Pantai Menganti, Eksotisme Gunung Api Purba di Kebumen

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah mampir di Pantai Karangbolong dan Pantai Lampon, nbsusanto pun melanjutkan perjalanan ke barat.. tujuan utama dari satmori (Saturday Morning Riding) bersama Ziyo (Yamaha Fazzio) adalah suatu pantai yang cukup fenomenal selain karena keindahannya juga jalan aksesnya..

ya Pantai Menganti.. masih menjadi bagian dari Geopark Karangbolong Karangsambung.. berdasar informasi, dulu merupakan sebuah gunung api purba.. sempat agak kaget dengan HTM yang mencapai Rp 17.500 meski kemudian sadar bahwa ini wisata yang telah terkenal dan nampak dikelola dengan baik..

begitu masuk bingung parkir dimana.. ternyata di sisi barat adalah parkiran mobil, sementara motor dipersilakan naik lagi.. tersedia ojek bagi para pengguna mobil yang tidak berminat jalan kaki.. ada semacam shuttle dengan pickup, tapi nbsusanto tidak mengetahui apakah melayani dari bawah atau dari terminal..

di sebelah parkiran terdapat peta wisata Pantai Menganti.. ternyata memang terdapat banyak spot yang tersedia untuk dikunjungi.. tentu saja yang paling menarik perhatian nbsusanto adalah Lembah Menguneng.. rencananya akan coba mengesplorasi yang ada meski disesuaikan dengan waktu dan tenaga..

sempat agak kebingungan hingga akhirnya menyadari bahwa berada di bukit rerumputan itu sudah berada pada jalan yang benar.. sedikit turun menuju arah timur laut untuk memastikan ujung terluar yang dapat dicapai dan mulailah file-file foto mengisi memori Sony A6000 dan Poco..

bergeser ke arah selatan.. oh ini to bagian bawah dari Lembah Menguneng.. memang menarik ya dengan bentuk sepintas menyerupai tapal kuda dengan ujung berupa batuan di sisi kiri yang tidak dapat dieksplorasi orang normal, sementara di kanan adalah Tanjung Tieng..

karena ada jalan akses, kenapa tidak memanfaatkan untuk turun ke bawah sekalian? hehehehe.. mumpung sampai disini, mumpung di bawah juga sepi.. semua bagian tebing ditumbuhi rumput.. sementara itu bagian yang bersinggungan dengan air laut terdiri dari batu-batu kecil..

kembali berjalan menuju arah selatan.. menurut informasi dari Pak Marufins pengasuh blog ekliptika, ini merupakan salah satu ujung Tanjung Karangbata yang terdiri dari kekar kolom pada batuan beku dan membuktikan pernah ada gunung berapi purba disini..

pada bagian berikutnya, terdapat susunan batu di perairan yang sepintas bentuknya seperti buaya raksasa.. menarik, tapi nbsusanto tidak turun karena bisa-bisa malah disitu nggak cuma sebentar seperti di titik lain.. 😂

sampai juga di ujung Tanjung Karangbata.. terlihat batuan di lautan lepas dikelilingi oleh perahu nelayan.. lokasinya memang syahdu banget bisa dinikmati sambil berjalan melintasinya maupun berhenti sejenak di gubug sekalian untuk beristirahat..

apakah ini titik Karangbata di Pantai Menganti? terlihat batuan yang sepintas mirip konblok ditumpuk di ujung daratan.. memang perlu mendekat tapi tetap jangan melanggar zona aman serta harus tetap berhati-hati jika ingin mengabadikan terjangan ombak..

ada pula Jembatan Merah Gebyuran yang memungkinkan wisatawan untuk menyeberang ke sebuah batuan besar yang terpisahkan oleh air laut, apalagi jika pasang naik.. titik ini mungkin pada waktu tertentu dapat ramai oleh wisatawan yang melakukan swafoto..

hari semakin siang.. sebenarnya masih ada spot lain di sisi barat, namun sepertinya spot utama di timur dan selatan sudah cukup.. ambil arah menjauhi bibir pantai menuju ke bagian mercusuar.. sayang kondisinya agak kotor.. apakah masih berfungsi?

memang benar mengunjungi Pantai Menganti tidak bisa hanya sebentar saja.. HTMnya pun ternyata cukup worth it.. kuncinya adalah bawa bekal minimal air minum saat tracking karena warung adanya di deket parkiran dan di spot tertentu saja..

jika ingin mengabadikan keindahan Pantai Menganti, pastikan agar baterai kamera ataupun hp telah terisi penuh dan tersedia ruang penyimpanan yang cukup agar tidak melewatkan sesuatu yang indah.. oya, nggak semua yang indah bisa diabadikan oleh kamera kok.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*