Review Realme 8 Pro, Layarnya Bening Kameranya Mantep

 assalamu’alaikum wr. wb..

dimulai dari sambatnya dek bojo tentang Samsung Galaxy A6 2018nya yang selalu muncul notifikasi memori hampir habis, nbsusanto pun menelusuri file yang memenuhinya.. cache aplikasi dan whatsapp pun dibersihkan.. namun dalam beberapa hari, notif muncul lagi.. mau tidak mau, kami pun mulai mencari hp lain untuk menjadi cadangan..

Masa Pencarian HP yang Pas

syaratnya adalah kamera bagus, bentuk menarik, memori besar, harga di kisaran 3-4 juta.. dek bojo melihat review di youtube, sementara nbsusanto lebih suka baca tulisan serta komparasi hasil foto ala GSM Arena.. pilihan mengerucut ke Realme 8 Pro, Mi 11 Lite, dan Redmi 10 Pro..

dari berbagai ulasan yang sempat disimak, kami mantap menjatuhkan pilihan pada Realme 8 Pro warna kuning.. pertimbangannya adalah banyak review yang mengakui hasil kameranya bagus, memori internal yang memang besar, serta unit masih ada meskipun sudah agak susah mencari yang di bawah harga 3,9 juta..

Unboxing

pesanan pun sampai.. seperti dalam video unboxingnya, isi dari paket penjualan tidak jauh berbeda dari hp-hp yang lain.. hp Realme 8 Pro, charger SuperDart 65 watt, kabel data USB tipe C, silicon case, kartu garansi, petunjuk singkat, sim ejector, serta screen protector yang telah terpasang pada hp..

Kesan Pertama

dimensi hp masa kini memang rata-rata lebih dari 6″.. yang membedakan adalah tebalnya, dimana Realme 8 Pro lebih tipis jika dibandingkan dengan Poco X3. kamera berjumlah 4 buah di pojok kiri atas dan tulisan DARE TO LEAP memanjang dari bawah ke atas di sisi kanan.. tombol volume dan power semua di sebelah kanan, usb tipe C di bawah, dan fingerprint di layar Super AMOLEDnya..

yang jelas, layar 6,4″ dengan resolusi 1080×2400 pada Realme 8 Pro ini memang bening banget.. apalagi pada dark mode, hitamnya terlihat sangat pekat.. di bawah sinar matahari pun tetap jelas.. untuk sistem operasi, hp ini dibekali dengan realme UI v2.0 dan ColorOS V11.. tidak terlalu membingungkan meskipun tetap butuh penyesuaian..

Benchmarking

Realme 8 Pro ini disenjatai dengan chipset Snapdragon 720G, internal 128 GB UFS 2.1, RAM 8 GB, GPU Adreno 618.. sepintas speknya sama dengan Realme 6 Pro yang nbsusanto review tahun lalu.. bedanya adalah baterai yang kini 4500 mAh dan bawaannya sudah Android 11.. software benchmark yang nbsusanto gunakan pun tetap Antutu 9.0.9 dan GeekBench v5 seperti di hp-hp sebelumnya..

pengujian Antutu pada Realme 8 Pro menghasilkan nilai 348 ribu.. agak mengagetkan memang karena lebih tinggi dibandingkan sang kakak dan yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 732G.. entah faktor apa.. kalau Geekbench v5 menghasilkan nilai single core 568, multicore 1676, serta openCL 1236.. tidak jauh berbeda dengan sang kakak maupun chipset 732G..

Kamera

meskipun hp ini membawa jualan kamera resolusi 108 MP, resolusi kamera untuk penggunaan normal adalah 12 MP yang seharusnya sudah sangat cukup untuk dokumentasi harian.. karena penasaran, nbsusanto pun mengambil beberapa foto yang sekiranya bisa memberi gambaran seperti apa kameranya di mata nbsusanto..

hasil kamera Realme 8 Pro Indoor

pada pemotretan indoor dengan cahaya yang tidak terlalu banyak, gambar yang dihasilkan oleh Realme 8 Pro lumayan oke dengan ISO yang agak tinggi.. noise terlihat namun menurut nbsusanto cukup dimaklumi karena pilihan untuk membuat terang adalah naik ISO, perbesar bukaan, atau perlambat shutterspeed..

hasil kamera Realme 8 Pro outdoor - AI on - sunset scene

esoknya kebetulan riding saat sunset, nbsusanto aktifkan fitur AI pada Realme 8 Pro dan langsung dideteksi scene sunset.. hasilnya lebih terang jika dibandingkan dengan AI hp nbsusanto.. ketika AI dimatikan, baru terangnya setara.. nah saat dizoom cukup menyenangkan dimana detail tidak hilang karena efek smoothingnya cukup minimal.. efeknya ya memang noise terlihat meskipun masih termaafkan..

hasil kamera Realme 8 Pro night mode on

malamnya nbsusanto penasaran seperti apa hasil fotonya.. dengan mode auto, hasil kameranya gelap dan agak kekuningan.. kemudian nbsusanto pindahkan ke mode malam secara manual.. hasilnya menjadi lebih terang dan tetap cenderung warm dibandingkan hp nbsusanto.. entah kalau menggunakan mode pro dimana pengaturan diatur semua manual akan seperti apa..

Baterai

di kelas harganya memang Realme 8 Pro ini kapasitas baterainya bukanlah yang terbesar.. meski begitu, untuk pemakaian standar masih cukup untuk dipakai seharian.. bahkan jika dipakai seperlunya bisa bertahan lebih dari 24 jam meskipun selalu terkoneksi dengan jaringan wifi dan digunakan untuk telegram dan instagram..

kalau yang dibicarakan adalah kecepatan charger, Realme 8 Pro telah dibekali dengan SuperDart charger yang mampu mengisi hingga 50 watt meski kepala charger support 65 watt.. asalkan listrik normal dan tidak sambil digunakan, dalam waktu sejam juga sudah penuh..

Kesimpulan

tidak salah memang jika Realme 8 Pro ini menjadi salah satu hp yang direkomendasikan untuk mereka yang mencari hp berkamera bagus dengan harga kurang dari 4 juta rupiah.. hasilnya memuaskan dan sangat cukup untuk dokumentasi harian.. layarnya uapik tenan.. charging pun sangat cepat dengan SuperDart chargernya..

meskipun begitu, jelas kekurangannya tetap ada.. baterai kapasitasnya tidak sebesar kompetitor di harganya.. belum support jaringan 5G.. selain itu harus selalu berhati-hati membawa hp ini dalam saku ataupun tas karena kamera belakangnya yang menonjol rawan terbaret benda lain..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

3 Komentar

  1. Backup chat wa iku mas bud sing nyebai.
    Tiap hari ngelakuin backup secara otomatis, dan nyimpen chat backup s/d 7 hari. 1 file backup bisa 1gb wkwk. Jadi bisa makan hampir 7 gb buat backup chat. Ga bisa diconfigure lagi, haadeeh2.

    Cuman entah kenapa, emang android itu suka cepet penuh sendiri lama2 memorinya.

    • betul nov kudu dicek manual wkwkwkw.. nek gak dicek reti reti kebak..
      buset 1 GB ki chat opo waee.. gonkku 400 MB per hari we wis buoros nemen wkwkw..
      menurutku sih aplikasi sekarang ukurane semakin gedhe, tapi kurang efisien juga..
      tapi piye meneh, biar bisa berjalan optimal di semua perangkat cen tidak memungkinkan pemrogramane simpel to wkwkkw

  2. mengatasi kamera nonjol bisa menggunakan casing yang ada penutup kameranya. versi murah maupun mahal ada kalau di market place. entah kalau di konter pinggir jalan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*