Mau Indihome Bisa Digunakan Saat Listrik Mati? Pakai Baterai Saja!

assalamu’alaikum wr. wb..

work from home, school from home, everything from home.. semuanya tergantung dengan internet.. kendala paling ribet adalah saat listrik mati sementara itu butuh koneksi untuk ngezoom maupun hal lain yang lumayan membutuhkan banyak data.. nbsusanto sendiri menggunakan koneksi dari Indihome yang adaptor modemnya nyolok ke listrik 220V.. berhubung penasaran, nbsusanto pun cari info lebih lanjut.. ternyata Indihome tetap dapat digunakan saat listrik mati..

awalnya nbsusanto mikir bahwa koneksi dari sononya tergantung pasokan listrik.. jebul memang pemikiran jadul.. Indihome tetap menyediakan koneksi meskipun listrik mati, dengan syarat modem harus hidup.. opsinya ada 2, cari kabel konverter usb ke colokan modem sehingga dapat menggunakan powerbank atau membeli adaptor yang sudah termasuk baterai.. nbsusanto memilih yang kedua saja karena powerbank lebih baik digunakan sebagai cadangan untuk perangkat elektronik lain serta terdapat jeda koneksi karena harus colok powerbank saat listrik mati..

sementara itu adaptor include baterai memungkinkan penggunaan modem tanpa mengganggu pasokan baterai cadangan perangkat lain.. selain itu, tidak ada waktu jeda karena begitu listrik mati, baterai akan langsung bekerja membackup pasokan listrik ke modem.. secara sederhana ya seperti baterai laptop yang saat digunakan selalu dicolokkan pada soket listrik..

nah, oleh dasar itu nbsusanto pun mencari produk yang cocok dengan modem Indihome yang nbsusanto gunakan, yaitu ZTE F609 dengan input listrik 12V 1A.. sempat diskusi dengan juragan pertamax7 untuk memastikan bahwa spek listrik sesuai sehingga tidak merusak modem.. ada opsi kalau misalnya produk yang ketemu berbeda voltase, bisa diakali dengan memasang transistor seri tertentu agar sesuai dengan spek.. agak bingung, tapi berhubung tetangga rumah sering main elektronika, nbsusanto merasa aman kalau butuh bantuan pasang..

lalu nbsusanto cari di market place dan mendapatkan pilihan di harga 100 ribu rupiah.. awalnya sempat khawatir karena output adaptor 13,8V, ternyata setelah nbsusanto amati lagi, nilai tersebut yang masuk ke baterai, lalu output dari baterai di range voltase yang masih sesuai.. begitupun range arus, masih masuk juga.. klop dengan kebutuhan modem.. nbsusanto bayar saja..

begitu sampai langsung pasang karena ada info pemadaman bergilir.. baiklah.. harapan nbsusanto, setidaknya bisa back up selama sekitar 2 jam.. biasanya waktu zoom meeting memang segitu.. syukur kalau lebih..

ternyata menggunakan adaptor yang di dalamnya terdapat baterai untuk menyalakan modem indihome memang bisa diandalkan.. koneksi aman, modem pun aman.. untuk produk, banyak pilihannya, hanya saja jangan lupa sesuaikan spesifikasi listriknya.. sudah pakai lebih dari setengah tahun, baterai masih kuat untuk 2 jam lebih..

review tentang Indihome secara khusus? mungkin besok kalau ada waktu dan mood nulis ya.. 🤣

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

1 Trackback / Pingback

  1. Indihome Hampir Setahun, Ada Senengnya, Ada Sambatnya - kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.....