merasakan lari di trek stadion atletik

assalamu’alaikum wr. wb..

sampai dengan saat ini nbsusanto masih mencoba untuk rutin lari pagi setidaknya seminggu 3 kali.. kalau ditanya dimana larinya, jawabnya cukup beragam.. kadang kala di sekitar perkampungan di bekasi, kadang CFD an di ahmad yani – summarecon, kadang soedirman – thamrin, kadang muter mangiran atau trimurti kalo pulang.. tapi biasanya hari minggu atau libur sih.. kalau hari kerja sendiri nbsusanto biasa muter di lapangan.. nah sesekali tentunya pengen nyoba lari di tempat lain sebagai variasi.. salah satunya di stadion atletik..

gugling deh lokasi jogging di sekitar bekasi barat maupun jakarta timur yang dapat diakses umum.. ndilalah ada area yang menarik.. stadion atletik rawamangun yang berjarak sekitar 15 km saja.. agak jauh sih.. tapi karena penasaran, kenapa tidak? :mrgreen: nbsusanto cari lagi informasi lebih lanjut.. tentang parkirnya, jam buka nya, dan lain-lain.. esoknya saat libur nbsusanto pun berangkat pagi-pagi karena stadion dibuka jam 6.. biar nggak kesiangan juga.. :mrgreen:

pertama kali sampai di sekitar sana bingung.. iki mlebune nendi.. parkire nendi.. nbsusanto coba cari-cari yang paling deket.. akhirnya parkir di kawasan UNJ, meskipun sebenernya kalau motor bisa parkir di area stadion rawamangun.. kalau mobil sih selain minggu bisa juga parkir disana.. taruh motor dan bawa barang seperlunya.. terlihat di taman luar stadion ada beberapa media untuk berolahraga, misalnya seperti sepeda statis dan lain-lain.. yang manual dan memang permanen..

di pintu stadion atletik rawamangun tertulis jam buka dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.. memang saat jam 6 lebih sedikit nbsusanto masuk masih cukup sepi.. kalau saran nbsusanto sih memang jangan kesiangan kesini karena akan semakin panas, juga kalau minggu akan semakin ramai.. nggak terlalu masalah sih masih ada space untuk lari, namun kadang ada guru olahraga ngajak muridnya kesini mungkin untuk ambil nilai atletik sehingga cukup memakan beberapa jalur lari..

oiya hampir lupa.. di stadion atletik rawamangun ini jalurnya ada 8, dengan line paling dalam jarak 400 meter dan line paling luar (katanya) sekitar 453 meter.. nah, ada aturan tidak tertulis sebenernya kalau di lintasan lari bahwa kalau pake line dalam, sekitar jalur 1-3 untuk yang berlari kencang, jalur 4-6 untuk kecepatan sedang dan jalur 7-8 untuk kecepatan lebih rendah.. jadi kalau cuma jalan kaki atau pace 10 ya sebaiknya jangan di line 1-3.. nbsusanto sendiri biasanya di line luar atau tengah.. maklum pace nya sekitar 7 saja.. kalau jarak, biasanya nbsusanto disini jarak 7-15 km saja.. lha hari libur jauh jauh kesini mosok 5 km saja.. hehehe.. walau sebenernya kadang pengen tempo run disini sih.. tapi masih bisa di hari kerja.. ๐Ÿ˜€

permukaan lapangan atletik ini sepintas seperti aspal, namun lebih empuk.. seperti dari bahan sintetis.. memang lebih mendukung untuk lari.. nbsusanto sendiri sudah menggunakan sepatu empuk maupun yang lebih keras.. memang beda sih dibanding tanah kering apalagi beton.. btw, macem-macem model sepatu adalah disini dipakai para pengunjungnya.. :mrgreen:

overall, stadion atletik rawamangun memang memberi suasana yang berbeda untuk lari.. ke depannya mungkin jadi alternatif meski harus bisa mengatasi kebosanan saat berputar lebih dari 20 kali.. sik penting nggak kepanasan saja.. setelah lebih dari jam setengah 8, biasanya perlu hidrasi lebih banyak.. untungnya sih nbsusanto hampir selalu bawa tas berisi kantung hidrasi meski dikira pelari ultra.. ha paling adoh 17 km kok ultra ki uopoooo.. ๐Ÿ˜†

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

2 Komentar

    • utk jaga kesehatan mas.. awalnya saya kalau pagi dulu tidur lagi.. sekarang pilih gerak deh.. kalau dirasa kurang tidur, saya coba atasi tidur lebih awal atau tidur siang.. hehehe.. monggo disempatkan mas..

monggo tanggapannya.....