Waktunya Tinggalkan Jenius BTPN?

assalamu’alaikum wr. wb..

Jenius.. suatu produk perbankan dari BTPN yang beberapa tahun lalu sempat menarik perhatian banyak orang untuk memilikinya.. bagaimana tidak, pembukaan rekening bisa secara online dan tidak perlu ke bank.. bebas biaya transfer antar bank.. tidak ada biaya tarik tunai di ATM bank lain.. selain itu, tentu saja saat itu gratis biaya administrasi..

kala itu nbsusanto juga ikut mendaftar.. hanya secara online dan kartu diantarkan sekalian verifikasi.. memang saat itu masih di bekasi sehingga sangat mudah.. yang cukup menarik adalah kartu debit Jenius dapat digunakan untuk verifikasi Paypal.. ya, dulu nbsusanto membeli VCC saat WordAds melalui blog di wordpress masih berjaya..

secara umum memang aplikasinya juga dapat diandalkan.. ya kadang-kadang memang lemot dan menjengkelkan jika buru-buru.. tapi masih cukup dapat ditoleransi karena ada mobile banking lain.. untuk kartu debit VISA juga tidak bermasalah, bahkan sepertinya belum pernah dipakai di ATM BTPN.. selalu ATM bank lain.. 🤣

urusan bunga, nbsusanto sama sekali tidak berniat untuk mencarinya.. malah bakalan lebih seneng kalau tidak dapat bunga.. nggak perlu ngitung berapa yang harus disisihkan.. hanya saja memang tidak sesederhana itu.. namun setidaknya bisa dihitung manual menggunakan rekaman data di aplikasi..

yang kemudian menjadi masalah adalah diberlakukannya feesible sejak Januari 2021.. feesible ini diklaim merupakan biaya untuk memanfaatkan berbagai fitur dan layanan Jenius.. besarnya 10 ribu rupiah setiap bulan.. ya, ini adalah nama lain dari administrasi bulanan.. tidak lagi gratis.. seperti bank-bank pada umumnya..

kebijakan ini sempat membuat banyak orang memutuskan menutup rekening BTPN Jenius secara resmi maupun mentransfer seluruh dana ke rekening bank lain dan tidak lagi menggunakannya.. ya, bagi yang tidak selalu memanfaatkan layanannya memang biaya 10 ribu ini tidak lagi menarik.. apalagi jika hanya dipakai sesekali saja..

nbsusanto awalnya mau ikut-ikutan.. toh masih punya rekening bank lain yang bebas transfer, gratis admin, tanpa biaya tarik ATM bank lain.. hanya saja, akun paypal masih dipakai sesekali.. kalau sudah tidak pakai Jenius dan butuh verifikasi atau sekadar nitip bayar via debit Jenius ke Paypal bagaimana..

kini nbsusanto mulai berpikir lagi.. baru iseng membuka rekening di berbagai bank yang menawarkan bebas biaya admin, transfer, maupun tarik tunai.. lha kok ndilalah malah nemu salah satu debit card yang dapat digunakan untuk verifikasi Paypal.. weh.. lalu 10 ribu per bulan untuk apa?

nampaknya secara bertahap akan memindahkan beberapa rupiah yang tersisa di Jenius untuk transaksi antar bank sebelum kembali terpotong bulan depan.. daripada mubazir kan ya.. lha kemaren saja salah satu bank besar sudah tidak nbsusanto pakai lagi karena merasa berat di administrasi.. 🤣

terima kasih Jenius telah memberi kemudahan selama beberapa tahun ini.. mungkin jika kelak kebijakan feesible dihilangkan, bisa dipertimbangkan kembali..

adakah yang mengalami atau sedang memikirkan hal yang serupa?

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*