Review Iconnet, Internet Fiber Optic dari PLN

assalamu’alaikum wr. wb..

bulan Agustus 2021 lalu nbsusanto melihat ada box terpasang di beberapa tiang PLN di sekitar rumah.. bentuknya mirip dengan box closure di tiang Telkom.. penasaran apakah layanan Iconnet PLN bakalan masuk? di aplikasi PLN mobile terlihat belum tercover, tapi brosur layanan pun mulai tersebar.. wah tenan iki.. agak kaget malah pojokan Bantul dapat..

hal yang paling menarik bagi nbsusanto untuk menggunakan layanan internet dari Iconnet adalah harga yang ditawarkan.. bagaimana tidak, koneksi up to 20 Mbps harganya kurang dari 250 ribu rupiah dan itu sudah termasuk PPN.. memang hanya internet saja tanpa telpon dan TV, tapi memang hanya itu yang nbsusanto butuhkan.. jadi tidak mubazir..

nbsusanto lanjutkan untuk kontak ke nomor sales yang terdapat pada brosur dan diminta untuk mengisikan data diri sebagai kelengkapan pendaftaran.. meskipun diminta ID pelanggan listrik PLN, nama pelanggan layanan internet Iconnet tidak harus sama.. saat nbsusanto tanyakan proses survey, sales mengatakan bahwa akan dicek via aplikasi saja tanpa perlu datang..

beberapa hari berikutnya nbsusanto dichat untuk melakukan pembayaran Iconnet karena sudah diinput ke data calon pelanggan dan akan digunakan sebagai dasar bon material oleh sales.. sayangnya opsi pembayaran pertama saat itu terbatas hanya melalui virtual account Bank Mandiri atau Indomart/Alfamart.. bisa sih dari bank lain, tapi tentunya kena charge kan ya..

tak sampai seminggu, Iconnet telah dipasang oleh teknisi.. tarikan kabel ngikut tiang listrik, namun saat mendekati rumah nyantol tiang provider sebelah.. nah untuk modem yang terpasang adalah Huawei EG8141A5.. karena inputnya 12V 1A, nbsusanto pasangkan saja adaptor+baterai yang digunakan pada modem sebelumnya untuk mencoba dan jaga-jaga listrik mati..

nbsusanto pasang Iconnet 20 Mbps dan langsung speedtest cukup.. kecepatan mendekati klaim maksimal.. ngebut tenan.. baru ngeh juga kalau ternyata perbandingan download dan upload 1:1.. nbsusanto coba untuk download file serta upload video di youtube, jebul memang bener kenceng.. kecepatan di hp pun di 2,4 MBps yang kalau dijadikan Mbps mendekati 20 Mbps..

hanya saja bagi yang membutuhkan ping kecil, umumnya Iconnet masih di sekitar belasan ms belum bisa 1 digit.. nbsusanto sendiri bukan penghamba ping karena di game NFS No Limits sudah aman.. apalagi sekarang juga jarang ngegame dan lebih butuh kecepatan dan kestabilan internet untuk ngezoom serta download dan upload dokumen.. cukup banget..

namun saat itu belum genap sebulan, koneksi Iconnet nbsusanto sempat terputus.. indikator PON mati dan indikator LOS berkedip merah.. lapor ke area dan pusat, sampai 1×24 jam belum ada teknisi yang datang.. baru pas follow up ke sales dan teknisi dengan menyertakan nomor laporan, teknisi datang dan melakukan perbaikan.. cuma sebentar langsung bisa lagi..

selain itu, sempat terjadi kasus Iconnet tidak bisa konek internet.. indikator semua menyala normal.. namun saat nbsusanto jalankan pengecekan di modem, tertulis bahwa “DHCP dialup fails”.. nbsusanto lapor ke CS area, ternyata memang gangguan massal lokal wilayah sehingga diminta untuk menunggu saja.. alhamdulillah prosesnya lebih cepat dibanding sebelumnya..

*update Maret 2022 : kini WA CS area sudah tidak menerima pengaduan lagi, sehingga semua pengaduan layanan dan gangguan Iconnet PLN melalui WA 0811-1200-2123 yang sangat slow respons, telpon ke 150678 yang kadangkala harus menunggu lama karena semua CS baru menerima telpon, email cc.iconnet@iconpln.co.id yang antri berjam-jam untuk dibalas, IG @iconnet.iconplus yang butuh kuota data lebih banyak untuk menngaksesnya, serta webchat di https://iconnet.id/

*update Mei 2022 : gangguan massal area terjadi selama lebih dari 24 jam belum tertangani tanpa ada kejelasan kapan internet Iconnet dapat digunakan lagi dan apakah akan ada kompensasi mengingat harus membeli paket kuota data

menurut iklan, tidak ada FUP di Iconnet.. memang saat nbsusanto coba jor-joran speednya relatif stabil meskipun sudah entah berapa banyak data yang nbsusanto gunakan.. memang kadangkala speed download turun sampai kurang dari setengahnya, sementara upload relatif cukup bagus.. ya masih bisa dimaklumi lah meskipun kalau urgent tetep bikin misuh.. 🤣

nah saat tagihan bulanan tiba, metode pembayaran Iconnet ini masih terbatas.. hanya ada Mandiri VA, Alfamart, Indomart, LinkAja, Ovo, dan GoPay.. tidak tersedia pembayaran dengan virtual account bank lain.. belum ada pula pilihan pembayaran melalui market place.. itupun semua kena biaya layanan.. nbsusanto akhirnya terpaksa pakai LinkAja yang paling murah..

last, selama 3 bulan menggunakan layanan internet dari Iconnet dari PLN memang cukup puas meskipun kekurangannya tetap saja ada.. dari harga dan koneksi sudah mantap dan agar dipertahankan.. untuk customer service memang harus sangat ditingkatkan lagi layanannya, bahkan sebaiknya merambah media sosial Twitter.. sementara itu untuk metode pembayaran, akan lebih baik jika ditambahkan sehingga memudahkan pengguna..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

4 Komentar

    • masih cukup aman.. beberapa hari lalu sempat ada gangguan massal di wilayah sy sehingga internet down berjam-jam.. saat sy kontak saudara yg di ujung dusun, iconnet dia normal..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*