Lebih Dekat dengan All New Honda Scoopy 2022

assalamu’alaikum wr. wb..

Honda Scoopy merupakan salah satu matic dengan populasi cukup banyak di Indonesia.. generasi ke-5 nya telah rilis pada tahun 2020 lalu, sekitar 6 bulan setelah si Cupi gen minion menjadi anggota baru garasi.. namun baru kali ini nbsusanto berkesempatan untuk mengamati detail All New Honda Scoopy saat Ardiantoyugo mengajak adu drag dengan Yamaha Fazzio..

tampak dari samping, Honda Scoopy generasi 5 memang mirip dengan Scoopy generasi 4 minion.. hal yang paling membuatnya terlihat berbeda adalah velg, kini menggunakan velg 12″ palang 10.. knalpot tidak lagi hitam untuk varian stylish, melainkan ada sentuhan silver seperti generasi 3.. ukuran ban masih sama, yaitu 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang..

beralih ke sisi sebaliknya.. lagi-lagi ada pewarnaan silver yang membedakan dengan generasi sebelumnya yang full hitam, yaitu pada cover CVT, meski versi Sporty tetap hitam.. jika diamati, sudut tekukan footstep boncenger pun berbeda.. selain itu, kini Scoopy tidak lagi dibekali kick starter.. rem depan cakram dengan piston tunggal dan belakang tromol..

pada bagian depan barulah terlihat perbedaan jelas antara All New Honda Scoopy dengan generasi 4.. kini lampu sein terpisah dari lampu utama seperti pada generasi 2 dan 3.. kalau untuk lampu utama masih menggunakan LED dan projector seperti sebelumnya.. oya, beberapa orang berpendapat bahwa bentuk sein seperti munthu..

beralih ke bagian belakang.. bagian belakang yang tadinya imut-imut dengan sein menempel di lampu belakang, kini menjadi lampu belakang bulat dengan sein yang juga terpisah.. menambah kesan bulat dari All New Honda Scoopy secara keseluruhan.. malah di bagian ini sering disebut cobek munthu.. 😅

beralih ke bagian stang dan sekitarnya.. peletakan tombol masih sama dengan sebelumnya.. kini All New Honda Scoopy varian tertinggi telah dilengkapi dengan switch keyless sehingga tidak perlu lagi mencolokkan anak kunci.. kemudian, pada bagian rak konsol telah dilengkapi dengan colokan usb sehingga tidak perlu beli lighter.. oya, konsol boxnya cukup untuk hp 6,7″ lho..

speedometer Honda Scoopy gen 5 telah dilengkapi dengan MID, tidak seperti gen 4 yang hanya terdiri dari odometer dan fuel meter saja.. yang tertampil pada MID di antaranya adalah jam, fuel meter, odometer, tripmeter, konsumsi BBM sesaat, dan konsumsi BBM rata-rata.. penggantian tampilan dilakukan dengan memencet tombol.. warna chromenya mencolok ya..

beralih ke bagian di bawah jok.. Honda Scoopy 2022 dilengkapi dengan bagasi berkapasitas 15,4 liter yang memungkinkan berbagai barang masuk, di antaranya adalah helm bawaan.. sudah cukup besar meskipun bukan yang terbesar.. sementara itu, kapasitas tangki bensin kini sebesar 4,2 liter, lebih besar dari gen sebelumnya yang 4 liter saja..

All New Honda Scoopy 2022.. memang motor ini masih mengandalkan desain seperti sebelumnya meskipun terdapat beberapa ubahan yang terlihat.. yang cukup berubah adalah bagian mesin yang lebih overstroke jika dibandingkan sebelumnya.. tentang review bagaimana menggunakan motor ini akan nbsusanto tuliskan pada artikel selanjutnya..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*