daftar vendor ngunduh mantu pernikahan budi-maya di bantul

assalamu’alaikum wr. wb..

selain acara akad nikah dan syukuran di sleman, keluarga nbsusanto menginginkan ada acara ngunduh mantu di bantul.. tujuannya adalah agar tamu undangan yang merupakan rekan bapak ibu ataupun teman-teman nbsusanto bisa hadir tanpa harus berkendara jauh.. 19 desember dipilih.. memang hari rabu, namun untuk daerah istimewa yogyakarta sudah masuk masa liburan sekolah antar semester sehingga tidak masalah bagi bapak dan keluarga yang berprofesi sebagai guru.. nah berikut nbsusanto sampaikan vendor-vendor yang menyukseskan acara ngunduh mantu lalu..

1. Lokasi : Pendopo Joglo Simbah Siswo Dimanto / Bapak Yatino

alhamdulillah acara ngunduh mantu kemarin terlaksana di kediaman rumah orang tua nbsusanto di Mangiran, Trimurti, Srandakan, Bantul.. di sebuah pendopo joglo peninggalan simbah yang dirawat, dilestarikan dan dipugar oleh bapak, ibuk, pakdhe, budhe, dan semua keluarga.. tentu saja semua dilakukan dengan alon-alon hingga siap menjadi lokasi ngunduh mantu, tentunya dengan dukungan dari warga masyarakat dusun Mangiran dan sekitarnya juga untuk gotong royong.. alhamdulillah di desa memang menyenangkan..

2. Catering : Bu Sarono

makanan merupakan salah satu komponen paling penting dalam berbagai acara, termasuk mantenan.. tak jarang ada suara-suara di luar tentang hal ini.. oleh karena itu, bapak ibuk cukup berhati-hati dalam memilih metode penyediaan makanan di acara ngunduh mantu.. setelah diskusi dengan keluarga, akhirnya diputuskan bahwa konsumsi berupa prasmanan yang dimasak di rumah dengan koordinator Bu Sarono dan grup kemudian dibantu oleh keluarga dan warga sekitar yang rewang.. pertimbangannya adalah saat acaranya sedulur dulu tidak ada komplain, masakannya enak, bekakas masak dan prasmanan milik mereka, koordinasi menu yang beragam, penyediaan bumbu dan sayuran segar, serta tentu saja harganya tidak mahal.. sehari-harinya Bu Sarono sendiri memang menerima order memasak di berbagai acara juga jualan nasi saat pasar mangiran.. alhamdulillah terbukti banyak yang puas dengan masakan acara kemarin.. 😀

3. Rias : Kalandra Griya Paes / Nanik Salon

untuk keperluan make up beserta baju manten, orang tua serta among tamu di acara ngunduh mantu lalu, keluarga memilih vendor yang tidak jauh agar mudah koordinasinya serta hasilnya cukup apik.. kok ya ndilalah ada sedulur, cucunya kakaknya simbah, yang punya usaha rias manten.. sowan lah kesana dan cocok.. apalagi Mbak Nanik punya baju yang tidak mainstream untuk ukuran manten di desa.. biasanya kan serba mencolok tuh.. ditambah riasnya pun tidak menor serta ditangani oleh anaknya yang tentu saja selalu uptodate dengan gaya kekinian.. cocok untuk jadi pilihan rias manten kawasan Bantul dan sekitarnya..

instagram Kalandra Griya Paes / Nanik Salon : @kalandra.griya.paes

4. Dekorasi : Wuri Dekorasi

selanjutnya dekorasi, selain tentu saja dibantu oleh warga untuk penataan, keluarga mempercayakan pada Mas Wuri pemilik Wuri Dekorasi, kebetulan beliau adalah suami dari Mbak Nanik.. pastinya koordinasinya gampang, punya banyak referensi model dekorasi, bisa menangani gaya rustic dan nyambung dengan pendopo joglo.. ternyata sudah cukup malang melintang melakukan dekorasi manten di berbagai wilayah, tidak hanya di Bantul saja.. hasilnya ciamik meskipun memang kombinasi bunga segar maupun bunga plastik.. tentu saja untuk beberapa titik penting menggunakan bunga asli yang masih segar.. ya kalau memang sudah bagus dan bisa lebih terjangkau, kenapa tidak kan? 😀

instagram Wuri Dekorasi : @wuri.dekorasi

5. Dokumentasi : Detik Creative Visual

dalam sebuah acara masa kini, dokumentasi pasti berperan penting.. nbsusanto sendiri sudah sejak lama punya bayangan untuk menggunakan Detik Creative Visual, satu vendor fotografi dan video yang dikelola oleh Mas Beni, seorang kakak sepupu.. tentu bukan cuma karena faktor kekerabatan, hasil dokumentasinya memang ciamik.. nbsusanto sendiri pesen ke Mas Beni untuk dokumentasi dilaksanakan oleh kru atau teman-temannya saja, sementara Mas Beni cukup membantu mengarahkan dan bisa menikmati acara sambil momong.. 2 orang cukup karena memang ambil dokumentasi basic saja..

instagram Detik Creative Visual : @detikcreative

6. Tarian Tradisional : Kuatno Armstrong

sebagai wujud apresiasi serta melestarikan budaya, bapak mempercayakan adanya tarian tradisional sebagai penyambutan dan pembukaan acara ngunduh mantu.. pemainnya sendiri adalah warga Mangiran yang memang sepantaran umur nbsusanto, namanya Kuatno atau seringkali dipanggil Tobil.. kemampuannya dalam membawakan tarian tradisional tak perlu diragukan lagi.. lulusan SMKI Yogya ini pun sudah membuka Sanggar Tari..

instagram Kuatno Armstrong : @tobel.ads

7. Entertainment : TT Entertainment

hiburan dalam acara ngunduh mantu ini oleh bapak dipercayakan pada TT Entertainment yang merupakan rekan-rekan mengajar bapak di kawasan kecamatan Sanden.. dimulai dari hobi organ tunggal dan menyanyi lalu berani tampil.. tentu saja jangan dibandingkan dengan mereka yang sudah pro.. toh tidak sedikit yang mau menyumbang suaranya.. hadir mulai periode nyumbang hingga acara puncak ngunduh mantu..

8. Persewaan Tenda dan Kerangka : Monalisa Group

keperluan tarub tenda dan kerangka, keluarga mempercayakan pada Monalisa Group.. sebuah usaha dagang dan persewaan yang sudah lama eksis di Mangiran dan sekitarnya.. cukup banyak pilihan warna kain untuk kelengkapan tenda, meskipun yang dominan ada warna merah.. namun di acara kemarin tentu bukan warna merah karena sudah mainstream.. sampe kata kru nya pagi beli kain, sorenya sudah dipasang di depan rumah.. buahahaha.. 😆 bukti kalau Monalisa Group memang profesional..

lokasi Monalisa Group di google maps : sebelah Pendopo Grha Budaya Mangiran 

9. Sound System : Pak Wahadi

mendukung entertainment dan kelancaran acara, sound system adalah bagian penting yang kru nya tidak selalu terlihat.. di balik layar selalu memantau bagaimana mic serta speaker menyalurkan suara.. untuk bagian ini, keluarga mempercayakan pada sound system milik Pak Wahadi, yang hubungannya masih pakdhe dan tepatnya ayah dari Mas Beni.. beliau sendiri turun tangan langsung dalam setiap pelaksanaan suatu acara.. hasilnya equalizer berimbang, tidak ada suara cempreng serta mengganggu sekitar.. maklum, sudah beberapa acara manten maupun hiburan dusun, terakhir acara buatan Mas Koko di Mangiran, yang menggunakan jasa beliau..

10. Persewaan Kursi dan Bekakas : Persewaan Kursi Mangiran

meskipun mode makanannya prasmanan, tentu saja disediakan kursi bagi para tamu.. bagaimanapun makan memang seharusnya sambil duduk.. untuk itu keluarga menyewa kursi, meja serta berbagai kelengkapan bekakas di Persewaan Mangiran, yang memang sudah dari dulu menyediakan kursi dan berbagai kelengkapannya.. selain jumlah yang mencukupi, lokasinya dekat sehingga kalau ada yang kurang lebih mudah untuk tambah..

lokasi Persewaan Kursi Mangiran di google maps : Mangiran RT 123, Trimurti, Srandakan

11. Sinoman : Remaja Masjid Mashuri Mangiran

kelangsungan suatu acara pasti butuh dukungan dan peran dari sinoman.. untuk itu keluarga meminta bantuan partisipasi dari sinoman Remaja Masjid Mashuri Mangiran yang memang sudah malang melintang dan sudah berkali-kali berpindah tongkat estafet antar generasi.. dari rapat panitia, bawa seserahan, nyumbang, ngunduh mantu hingga pembubaran panitia.. mau model laden prasmanan atau piring terbang, lalu lesehan maupun di atas meja, memang dapat diandalkan.. 🙂

12. Lain – Lain

tentu saja masih ada hal-hal lain yang mendukung keberlangsungan acara ngunduh mantu.. dukungan penuh dari keluarga Mbah Buyut Resodimedjo dan Mbah Buyut Arjo.. lalu partisipasi warga masyarakat Mangiran dan sekitarnya yang luar biasa.. kemudian persewaan-persewaan bekakas dari perkumpulan perondan tingkat RT maupun wilayah di kawasan Mangiran yang memang menyediakan bekakas bagi warga Mangiran dan sekitarnya yang mempunyai hajatan.. pokokmen maturnuwun sedoyo kemawon! semoga menjadi amalan dan ladang pahala untuk semuanya.. aamiin.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....