Pantai Utara Flores Timur, Keindahan di Balik Rusaknya Jalur

assalamu’alaikum wr. wb..

cerita tentang Nusa Tenggara Timur, khususnya Flores Timur memang cukup banyak meskipun eksplorasi yang nbsusanto lakukan sangat terbatas.. sebenarnya, banyak tempat yang sangat menarik, salah satunya adalah di kawasan pantai utara Flores Timur.. memang belum sampai ke ujungnya di kawasan Tanjung Bunga yang merupakan ekor Pulau Flores..

dalam tugas tersebut, nbsusanto diajak menyusuri jalan di pinggir pantai dari Sinar Hading hingga Titehena menggunakan matic 110 cc.. nbsusanto dapat clue kalau jalannya rusak.. tidak masalah, selama masih dapat dilewati.. toh setelan outdoor juga.. berangkat melalui Oka, menjelang kawasan pertigaan Sinar Hading yang jalannya menurun mulai terlihat lautan..

sesampainya di jalan pantai utara Flores Timur dan memandang ke arah timur laut, nbsusanto disambut dengan pemandangan pantai yang berlatarkan pegunungan kawasan Tanjung Bunga.. kondisinya sangat sepi dan terkesan sampah berserakan.. setidaknya, sampah tersebut merupakan sampah organik.. bukan dari buangan tangan-tangan manusia..

memandang ke arah barat laut, inilah jalan yang akan dilalui.. pesisir utara Flores Timur dari timur memang tidaklah tegak lurus barat ke timur.. dari sini pun terlihat bahwa tepian pegunungan langsung berada di pinggir laut.. daripada kesiangan, kendaraan pun dilajukan kembali..

jalan ini memiliki lebar sekitar 3,6 meter dan dapat dilalui oleh kendaraan roda 4.. namun umumnya yang kami temukan adalah sepeda motor, dengan beberapa kali ketemu mobil, utamanya pick up, serta beberapa truk.. pemandangan di sisi jalan memang tidak melulu pantai..

memang harus menyiapkan kendaraan dan fisik untuk melalui jalan ini.. setelah sekian menit perjalanan berlalui, jalan sudah berubah total.. aspal yang sebelumnya masih cukup baik telah berganti dengan jalan rusak.. tidak cukup itu, beberapa titik pun mengalami abrasi.. lebih baik tidak menggunakan mobil dengan penggerak roda depan yang pendek..

foto di atas adalah salah satu alasan kenapa lebih baik menggunakan kendaraan yang bandel dan tidak mudah selip.. bukan hanya genangan saja, beberapa jalan bahkan berlumpur.. memang pakai motor matic kecil bukan pilihan terbaik.. nbsusanto harus turun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan..

selain harus berhati-hati pada kondisi jalan yang cukup variatif, pengguna jalan di jalur pantai utara Flores Timur pun harus waspada jika tiba-tiba ada hewan yang menyeberang.. nbsusanto kemarin bertemu beberapa ekor kambing yang berada di badan jalan.. entah apakah ada hewan liar yang berbahaya atau tidak..

di beberapa titik lokasi, terdapat mata air panas.. memang belum ada penanda yang dipasang pada titik-titik air panas ini.. bisa dimaklumi mengingat apabila akan dijadikan destinasi wisata karena PR nya masih terlalu banyak jika dilakukan dalam waktu dekat.. perlu mencari referensi dan membaca tentang ciri-ciri perairan yang terdapat mata air panasnya..

tenang saja, pemandangan laut, kebun, tebing, serta pegunungan ini akan berlangsung hampir seutuhnya sepanjang jarak sekitar 21 km antara Sinar Hading dengan Titehena.. sesekali akan bertemu dengan sekelompok permukiman.. sinyal HP? jangan banyak berharap.. memang kadang sesuatu yang indah itu tidak untuk langsung dipublikasikan..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 970 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*