menyongsong operasional jalan tol becakayu (bekasi-cawang-kampung melayu)

assalamu’alaikum wr. wb..

perkembangan jalan tol akhir-akhir ini memang sedang pesat-pesatnya.. selain trans jawa yang terus menerus digenjot, ruas lain yang dianggap penting pun terus menunjukkan perkembangannya, salah satunya adalah ruas bekasi-cawang-kampung melayu, atau yang akrab disebut tol becakayu.. jalan tol milik pt kresna kusuma dyandra marga ini sebenarnya sudah mulai dibangun semenjak orde baru, namun akibat krisis moneter mangkrak 17 tahun dan baru dimulai lagi pada tahun 2014..

adalah bumn yang dalam beberapa tahun belakangan terjun di dunia investasi jalan tol yang kemudian meneruskan pembangunannya.. yup, pt waskita karya melalui anak perusahaannya, pt waskita toll road, mengakuisisi 60% saham pt kkdm.. ya meskipun belum semua seksi yang telah mulai dibangun.. dengan nilai kontrak lebih dari 4 trilyun rupiah, divisi sipil pt waskita karya menjadi main kontraktor bersama pt waskita beton precast, anak perusahaan lain dari pt waskita karya, menjadi suppiler beton untuk seksi 1 yang rencananya akan memiliki panjang 11 kilometer serta lebar 14 meter dengan 3 lajur setiap arahnya, yang berdiri berjajar mengapit saluran tarum barat di kalimalang.. selanjutnya seksi 2 masih dikaji mengingat telah banyak tata guna lahan yang berubah..

pembangunan jalan tol becakayu ini sendiri dilatari oleh kepadatan yang terjadi setiap harinya di jalan inspeksi saluran kalimalang, apalagi setiap pagi dan sore hari.. entah berapa motor, mobil serta angkot yang setiap saat lalu lalang.. bunyi klakson di jalur ini bagaikan suara burung di hutan.. saling bersahutan dan tak berhenti.. macet.. pun begitu dengan tol jakarta-cikampek.. ya mau gimana lagi banyak orang yang bekerja di ibukota namun tinggal di kota satelit di sekitarnya, seperti bekasi, depok, bogor, tangerang dan lain-lain.. oleh karena itu wajar pula dibangun jalan tol yang tidak jauh dari kawasan tersebut selain becakayu, misalnya tol serpong yang sudah beroperasi maupun tol depok-antasari yang saat ini juga masih dalam proses konstruksi..

pekerjaan pada seksi 1 ini mencakup struktur bawah, atas serta aksesoris sehingga jalan tol dapat beroperasi secara layak.. berdasarkan kontrak antara pt kkdm dan pt waskita karya, akhir tahun 2017 ini sebagian jalan tol becakayu sudah bisa dinikmati.. rencananya tol becakayu akan memiliki beberapa ramp masuk dan keluar, di antaranya adalah di jakasampurna, sumber artha, pondok kelapa, jatiwaringin, cipinang serta ns link dengan tol wiyoto wiyono, dengan gerbang tol becakayu ini berada pada pintu masuk untuk arah jakarta dan berada di pintu luar untuk arah bekasi..

namun seperti pada umumnya, kendala lahan pun ada disini.. kemudian berbagai utilitas bawah tanah maupun udara untuk listrik, air, gas maupun telekomunikasi pun membuat perlu adanya penyesuaian pada pembangunan jalan tol becakayu ini.. misalnya karena adanya pipa di lokasi pemancangan, terkadang bisa dilakukan relokasi utilitas, namun jika tidak maka kolom akan menjadi portal atau tidak tepat terletak di tengah pile cap sehingga berakibat pierhead menjadi asimetris.. faktor tanah dan jarak dengan bangunan yang dekat membuat pondasi yang desain awalnya berupa pancang kotak menjadi bore pile.. selanjutnya faktor efisiensi waktu menjadi alasan perubahan pancang kotak menjadi pancang bulat dengan diameter lebih besar, sehingga dalam 1 kolom tol membutuhkan lebih sedikit pemancangan yang berakibat waktu lebih singkat..

nah yang menjadi inovasi baru di proyek tol becakayu ini adalah penggunaan pierhead precast di beberapa pier yang desainnya tipikal.. yap, sisi atas dari kolom jalan layang yang menjadi tumpuan bagi batang girder ini tidak dicor di atas kolom, melainkan di bawah dekat kolom dimana pierhead ini akan dipasang.. kelebihan dari metode precast ini adalah dapat menekan waktu total pembuatan dari struktur bawah sampai struktur atas karena pierhead dapat dicor tanpa harus menunggu umur beton pada kolom, meski pemasangannya tentu saja jika sudah mencapai kekuatan rencana.. selanjutnya erection pierhead menggunakan crane 250 ton..

metode erection girder pada proyek jalan tol becakayu ini secara umum menggunakan 2 metode, yaitu diangkat dengan crane serta launcher gantry.. metode crane umumnya dipilih jika lahan yang tersedia cukup luas untuk peletakan girder serta pergerakan alat karena secara umum waktunya lebih cepat.. namun pada bagian yang hanya tersedia lahan sempit maka launcher gantry adalah pilihannya, meskipun waktunya lebih lama karena perlu instal launcher terlebih dahulu..

tantangan yang cukup menarik adalah tol becakayu ini akan melompati 2 jalan tol yang sudah beroperasi, yaitu tol ir wiyoto wiyono milik pt citra marga nusaphala persada (pt cmnp) serta tol jorr ruas cikunir-cakung yang dikelola oleh pt jalan tol lingkar luar jakarta (pt jlj).. berdasarkan review bersama dengan pt delta global struktur selaku konsultan perencana dan pt virama karya selaku konsultan supervisi, akhirnya disepakati bahwa untuk melintasi tol jorr menggunakan pci girder dengan bentang lebih dari 50 meter serta erection menggunakan metode launcher gantry.. tentunya keselamatan dan keamanan kerja harus diberlakukan ketat disini, tidak hanya untuk pekerja namun juga bagi masyarakat umum yang melintas..

kemudian untuk melintasi tol milik pt cmnp, yang sudah merupakan tol jalan layang sehingga becakayu ini ada di tingkat 3, menggunakan struktur box girder menggunakan metode balance cantilever dengan menggunakan traveller.. maklum saja bentang yang diperlukan cukup panjang dan tak bisa lagi menggunakan i-girder beton, apalagi lokasinya berada di tikungan..

kalo ditanya seberapa penting jalan tol ini, maka jawabannya adalah presiden joko widodo tercatat sudah 2x mengunjungi proyek tol becakayu.. dapat disimpulkan sendiri bukan?

jalan tol becakayu.. sebuah alternatif bagi pengguna roda 4 dan lebih yang akan melakukan perjalanan jakarta-bekasi maupun sebaliknya.. memang untuk seksi 1 ini setidaknya untuk menghubungkan antara jorr dan wiyoto wiyono saja.. setidaknya lumayan jika arteri dan jalan tol cikampek padat bisa dipilih masuk ke tol becakayu dan keluar di gerbang tol ramp patriot untuk kemudian masuk ke tol jorr atau arah bekasi, serta sebaliknya jika akan ke jakarta bisa naik di gerbang tol ramp jakasampurna untuk mengurangi kemacetan di sekitar underpass jorr.. kelak jika seksi selanjutnya sudah selesai dikerjakan, setidaknya antara cawang ke mal metropolitan bisa lewat tol dan kalo mau berlanjut ke arah cikampek/bandung maka tinggal turun dan masuk ke gerbang tol bekasi barat.. mengenai besaran tarif jalan tol becakayu tentu saja lebih baik menunggu kelak saat tol becakayu dibuka secara resmi karena menganut sistem terbuka sehingga perlu dikaji tarif tol berdasarkan jarak yang memang sudah tersedia, jauh dekat sama saja..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. awalnya emang lancar pas tol ini dibuka. namun penumpukan arus kendaraan akan terjadi pada tiap tiap simpang pertemuan dan exit tol. Kalimalang udah macet, ditambah arus kendaraan yang keluar dari exit tol….., wassalam dah.

    • wehehehe.. memang begitu mas.. apalagi adanya tol scr tdk langsung mendorong kenaikan tingkat kepemilikan mobil pribadi jadi misal lebar jalan 100 meter pun akan padat, sebagian orang akan mikir mending macet naik mobil sendiri drpd angkutan umum.. tp ya memang angkutan umumnya masih kurang sih..