen manasin kamera tapi bingung obyeknya itu-itu saja, meski masih banyak sudut yang belum dieksplorasi.. intinya cari cara gimana agar menyenangkan..

semoga wabah pandemi corona ini segera berlalu.. apalagi ini sudah menjelang ramadhan.. semoga kondisi kembali normal seperti sediakala.. tetap sehat, tetap bahagia.. #StayAtHome #diRumahAja πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....