Review shuttle Joglosemar Yogya-Semarang di masa pandemi

assalamu’alaikum wr. wb..

kondisi masih di rumah pada siang hari menjelang dzuhur kala awal april 2021 lalu.. tiba-tiba ada panggilan masuk berupa permintaan datang ke Semarang hari itu juga.. wadooh.. jujur saja bingung.. sejak awal pandemi hampir tidak pernah keluar DIY, kecuali saat mudik ke rumah mertua yang di timur jalan sudah masuk kawasan Klaten.. apalagi naik angkutan umum, dalam setahun ini sama sekali tidak pernah.. sempat terpikir untuk bawa kendaraan sendiri ke Semarang tapi agenda memungkinkan akhir perjalanan di Yogya.. akhirnya coba kontak Joglosemar untuk memastikan ketersediaan kursi pada sore hari.. alhamdulillah masih tersedia beberapa seat, bisa dipesan sekalian, bisa juga go show.. nbsusanto pun memilih go show saja..

estimasi nbsusanto sampai di agen Joglosemar Yogya jam 3an dan memilih armada yang berangkat jam 4 atau 5 sore.. jadi masih ada waktu cadangan untuk sholat ashar dan jaga-jaga kalau harus cari penitipan motor.. perkiraan waktu perjalanan sekitar 3 jam sehingga mau tidak mau sholat maghrib dijamak agar sampai di sana tidak kemalaman.. alhamdulillah jam 3 lebih sedikit sampai di agen, beli tiket untuk jam 4 yang saat itu tinggal tersisa 2 kursi, lalu sholat ashar dan menunggu keberangkatan.. tarif layanan Joglosemar pada tahun 2021 di harga 85 ribu rupiah untuk armada Emerald, masih tidak jauh berbeda dengan 7 tahun lalu..  ternyata motor bisa dititipkan di Joglosemar dengan biaya 10 rb rupiah untuk 2 hari.. sangat memudahkan bagi pelaku perjalanan..

tentu saja nbsusanto penasaran, armada apa yang digunakan.. saat itu tersedia sebuah Hiace (Premio kah? nbsusanto tidak hafal) yang terlihat dipersiapkan untuk pemberangkatan.. kayake armadane mantep ini.. nbsusanto sempat tanyakan ke staf dan diinfokan nanti kalau shuttle siap berangkat akan diberitahu.. ditunggu hingga tepat jam 4 kok belum ada panggilan.. jam 4.10 akhirnya nbsusanto masuk ke shuttle Hiace tersebut dengan sebelumnya dicek temperatur dan tiket yang sudah dipegang.. setelah masuk, dibagikan kotak snack yang berisi air mineral kemasan gelas dan 1 buah roti.. ternyata penumpang hanya 4 orang saja.. setiap baris kursi hanya disediakan 1 nomor yang dapat dipesan.. sebagai protokol kesehatan, terdapat sekat plastik di antara pengemudi dan penumpang.. ohiya, Hiace milik Joglosemar ini telah dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang ditampilkan pada rear-vision mirror / spion dalam..

Joglosemar perlahan meninggalkan kantor cabang Yogya melalui Jalan Magelang.. jalanan khas sore yang lumayan ramai lancar ditempuh dengan mulus dengan sesekali manuver berpindah lajur untuk mendahului.. sopir cukup presisi mengemudikan Hiace yang peredamannya senyap.. hanya berhenti di beberapa agen untuk mengambil barang kiriman tanpa ada penambahan penumpang lagi.. jalur yang dilalui adalah Jalan Jogja-Semarang pada umumnya dengan melalui Jalan SoekarnoHatta di Magelang dan Lingkar Ambarawa.. lumayan terhambat karena jalanan yang padat di sekitar Jl Sugio Pranoto, Kabupaten Semarang.. bisa dimaklumi karena jalan naik turun dan terdapat banyak tikungan.. beberapa kali menyelip lewat kanan maupun kiri dan Hiace Joglosemar ini akhirnya sampai di Bawen untuk kemudian masuk tol Bawen-Semarang..

begitu masuk tol Bawen-Semarang, Hiace Joglosemar ini melaju cukup kencang di atas 100 km/jam sehingga waktu perjalanan pun cukup cepat.. sekitar jam 7 malam shuttle Joglosemar telah keluar dari gerbang Tol Banyumanik untuk kemudian berhenti di SPBU Srondol.. nbsusanto pun turun disitu karena titik poin pertemuan di sekitarnya.. sebenernya bisa di pool Jl Durian, tapi nampaknya jika tidak request maka mobil tidak berhenti kalau tidak ada catatan pengantaran penumpang maupun barang disana.. tepat 3 jam perjalanan Yogya menuju Semarang..

shuttle Joglosemar sebagai salah satu penyedia layanan transportasi di berbagai kota di Jawa Tengah dengan trayek paling familiar tentu saja Yogya-Semarang.. 85 ribu saja tinggal tidur dari pool Yogyakarta yang terletak di utara terminal Jombor dan bisa sampai di pool akhir Jl Pemuda Semarang.. tersedia setiap jam mulai jam 5 pagi hingga jam 9 malam dan armada dengan kondisi bagus, tidak salah jika Joglosemar menjadi favorit para pejalan Yogya-Semarang sampai kalau di akhir pekan tiketnya selalu ludes terjual.. apalagi tersedia penitipan kendaraan di dalam area pool sehingga kalau untuk keperluan beberapa hari juga sangat memudahkan pengguna yang butuh menggunakan kendaraan pribadi karena pool cukup jauh seperti nbsusanto misalnya.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

2 Komentar

    • bus patas AC saiki piro kang?
      beberapa tempat kayane ada agen juga.. diangkut shuttle.. sampeyan manggon nendi saiki kang?
      kepepete bawa motor saja titipke.. murah juga kok wkwkwk

monggo tanggapannya.....