Adata HD720, harddisk eksternal dengan fitur waterproof dan shockproof

assalamu’alaikum wr. wb..

media penyimpanan berukuran besar dengan wujud fisik pada saat ini masih dibutuhkan oleh sebagian orang.. memang ada penyimpanan di cloud, namun rata-rata yang gratisan berukuran tidak terlalu besar.. selain itu, faktor koneksi internet masih menjadi permasalahan pada penyimpanan cloud, apalagi di Indonesia.. hal tersebut yang menjadi pertimbangan nbsusanto ketika mulai merasa butuh memiliki harddisk eksternal sejak tahun 2019 lalu.. untuk keperluan bawa file kemana-mana maupun backup data antara laptop dan komputer, harddisk eksternal masih menjadi solusi paling realistis..

namun dengan fungsional yang berpindah dan mudah tergoncang, harddisk eksternal cukup rawan rusak.. nbsusanto mempertimbangkan faktor durability dalam memilih harddisk eksternal.. setidaknya perlindungan hal-hal yang sering terjadi, misalnya shockproof, lebih baik kalau waterproof misal tiba-tiba hujan atau air dalam botol minum tumpah.. ya bukan meminta, tapi lebih baik mengantisipasi kalau-kalau terjadi.. kalau untuk harddisk biasa, pilihannya banyak dari berbagai merk dan tipe.. namun untuk kebutuhan tersebut, pilihannya terbatas.. setelah membaca berbagai referensi, nbsusanto menjatuhkan pilihan pada Adata HD720 yang diklaim memiliki fitur waterproof, shockproof, dustproof dengan harga sekitar 700 ribuan untuk kapasitas 1 TB.. 11-12 dengan harddisk biasa..

Adata HD720 pun datang.. nbsusanto memilih warna biru.. boks berukuran minimalis dan kelengkapan yang sederhana saja khas elektronik masa kini.. tidak ada pouch maupun bonus lain, isi dalam kemasan hanya unit harddisk, kabel data, user manual dan kartu garansi.. mungkin karena memang sudah memiliki berbagai fitur keamanan jadi tidak perlu tambah aneh aneh ya.. oiya, Adata HD720 ini memenuhi standarn IP68.. cukup tinggi..

terlihat bahwa Adata HD720 ini diselimuti oleh karet di bagian-bagian yang paling rawan saat terjatuh.. karet ini sekaligus menyediakan tempat untuk kabel data sehingga saat dibawa mobile tetap ringkas dan tidak terpisahkan.. selain itu, salah satu bagian karet ini juga berfungsi untuk menutup port kabel data untuk memastikan bahwa harddisk ini memang waterproof (klaimnya 2 jam tenggelam dan masih aman).. namun untuk menutup port ini perlu trik khusus karena agak susah jika tidak tahu caranya.. bahkan sampai setahun punya, nbsusanto masih sering lupa karena memang jarang ditutup rapat.. biasanya diletakkan di bagian tas yang tidak langsung terpapar air ketika ada hujan.. padahal kalau tidak tertutup port tersebut ya sama aja nggak waterproof karena ada lubang dimana air bisa menyusup masuk.. :mrgreen:

tentang kecepatan akses dan transfer data memang bukan concern utama nbsusanto, namun tentu saja tetap harus diperhatikan mengingat kemungkinan bakalan transfer file-file berukuran besar.. Adata HD720 ini dilengkapi dengan konektivitas USB 3.2 dan kecepatan putaran 5400 rpm.. nah karena penasaran nbsusanto coba cek informasi tentang harddisk Adata HD720 ini menggunakan software CrystalDiskInfo dan didapat keterangan bahwa unit yang nbsusanto miliki menggunakan dalaman Toshiba.. memang ada beberapa merk yang digunakan oleh Adata HD series.. nanti kalau sempat nbsusanto buatkan artikel harddisk adek yang kebetulan merupakan seri Adata HD710 Pro..

kemudian sekalian nbsusanto cek dengan CrystalDiskMark untuk menampilkan angka-angka hasil pengetesan.. nbsusanto lakukan di 2 testbed yang berbeda, yaitu laptop MSI PS42 yang sudah support USB 3.0 dan komputer lawas AMD A8 yang masih USB 2.0.. memang pada saat ini sudah banyak device yang memiliki konektivitas USB 3.0, namun tidak sedikit pula yang masih mengandalkan USB 2.0.. :mrgreen:

hasil yang didapatkan memang jomplang banget antara USB 3.0 dan 2.0.. bukan yang tercepat di kelasnya.. apalagi jika dibandingkan dengan SSD, jauh.. namun balik lagi ke kebutuhan.. setidaknya sudah cukup untuk kebutuhan nbsusanto..

tes nyemplung air? wah nbsusanto tidak berani.. kalau ternyata terjadi kegagalan, misalnya kurang rapet nutupnya, malah kehilangan storage.. 😆

tes jatuh? kalau sengaja menjatuhkan belum pernah.. tapi kalau jatuh secara tidak sengaja ya pernah walau tidak tinggi.. ya memang aman sih sejauh ini..

sebagai kesimpulan, harddisk eksternal Adata HD720 ini merupakan pilihan media penyimpanan eksternal yang mempunyai fitur perlindungan lebih dibandingkan produk pada umumnya.. harga yang ditawarkan pun masih berada dalam rentang yang sama dengan harddisk lainnya.. hanya saja, kabel yang pendek dan kaku dapat menyulitkan saat meja kerja yang tersedia terbatas.. selain itu, penutup port yang susah dipasang dengan baik dapat membuat frustasi pengguna karena jika tidak rapat maka rawan jadi titik masuknya air.. soal kecepatan, memang biasa saja meskipun bagi nbsusanto sudah cukup.. selama setahun penggunaan, nbsusanto puas dengan Adata HD720 ini.. sampai-sampai adek butuh harddisk akhirnya memilih Adata yang berfitur waterproof juga meskipun di seri lain..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

2 Komentar

monggo tanggapannya.....