Realme 6 Pro, hp 3 jutaan dengan desain apik dan kamera 64 MP

assalamu’alaikum wr. wb..

dalam beberapa tahun terakhir, smartphone yang menawarkan kamera yang “wah” semakin menjamur saja.. memang berjualan megapixel masih tetap terjadi, namun penyematan fitur pada kamera pun sudah cukup baik.. salah satu hp yang menarik perhatian adalah Realme 6 Pro.. kebetulan sodara ada yang punya sehingga nbsusanto sempat mencoba untuk selanjutnya nbsusanto review di tulisan ini..

nbsusanto bilang ke saudara untuk mengeluarkan boks kemasannya karena penasaran apa aja isi dari paket pembelian Realme 6 Pro.. sepintas mirip dengan paket penjualan hp nbsusanto.. box berisi hp, softcase, charger, kartu garansi, petunjuk singkat, serta sim ejector.. tipe kabel usb adalah USB tipe C.. adaptor charger Realme 6 Pro mempunyai kapasitas charging mencapai 30W yang diklaim mampu mengisi penuh baterai 4300 mAh nya dalam waktu 60 menit saja.. sayangnya di versi lokal Realme 6 Pro ini belum dibekali NFC yang kini nampaknya semakin banyak digunakan mengingat pembayaran menggunakan uang digital semakin menjamur saja..

Kesan Pertama

pada sisi depan, layar memenuhi hampir seluruh tampang depan Realme 6 Pro yang telah dilengkapi dengan Gorilla Glass 5.. lalu peletakan kamera depan di pojok kiri atas sehingga bagian tengah terlihat bersih.. ya konsekuensinya ada bagian pojokan agak luas yang dikorbankan karena kamera depan hp ini ada 2 buah.. fingerprint terletak di tombol power yang berada di sisi kanan hp.. memudahkan untuk buka kunci tanpa harus memencet tombol.. sementara itu tombol pengatur volume terletak di sebelah kiri..

ketika dibalik, tampak 4 buah kamera berada pada 1 kolom di pojok kiri atas.. sementara itu flash terletak di sebelahnya.. bahan di bagian belakangnya merupakan kaca berteknologi Gorilla Glass 5.. secara umum, Realme 6 Pro memiliki desain belakang yang lumayan menarik, meskipun di bagian kamera terkesan cukup panjang dan menonjol.. solusi untuk memastikan kamera terlindungi adalah pasang softcase.. kalau masih kurang yakin dengan softcase bawaan, produk dari pihak ketiga dapat menjadi pilihan..

Benchmark

aplikasi benchmark yang nbsusanto gunakan adalah Antutu V9.0.9 yang apk nya sudah nbsusanto simpan di hp sehingga kalaupun nanti coba hp lain, versi yang digunakan setara.. selain itu ada pula aplikasi Geekbench hasil download dari PlayStore karena entah kenapa tidak bisa extract apk..

hasilnya, Realme 6 Pro versi RAM 8/128 mendapatkan nilai total Antutu sebesar 330 ribuan.. sementara itu dari Geekbench didapat angka 574 (single core), 1768 (multi core), dan 1244 (openCL).. berdasarkan rangking, chipset Qualcomm Snapdragon 720G dan GPU Adreno 618 yang disematkan padanya mampu membawanya berada di antara hp lain dengan chipset Qualcomm Snapdragon 732G.. namun ini berdasarkan rangking di aplikasi.. nanti kalau nbsusanto memegang hp dengan chipset lain juga rencananya dites dengan versi aplikasi yang sama..

Kamera

beralih ke kamera.. nbsusanto mengetes kemampuan kamera utama belakang  16 MP, kamera belakang 64 MP serta kamera depan.. berikut hasil masing-masing kamera..

kamera utama 16 MP
kamera 64 MP

hasil dari kamera belakang Realme 6 Pro menurut nbsusanto sudah lebih dari cukup untuk dokumentasi pribadi dan keperluan medsos.. apalagi di tangan yang handal, mesti bisa lebih optimal lagi.. memang kemampuan koreksi kamera hp masa kini luar biasa.. hasil kamera hp ini cenderung cerah dengan warna yang cukup kaya serta saturasi condong agak kekuningan.. mantep karena bagian gelap pun terangkat.. namun pada bagian seperti bayangan dedaunan menjadi terlalu terang sehingga pada bagian tersebut kurang natural..

kamera depan wide

sementara itu adanya lensa wide pada kamera depan memungkinkan selfie/swafoto dengan obyek yang lebar tanpa harus menjauhkan hp dari badan.. untuk warna dan kecerahan nbsusanto rasa sudah cukup karena memang belum eksplorasi lebih lanjut.. filter beautification? tentu saja ada..

Kesimpulan

Realme 6 Pro.. di harga 3 jutaan memang chipset yang umum dipakai adalah SD720G, SD732G, MTK G95, MTK P95, serta berbagai chipset lain yang bisa dikatakan performanya tidak jauh berbeda dengan kelebihan masing-masing.. secara benchmark, hp di kisaran segitu juga rankingnya tidak berjauhan.. tinggal dimana kelebihan fitur kamera maupun desain dan konektivitas.. satu hal yang selalu nbsusanto tekankan, besaran megapixel bukan penentu kualitas kamera.. masih banyak aspek yang lain.. kapasitas baterai 4300 mAh bagi sebagian orang sudah cukup, namun bagi yang lainnya mungkin butuh yang lebih besar lagi.. bagi nbsusanto, Realme 6 Pro ini bisa dijadikan pilihan karena kameranya sudah cukup bagus, konektivitas beragam, dan ketebalan yang tidak mencolok..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....