Adata HD710 Pro, opsi durable harddisk menarik di kisaran 700 ribuan

assalamu’alaikum wr. wb..

pada saat ini kebutuhan media penyimpanan eksternal memang semakin tinggi.. file-file yang berukuran semakin besar dan kapasitas penyimpanan internal yang hampir penuh seringkali menjadi alasan.. ya, adek nbsusanto pun merasakan hal yang sama.. meskipun mobilitas saat pandemi Covid19 ini cukup terbatas, tapi kebutuhan back up file dari laptop ke komputer dan sebaliknya membutuhkan media penyimpanan berkapasitas besar.. dicarilah harddisk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan.. pilihan pun mengarah ke Adata HD710 Pro..

kok ya ndilalah alasannya sama dengan nbsusanto, kalo dengan harga yang tidak beda jauh sudah dapat yang durable, kenapa tidak? apalagi dia kadangkala ke lapangan, dengan pengalaman device yang dibawa pernah terendam saat terpeleset di sungai beberapa tahun lalu, sehingga butuh media penyimpanan yang mumpuni.. ya, Adata HD710 Pro dengan harga di kisaran 700an ribu memiliki spesifikasi yang mirip dengan Adata HD720 milik nbsusanto.. waterproof, shockproof, dustproof yang memenuhi sertifikasi IP68.. hanya saja desainnya berbeda.. kelengkapan penjualan Adata HD710 Pro ini pun sama dengan HD720 milik nbsusanto.. hanya ada harddisk, kabel data, dan user manual, serta kartu garansi tentunya..

hal yang paling menarik bagi nbsusanto adalah desain penutup port kabel data yang lebih simpel dan mudah dibuka tutup jika dibandingkan dengan milik nbsusanto.. dampaknya adalah tidak perlu khawatir saat menutup dan memastikan kedap air.. kalo HD720, seringkali tidak nbsusanto tutup kecuali akan melakukan perjalanan yang rawan kena hujan karena butuh effort lebih untuk menutupnya, itupun tidak selalu berhasil dan kadang sampai harus cek youtube kembali..

nbsusanto jalankan CrystalDiskInfo untuk mengetahui spesifikasi lebih lanjut dari Adata HD710 Pro.. ternyata Adata menggunakan harddisk dari pabrikan WDC dengan kecapatan rotasi 5400 rpm.. transfer mode sudah di SATA/600 sehingga cukup untuk menghandle kebutuhan pada saat ini.. fiturnya pun lebih lengkap dibanding milik nbsusanto.. untuk konektivitasnya sendiri sudah menggunakan USB 3.2, namun masih memungkinkan diakses dengan USB 2.0..

kemudian nbsusanto jalankan pengujian dengan CrystalDiskMark untuk mengetahui kecepatan akses harddisk Adata HD710 Pro ini.. sebagai catatan, nbsusanto colokkan pada laptop MSI PS42 yang sudah mendukung USB 3.0.. hasil pengujian dapat berbeda jika menggunakan testbed yang lain, apalagi kalau masih port USB 2.0.. kecepatannya mungkin bukan yang teristimewa.. namun ternyata kecepatan baca dan tulis bisa cukup berimbang..

tes nyemplung air dan tes jatuh? tentu nbsusanto tidak berani.. lha nombok nanti kalau ternyata kenapa-kenapa.. lha ini adek beli pake duit sendiri juga.. kecuali kalo memang dipinjami unit tes yang diijinkan untuk dites sesuai dengan klaim dan reviewer tidak diminta untuk mengganti jika ada kerusakan kecuali kesalahan user.. baru deh.. 🤣

overall, Adata HD710 Pro ini merupakan solusi menarik untuk harddisk eksternal yang durable di kelas harganya.. desain yang simpel dan katup yang sangat mudah dibuka-tutup menjadi nilai plusnya, bahkan dibanding saudara se-merknya.. spesifikasi pun sudah cukup mumpuni bagi pengguna umum.. memang kabel yang pendek masih menjadi batasan bagi harddisk eksternal ini seperti yang lain.. namun menurut nbsusanto, jika memang butuh harddisk eksternal yang punya nilai plus, Adata HD710 Pro bisa menjadi pilihan..

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....