Review Honda Vario 160, Tarikannya Galak

assalamu’alaikum wr. wb..

Honda Vario 160 merupakan generasi baru motor otomatis non big-matic dengan kapasitas mesin yang cukup besar.. tentu saja pada review penggunaannya akan berfokus pada bagaimana kinerja mesin yang serupa dengan PCX 160 tersebut.. begitupun nbsusanto, setelah cukup puas melihat lebih dekat, waktunya gas meski di dusun saja..

Riding Position dan Kenyamanan

sejak pertama kali munculnya Vario 125, memang motor ini lebih ditujukan bagi mereka yang berpostur tinggi.. tinggi 168 cm bisa tidak napak sempurna karena selain tinggi, profil jok cukup lebar.. namun kalau sudah jalan, seperti khasnya Vario bahwa posisinya memang cukup nyaman untuk matic biasa apalagi untuk jarak agak jauh..

sementara itu, shockbreaker depan maupun belakang memang cukup keras.. terasa saat melewati jalan rusak.. lalu saat digunakan untuk berbelok pada kecepatan rendah, terasa motor ini cukup berat.. dampak penggunaan ban berukuran agak besar atau apa ya? mungkin di kecepatan tinggi dapat menguntungkan, asal jalan tidak rusak..

Impresi Mesin

sebelum nbsusanto mencoba review, si ardiantoyugo sudah menyampaikan bahwa dia cukup kaget dengan tarikan serta akselerasi Honda Vario 160 ini.. memang standar ekspektasi tidak ditetapkan tinggi.. namun semua berubah begitu nbsusanto mencoba menowel sedikit gasnya.. lha kok galak.. tarik gas sedikit langsung ngacir..

jika menilik spesifikasi mesin 160 cc yang diklaim mempunyai tenaga puncak 11,3 kW @8500 rpm, torsi maksimal 13,8 Nm @7500 rpm, serta rasio kompresi 12:0, memang seharusnya dapat memberikan sensasi tarikan yang cukup ngebut serta bisa diajak cruising kecepatan lumayan tinggi..

beralih ke sektor pengereman, Honda Vario 160 yang nbsusanto review ini sudah dilengkapi dengan cakram depan dan belakang serta sistem ABS.. dengan hadirnya ABS, sepertinya memang meniadakan feel CBS yang khas di Honda.. nbsusanto rasakan pengereman mumpuni untuk kebutuhan harian, entah untuk kecepatan tinggi..

Konsumsi BBM

nbsusanto belum bisa melakukan pengujian BBM secara full to full sehingga dalam artikel ini hanya menyampaikan hasil pada MID.. tertulis bahwa konsumsi BBM rata-rata berada di angka 46,8 km/L.. jika mengamati konsumsi BBM sesaat pada saat berjalan, sepertinya memang angka 40an km per liter yang ada di MID itu cukup realistis karena Vario 125 saja di angka 50 km/L..

Kesimpulan Review Honda Vario 160

berdasarkan apa yang nbsusanto lihat dan rasaman, Honda Vario 160 memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dipertimbangkan calon penggunanya.. mungkin kalau secara ringkas, Honda Vario 160 ini akan lebih nyaman kalau digunakan cruising luar kota dibandingkan macet-macetan di dalam kota.. selain itu, lebih baik hati-hati saat melintas polisi tidur.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*