New Balance 1080 v8, nemu juga sepatu lari untuk latihan easy long run

assalamualaikum wr. wb..

di akhir tahun 2018 lalu, mileage sepatu harian sudah menyentuh 409 km, 410 km dan 223 km.. nbsusanto cek di berbagai review sepatu lari biasanya berumur antara 400-800 km tergantung dari teknologi serta bantalan yang digunakan.. efek dari 1000 km di tahun 2018 lalu lumayan ya.. untuk keperluan rotasi sepatu di berbagai kondisi, nbsusanto cari referensi sepatu yang awet.. nggak perlu yang responsif.. sempet liat asics noosa ff2 dan new balance 880v8.. eh kok ya ndilalah ada promo new balance 1080 v8 fresh foam.. yauwis sikat.. πŸ˜†

  • Kesan pertama

new balance 1080 v8 ini ukurannya gedhe dan lebar.. belum ngutak atik tali aja kaki sudah bisa masuk dengan sangat leluasa meski memang pakai kaos kaki tipis.. malah penyesuainnya adalah dieratkan agar kaki tercengkeram oleh sepatu.. lebih gedhe dibanding nike pegasus 34 dan sedikit lebih longgar dari skechers gorun 400, semua ukurannya 43 meski memang ukuran US dan UK nya berbeda.. meski saat membaca review dan data teknis sepatu ini lebih berat dibanding rata-rata sejenisnya termasuk sepatu nbsusanto yang lain, tapi tidak terasa terlalu berat di kaki.. oya, ada bagian reflektif di sisi samping dan lidah sepatu jadi lumayan bisa untuk lari saat malam hari..

initial run 10k dan memang terasa sepatu new balance 1080 v8 ini sesuai dengan yang nbsusanto harapkan.. tidak terlalu responsif sehingga tidak terpicu untuk meningkatkan pace.. nbsusanto bawa lari di CFD summarecon bekasi dengan pace kisaran 7 dengan 5 km pertama negatif split.. meski setelahnya rasanya nafas kedodoran yang pada akhirnya harus melambatkan langkah.. tumpuan kaki mendarat tidak susah untuk nbsusanto sesuaikan agar tidak di bagian belakang dan cenderung midstrike.. bantalan fresh foam new balance 1080 v8 sendiri cukup terasa nyaman meski tidak seempuk go run 400.. hingga selesai sesi lari ini, tak ada keluhan di kaki..

  • Masa break – in

sejauh puluhan kilometer pada beberapa sesi lari, yang nbsusanto rasakan dengan klaim heel-to-toe drop 8 mm new balance 1080 v8 ini seperti skechers go run 400.. cadence atau jumlah langkah kaki per menit menjadi sedikit lebih tinggi dibanding dengan sepatu dengan drop 10 mm seperti data di garmin.. mungkin ini yang dimaksud bahwa sepatu lebih datar itu mempercepat langkah kaki ya?

biasanya nbsusanto membawa sepatu ini di pace antara 7-8 menit per kilometer, namun saat diajak lari lebih kencang di kisaran pace 6 di akhir sesi long run, new balance 1080 v8 tentu saja mampu melayani, entah ya kalau di pace yang jauh lebih cepat.. nbsusanto merasakan tidak ada masalah sama sekali, hanya saja memang sensasi responsif yang diberikan hampir tidak ada..

  • Setelah nyetel

terhitung tidak butuh waktu terlalu lama untuk penyesuaian.. saat menginjak kilometer 3 digit, new balance 1080 v8 telah menempuh beberapa jarak yang nbsusanto rasa long run selama catatan lari.. tercatat terakhir lari lebih 75 menit sebelum borobudur marathon, di pergantian tahun nbsusanto pun mencoba membawanya di durasi 90 menit dan meningkat hingga paling jauh kini 130 menit dengan jarak 17 km.. selama itu pun nbsusanto tak pernah merasa memakai sepatu yang berat.. memang saat 17 km kemarin ada yang terasa kurang nyaman, mungkin karena jarak segitu terakhir 3 bulan lalu dengan pegasus..

nbsusanto pun membawa new balance 1080 v8 ini tidak hanya di jalan datar, namun juga beberapa jalan menanjak di bukit dekat rumah maupun fly over saat car free day.. tentu tidak ada hambatan.. tak hanya di aspal maupun beton namun juga di trek tanah serta berbatu.. dibawa di pace kurang lebih 7 menit per kilometer dan masih nyaman.. cadence rata-rata berkisar di sekitar 160-165.. selain itu sudah nbsusanto sempat lari di kala jalanan aspal basah maupun hujan di trek tanah.. tentu saja kalau air masih bisa masuk dan basah kuyup.. grip memang jelas terasa berbeda daripada medan yang kering, namun tidak sampai membuat tergelincir..

  • Kesimpulan

new balance 1080 v8, sebuah sepatu dengan label fresh foam dan ditujukan sebagai premium cushioned shoes dari pabrikan NBsusanto.. πŸ˜† kalau baca-baca review ada yang bilang kurang premium dibandingkan merk-merk lain karena tidak terlalu empuk maupun tidak responsif.. meskipun begitu, nbsusanto sudah merasa cukup dengan supportnya untuk kaki netral cenderung under pronation dan berusaha midfoot strike.. mau lari santai 45 menit hingga long run 130 menit masih mumpuni.. apalagi saat itu dapat harga lumayan menarik, tidak semahal price tagnya namun ori.. kalo dengan harga seperti di toko ya mikir-mikir.. sekarang sih sudah muncul new balance 1080 v9, biasanya sih ada potongan harga untuk produk lawas.. yang pasti, sepatu ini ditujukan untuk mendukung suksesnya mission (HM)possible yang dilaksanakan pada gelaran event mandiri jogja marathon 2019 lalu.. kemudian apakah akan digunakan untuk race event? mbuh mengko.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....