Review Nissan XTrail T32, menjadi penumpang baris kedua dan ketiga (2/2)

assalamu’alaikum wr. wb..

masih bersama dengan Nissan XTrail generasi ketiga.. kali ini nbsusanto menuliskan review tentang bagaimana rasanya menjadi penumpang Nissan XTrail di baris kedua dan baris ketiga.. kondisi mobil masih sama, milik perorangan, terawat, dan melintas di jalanan Jawa Tengah.. memang sesi menjadi penumpang lebih singkat dibandingkan dengan menjadi pengemudi.. namun beberapa jam di dalamnya cukup memberi gambaran bagaimana rasanya di dalam mobil Nissan XTrail ini..

penumpang baris kedua

pada sesi ini perjalanan dimulai dengan nbsusanto menjadi penumpang di baris kedua.. mengambil posisi duduk, nbsusanto merasa agak kikuk dengan jok baris kedua Nissan XTrail karena terasa agak kurang tinggi sehingga paha lebih tinggi dibandingkan jok.. sebagai gambaran, nbsusanto memiliki tinggi 169 cm dan di Daihatsu Terios 2011 bisa duduk dengan posisi kaki yang nyaman.. namun setelah diskusi dengan teman yang lain, nampaknya memang faktor panjang kaki nbsusanto yang mempengaruhinya karena orang lain tidak merasakannya.. mobil SUV ini tidak terkesan tinggi, namun masih memiliki jarak kepala ke atap yang lebih tinggi dibandingkan New Terios..

jok baris kedua bagian tengah dapat diturunkan menjadi arm rest dengan lubang yang dapat diisi botol minuman jika hanya diisi 1 atau 2 orang saja.. headrest pun nyaman menopang kepala.. untuk pendinginan, di baris kedua tersedia ventilasi AC di konsol tengah jok baris pertama yang mengarah ke baris kedua.. tak perlu khawatir, AC nya dingin.. nbsusanto sendiri mengenakan jaket dalam perjalanan pagi itu sambil mengamati jalan di depan dan samping yang masih cukup syahdu.. sesekali melirik ke speedometer yang terlihat jelas..

suspensi? Nissan XTrail yang dilengkapi dengan Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar di depan dan untuk sisi belakang disematkan suspensi Independent Multi-link with Stabilizer Bar.. cukup nyaman untuk melibas Tol Pantura Jawa yang memiliki banyak lubang di antara Semarang-Cirebon.. meski memang kalau jalan tidak rata cukup merata, mau minum saja rasanya tidak nyaman, apalagi sambil membuka laptop..

 

penumpang baris ketiga

pada satu sesi perjalanan, Nissan XTrail ini dimuati oleh 6 orang sehingga mau tidak mau harus ada yang di baris ketiga.. berdasarkan referensi yang pernah nbsusanto baca terdahulu dan juga pesan dari pemiliknya, baris ketiga Nissan XTrail ini akan sempit dan lebih cocok kalau diisi penumpang anak-anak.. dan setelah membuka jok baris ketiga, nbsusanto memang sangat sepakat.. posisi kaki harus ditekuk.. jika akan digunakan untuk perjalanan jauh dan penumpang berjumlah 6 orang, nbsusanto lebih merekomendasikan baris ketiga diisi 1 orang saja dengan posisi miring dan di baris kedua masih cukup layak jika diisi oleh 3 orang..

bantingan suspensi di baris ketiga untuk jalanan dalam kota Tegal masih oke.. mungkin akan berbeda jika digunakan untuk melintas jalan yang tidak rata cukup merata, apalagi yang banyak lubangnya.. memang bener kalau baris ketiga hanya sebagai tambahan jika kondisi mepet dibutuhkan saja.. peruntukan baris ketiga memang lebih baik menjadi bagasi yang cukup luas seperti mobil lain yang berada satu kelas dengannya..

penutup

bagaimanapun juga menjadi penumpang sebuah kendaraan yang dibanderol barunya di atas 400 jutaan itu nyaman.. fitur bagi penumpang pun cukup banyak.. pantas saja kalau Nissan XTrail di beberapa perusahaan digunakan sebagai kendaraan operasional untuk pejabat menengah ke atas.. beberapa orang pemilik generasi lama pun menjadi jatuh cinta pada Nissan XTrail sehingga jika akan mengganti atau menambah armada, maka akan memilih seri terbarunya..

kebetulan kemarin nggak sempet mengabadikan dengan kamera sehingga gambar ambil dari berbagai sumber (otospirit dan semisena)

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....