Alternatif Jalur Mudik Jakarta – Yogya via Jalan Lintas Selatan yang Mulus

assalamu’alaikum wr. wb..

menjelang lebaran idul fitri, biasanya jalan-jalan utama akan menjadi lumayan padat.. apalagi jalan menuju Yogyakarta dari arah barat pada hari-hari terakhir di bulan ramadhan.. oleh karena itu, memang perlu memahami jalur mudik alternatif nyaman demi menghindari kemacetan..

syarat menjadi jalur alternatif mudik yang nyaman adalah jalannya memungkinkan untuk dilalui.. terdapat SPBU setiap jarak 25-50 km, dimana jarak pada indikator terbawah tangki bensin kendaraan.. terdapat rest area / warung makan pada rentang jarak tidak terlalu jauh.. syukur jalannya mulus dan lebar..

untuk jalur mudik Jakarta – Yogya, Jalan Lintas Selatan lah solusinya.. jalan ini merupakan jalan yang letaknya mepet pantai selatan, ya seperti jalur pantura itu.. sebagian ruas di jalan ini merupakan Jalan Daendels selatan yang ditingkatkan, sebagian adalah jalan baru..

Alternatif Menuju Jalan Lintas Selatan via Cirebon
Kelebihan Jalur Alternatif Jakarta – Yogya via Jalan Lintas Selatan

kenapa nbsusanto merekomendasikan jalan ini sebagai jalur mudik Jakarta – Yogya? jawabannya adalah kondisi jalan yang baik, meskipun beberapa titik terdapat kerusakan, rest area melimpah dengan berbagai pilihan kuliner, dan jumlah SPBU yang tidak perlu dikhawatirkan.. memang pada kondisi lengang tidak secepat melalui Tol Semarang.. tapi saat tol padat, kenapa tidak?

memang jalan ini belum seutuhnya membentang dari Sukabumi – Cilacap – Yogyakarta.. jadi jalan yang ditempuh di awal dapat melalui Cirebon / Tol Cipali dan keluar di Pejagan yang dilanjut menggunakan jalan Brebes – Banyumas menuju Sempor, Kebumen.. opsi lain dapat melalui Bandung / Tol Cipularang, kemudian melalui Tasikmalaya hingga Sempor, Kebumen..

Alternatif Menuju Jalan Lintas Selatan via Bandung

sudah nbsusanto buktikan, dari kawasan Puring (Kebumen) yang dapat dicapai melalui kawasan Sempor, Kebumen di jalur utama ataupun jalan dekat Pantai Menganti, menuju sisi selatan Purworejo menghindari kota, dan sampai Jembatan Bogowonto batas Jateng – DIY.. secara umum lalu lintasnya cukup sepi dari kedua arah dan minim lampu merah..

umumnya, pemudik dapat kembali masuk di jalan utama setelah perbatasan Jawa Tengah – DIY yang tembus sebelah barat Bandara YIA.. nanti di kawasan Toyan, sebelum kota Wates dapat menuju Yogyakarta melalui Jalan Yogya – Wates atau memilih lurus ke timur menuju Yogya melalui Srandakan Bantul..

Underpass YIA Bagian dari Alternatif Jalur Mudik Jakarta – Yogya via Jalan Lintas Selatan

selain itu, terdapat opsi lain yaitu lurus saja melalui Underpass Bandara YIA kemudian melalui Jembatan Srandakan 2 menuju Bantul.. sebenernya ada jalan di pantai selatan Yogya yang rencananya juga bakalan tembus ke Jawa Timur.. hanya saja jembatan Jalan Lintas Selatan yang menghubungkan Kulon Progo dengan Bantul (Jembatan Srandakan 3) serta jalan/jembatan penghubung Gunungkidul dan Bantul (Kelok 18) belum dibangun.. baru Jembatan Kretek 2 yang sedang proses dibangun..

Kekurangan Jalur Alternatif Jakarta – Yogya via Jalan Lintas Selatan

namun, Jalan Lintas Selatan sebagai alternatif jalur mudik Jakarta – Yogya juga memiliki kekurangan.. jalan akses menuju JLS di sisi barat melalui Pantai Menganti maupun Petanahan kondisinya rusak sehingga perlu berhati-hati apabila kendaraannya rendah.. opsi yang bisa diambil adalah melalui Sempor – Kuwarasan (Pasar Puring), melalui kota Kebumen ke selatan (Pasar Bocor), atau Stasiun Kutoarjo ke selatan..

Balap liar di Jalan Lintas Selatan Kebumen

Jalan Lintas Selatan ini pun minim penerangan sehingga beberapa teman menyarankan kalau larut malam bawa motor lebih baik lewat jalan utama, kalau mobil jam berapapun silakan.. pengguna jalan juga wajib ekstra hati-hati karena jalan yang berlubang cukup banyak setelah perbatasan Jateng-DIY hingga kawasan Jembatan Srandakan..

selain itu, patut waspada dengan balapan liar yang berpotensi terjadi di wilayah Buluspesantren (Kebumen) maupun di titik-titik lain karena nbsusanto pernah melintas jam 6.43 an jalannya ditutup sebentar oleh para pelaku balap liar..

Sunrise di Jalan Lintas Selatan Purworejo

apalagi ya? sepertinya itu gambaran umum dan peta tentang alternatif jalur mudik Jakarta-Yogya melalui jalan lintas selatan dari Kebumen hingga masuk DIY.. kalau ada masukan dan pengalaman dari pembaca, monggo.. 😁

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 979 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

1 Trackback / Pingback

  1. jalur mudik yogya-jakarta, lebih enak lewat jalur selatan! - kankkunk - blognya nbsusanto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*