All New Toyota Avanza, Wujud Berubah Total, Kok FWD?

assalamu’alaikum wr. wb..

gambar All New Toyota Avanza 2022 sudah berseliweran di internet.. ya, penyegaran terbaru untuk sebuah nama yang sudah malang melintang di jalan Indonesia sejak hampir 20 tahun lalu.. kali ini, perubahan cukup signifikan dari sisi bodi, fitur, dan bahkan sistem penggerak pun berubah..

Bodi Berubah Signifikan..

mengenai perubahan pada bodi memang paling bikin pangling.. di generasi sebelumnya, garis desain masih sejalan dengan awal meluncur.. kini cenderung terdapat lekukan seperti mobil masa kini.. jika mengingat kembali Toyota Rush dan Toyota Raize memang tidak mengherankan jika All New Toyota Avanza 2022 memiliki desain seperti ini..

Mesin Masih Tetap 1NR-VE dan 2NR-VE..

untuk mesin, All New Toyota Avanza 2022 masih menggunakan mesin lama, yaitu  1300 cc kode 1NR-VE dan 1500 cc kode 2NR-VE.. tersedia transmisi manual untuk 1300 cc dan 1500 cc, sementara itu transmisi matic dengan Continous Variable Transmission (CVT) hanya ada pada varian 1500 cc.. hal baru mengingat matic sebelumnya selalu torque converter konvensional..

Fitur Melimpah..

beralih ke sisi fitur, All New Toyota Avanza 2022 memang bukan lagi mobil dengan fitur seadanya.. head unit 7 inch, tilt and telescopic steer, vehicle control, hingga hill start assist sudah tersedia di seri terendah, yaitu tipe E dengan transmisi manual..

bahkan di seri tertinggi yaitu CVT TSS, mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup mentereng, di antaranya :

  • Lane Departure Assist: memberi tahu saat mobil tidak sesuai dengan jalur untuk menghindari berpindah jalur
  • Pedal Misoperation Control: mengontrol saat pengemudi tidak sengaja menginjak pedal gas untuk mencegah tabrakan
  • Front Departure Alert: memperingatkan pengemudi dengan suara saat kendaraan bergerak di lampu merah
  • Pre-Collision System: membantu mengurangi kemungkinan tabrakan dengan mobil lain menggunakan sistem radar
  • Rear Crossing Traffic Alert: memberitahu jika ada kemungkinan tabrakan saat mobil mundur
  • Blind Sport Monitoring: indikator di bagian spion untuk memberitahu jika ada kendaraan lain di area blind spot

perubahan yang cukup drastis bukan? masuk akal mengingat persaingan di segmen LMPV semakin ketat dengan masing-masing pabrikan terus berbenah hingga perbedaannya tidak terlalu signifikan.. bahkan Toyota pun mengubah 1 hal mendasar yang sudah menjadi ciri khas Avanza di varian terbarunya.. ya, letak penggerak tidak lagi di roda belakang..

All New Toyota Avanza 2022 menjadi FWD!

ya tidak salah lagi, Avanza terbaru telah menanggalkan ciri khas berpenggerak roda belakang alias RWD yang bertahan belasan tahun dan kini menggunakan penggerak roda depan seperti LMPV pada umumnya.. memang menjadi perhatian dan menarik untuk didiskusikan..

selama ini penggerak roda belakang dianggap menjadi kelebihan Toyota Avanza, utamanya pada jalanan yang menanjak.. menjadi bahan jualan para sales dan fansboy bahwa ini lho RWD tak perlu khawatir stop and go di tanjakan.. lalu ke depan, apa kata sales All New Toyota Avanza dan fansboy yang selama ini mendewakan RWD jika ditanya oleh umum terkait “kelebihan” yang dihilangkan?

tak bisa dipungkiri, FWD dikenal lebih irit bahan bakar karena tidak ada tenaga yang terbuang untuk perputaran gardan yang terjadi pada mobil RWD.. apalagi jika memang penggunaannya adalah untuk kota-kota, melalui tol, serta jalan-jalan yang memang semakin kesini semakin diperbagus..

kalau disuruh memilih untuk harian, nbsusanto pun condong ke mobil FWD meskipun armada di rumah adanya ya RWD.. efisiensi bahan bakar masih menjadi pertimbangan utama nbsusanto..

hanya saja, untuk daerah-daerah yang jalannya cenderung kurang memenuhi standar, entah perkerasan maupun geometrinya, mobil RWD memang masih menjadi pilihan yang lebih menarik.. apalagi mengingat varian lawas Avanza dikenal “wantek” dan tidak jarang dibawa ke sawah atau kebon..

Apakah RWD benar-benar tidak ada di All New Toyota Avanza 2022?

kalau menggunakan nama dan wujud barunya, ya, All New Toyota Avanza 2022 semuanya FWD.. namun bagi yang masih menginginkan RWD di bawah 300 juta, masih ada Toyota Rush dan Toyota Avanza Transmover.. hanya saja, itu Avanza generasi sebelumnya yang umum digunakan untuk armada taxi dengan fitur seadanya..

jika memang tujuannya memang untuk menjadi kendaraan “perang”, memang tidak ada masalah untuk memilih Avanza Transmover.. cuma ya itu, jangan berharap bentuk dan fitur baru.. atau mungkin ke depannya Toyota akan menyiapkan update untuk Avanza Transmover? kita lihat saja nanti..

Kesimpulan..

All New Toyota Avanza 2022 memang menjadi bukti bahwa Toyota banyak berbenah serius menggarap pasar LMPV.. kini Avanza memiliki fitur yang berani bersaing dengan kompetitor dan tidak hanya mengandalkan nama besarnya saja.. harga yang ditawarkan pun masih bersaing..

mengenai kualitas komponen nbsusanto sendiri belum bisa berkomentar.. namun apabila memang komponennya juga bagus, calon konsumenlah yang diuntungkan.. tinggal lebih suka mobil apa dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang tidak berbeda signifikan..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*