Kembali ke Masjid Agung Jawa Tengah Setelah 9 Tahun

assalamu’alaikum wr. wb..

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu bangunan ikonik di Kota Semarang.. diresmikan pada tahun 2006, bangunan ini bisa menjadi salah satu destinasi di ibukota Jawa Tengah.. cocok untuk sholat serta melepas penat dalam perjalanan sembari menikmati kemegahannya..

nbsusanto pernah ke Masjid Agung Jawa Tengah pada Ramadhan 1433H atau tahun 2012 masehi.. kala itu perjalanan motoran dengan teman-teman untuk ngrasakne mudik.. setelah 9 tahun berlalu, kesempatan untuk mampir ke MAJT pun datang bersama dengan keluarga..

dalam perjalanan silaturahmi keluarga, kami mencoba keliling mencari kuliner yang khas di Semarang, lanjut sholat dzuhur dulu, baru meninggalkan Kota Semarang dan kembali ke Bantul.. sebenernya pengen menjelajah lebih jauh, di antaranya ke Kota Tua yang foto malam harinya syahdu, maupun ke Sam Poo Kong.. berhubung pandemi dan banyak tempat yang tidak memungkinkan untuk diakses secara bebas, kami memutuskan ke MAJT saja..

memasuki kawasan MAJT dari pintu gerbang di sisi selatan, kami parkir di basement.. berhubung bukan tanggal merah serta bukan hari jumat, parkiran cukup sepi.. namun saat akan masuk ke menara, kami hanya diberi waktu 15 menit saja kecuali kalau mau menunggu setelah jam 1 baru bisa leluasa.. ya sudah di halaman saja..

 

di pojok tenggara MAJT terdapat sebuah bedug berukuran besar dan di timur MAJT terlihat sebuah replika ka’bah.. nbsusanto tidak sempat memfotonya karena sambil momong dek AL yang penasaran dengan kedua hal tersebut.. lumayan leluasa mengamati dari berbagai sisi..

adzan dzuhur pun terdengar.. kami sholat di lantai 3 Masjid Agung Jawa Tengah.. ternyata disana terdapat sebuah bedug bernama Bedug Ijo Mangunsari dan sebuah mushaf Al Quran berukuran besar dari UNSIQ Wonosobo.. lumayan menjadi obyek yang ditunjukkan pada dek AL sambil bergantian sholat..

ba’da dzuhur kami meninggalkan MAJT.. memang tidak banyak dokumentasi yang nbsusanto dapatkan, termasuk di area payung Masjid Agung Jawa Tengah yang saat itu pada kondisi terlipat.. namun setidaknya cukup berkesan bagi kami, khususnya dek AL.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*