Review All New Honda Scoopy 2022, Tidak Segalak Gen Minion

assalamu’alaikum wr. wb..

pada hari yang sama dengan adu drag Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy, nbsusanto memang sempat riding dengan All New Honda Scoopy 2022 tidak hanya di lintasan.. sempat melintas jalan antar kota serta jalan pedesaan.. dari pengalaman tersebut, nbsusanto coba tuliskan review dalam artikel ini..

Riding Position dan Kenyamanan

riding position All New Honda Scoopy 2022 ini tidak jauh berbeda dengan Honda Scoopy gen 4 minion.. memang posisi stang motor ini tidak tinggi sehingga riding position hingga 170 cm masih aman.. tapi bagi yang berbadan tinggi besar memang seperti beruang sirkus naik scoopy karena dengkul bisa setinggi stang kemudi.. selain itu, untuk perjalanan jauh memang masih lebih antep gen vario..

saat melaju di jalanan yang bergelombang, All New Honda Scoopy 2022 ini pun masih cukup nyaman dengan suspensi depan dan belakang yang lumayan empuk.. tidak ada getaran berlebih akibat jalan yang tidak rata tersebut.. handling saat di jalanan halus dan berbelok pun lumayan stabil dan nurut.. lalu jok masih oke untuk perjalanan harian normal..

Impresi Mesin

tentang review mesin All New Honda Scoopy 2022, nbsusanto sudah mencoba untuk menggebernya meskipun pada kilometer yang masih rendah.. ya, motor ini yang digunakan untuk adu drag Honda Scoopy vs Yamaha Fazzio bersama dengan ardiantoyugo dan sutoro.. memang belum melintas jalan tanjakan ekstreme, tapi untuk penggunaan normal bisa memberi gambaran..

mesin All New Honda Scoopy 2022 ini memiliki kapasitas mesin 110 cc dengan tenaga puncak 8,85 hp @7500 rpm dan torsi maksimal 9,3 NM @5500 rpm.. malah turun dibandingkan generasi sebelumnya meskipun masih bermain di kubikasi yang sama.. berdasar spesifikasi, konfigurasi Honda Scoopy terbaru ini lebih overstroke.. biasanya untuk mengejar tarikan awal..

berdasarkan review di lapangan, akselerasinya memang tidak lagi seganas Scoopy gen 4.. saat digas, terasa sekali ada lag saat akselerasi yang cukup membuat gemes.. diskusi dengan beberapa orang dan hasilnya pun sama.. memang ada tenaga yang masih tersimpan di rpm menengah ke atas, tapi kalau momen awal sudah hilang jadi rasanya kurang antep.. sayang sekali padahal ISSnya cukup responsif..

motor matic membutuhkan rem yang optimal karena engine brakenya minim.. pada Honda Scoopy ini, rem yang digunakannya standar saja dan tidak ada yang istimewa.. lebih baik tidak digunakan untuk ngerem mendadak.. pada kondisi optimal, sistem CBS membantu distribusi pengereman bagi mereka yang terlalu terbiasa menggunakan rem belakang.. nbsusanto sendiri sudah biasa dominan menggunakan rem depan..

Konsumsi BBM

nbsusanto belum melakukan pengetesan dengan metode full to full sehingga belum bisa bicara banyak.. dari MID sendiri saat indikator ECO menyala, konsumsi BBM sesaat katanya tembus 60 km per liter, sama dengan Scoopy minion.. namun ketika tiba-tiba disentak karena adanya jeda saat ditarik gas normal, konsumsi BBM langsung turun hingga tidak sampai 50 km per liter..

nbsusanto penasaran dengan konsumsi BBM real ala nbsusanto karena katanya ada beberapa improvisasi untuk efisiensi.. apalagi memang ada tenaga yang dicekik, lalu bisa seirit apa? sepertinya ardiantoyugo sudah melakukan metode itu dan sepertinya hasil pengujian dan review konsumsi BBM All New Honda Scoopy 2022 ini cukup mengagetkan.. entah artikelnya rilis belum.. 😅

Kesimpulan Review Honda All New Scoopy 2022

berdasarkan apa yang nbsusanto rasakan bersama Honda Scoopy 2022, motor ini memang tidak lagi sama dengan gen sebelumnya.. secara fitur memang cukup meningkat dengan adanya MID serta usb charger.. hanya saja mesinnya ada lag yang mungkin bagi sebagian orang membuat tidak nyaman, meskipun bisa dimodif.. dengan harga sudah menembus 21 juta, Scoopy masih jadi idola mereka yang cari matic retro dengan headlamp di body..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*