kesan pertama Yamaha All New Nmax, memang fresh

assalamu’alaikum wr. wb..

Yamaha NMax merupakan salah satu skutik yang pada saat diluncurkan cukup menyita perhatian.. skutik gambot dengan harga yang cukup terjangkau dan seringkali image motor besar menempel padanya.. memang, di kala itu skutik yang tersedia di pasaran berukuran standar ataupun kalau ada yang besar harganya cukup mahal.. dampaknya, Yamaha Nmax laris manis di pasaran entah untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan operasional di berbagai instansi.. mengaspal sejak setengah dekade yang lalu, pada akhirnya Yamaha memberikan penyegaran pada seri Nmax ini dengan perubahan fisik maupun penambahan fitur dan memperkenalkannya pada publik di Yogyakarta pada 16 Februari 2020..

pertama kali tentu hal yang paling bisa nampak dari kejauhan.. ya perubahan fisik pada Yamaha All New Nmax dari Yamaha Nmax sebelumnya.. kebetulan pada acara launching Yamaha Nmax di Yogyakarta om Amama pengasuh roda2blog.com membawa Yamaha Nmax lawas sehingga terlihat langsung perbedaannya.. perubahan yang tentu saja sangat mencolok ada di bodi bagian belakang, termasuk desain lampu.. pada mulanya bagian lampu belakang ini menyatu, namun pada All New Nmax desain ini dipisah menjadi dua sehingga didapat kesan melebar.. namun Yamaha All New Nmax ini belum sepenuhnya menerapkan LED, salah satunya lampu sein yang masih menggunakan jenis bohlam.. tenang saja, biasanya nanti juga muncul aksesorisnya, orang Indonesia kan kreatif..

kaki belakang Yamaha All New Nmax ini masih seperti sebelumnya menggunakan ring 13 dengan ban berukuran 130/70 dengan disertai cakram single silinder.. desain knalpot pun diperbarui.. namun hal yang paling menarik perhatian nbsusanto adalah kehadiran reflektor di bodi belakang yang mengarah ke samping.. sangat amat sederhana namun fitur pembantu keselamatan ini sudah cukup lama absen di belantika roda dua Indonesia.. motor motor keluaran tahun 2000an dari semua pabrikan nampaknya telah menanggalkannya.. padahal, reflektor ini cukup berguna agar motor dapat dilihat dari arah samping karena memang tidak ada sumber cahaya motor ke arah samping.. memang aksesoris seperti ini mudah didapatkan di penjual variasi otomotif, namun tentu saja alangkah baiknya jika reflektor samping sudah ada sejak motor keluar dari pabrik..

sedangkan untuk tampilan bagian depan Yamaha Nmax pun berubah meskipun tidak sesignifikan sisi belakang.. lebih berupa penyegaran di bagian windshield, redesain lampu depan sehingga lebih garang, serta posisi sein depan yang diturunkan dibandingkan versi sebelumnya.. sedangkan untuk bagian kaki, dimensinya masih tidak berubah dengan velg ring 13 dan ban berukuran 110/70.. tentu saja dilengkapi dengan cakram depan serta opsi ABS.. selain itu, Yamaha juga memberikan opsi Traction Control pada Yamaha All New Nmax.. dapat dikatakan menjadi yang pertama di kelasnya..

dilihat dari samping, Nmax mengalami perubahan.. adanya lekukan membuatnya tampak lebih berisi.. ruang kaki tentu saja masih lega yang merupakan ciri khas matic berbodi besar.. penggunaan shock tabung membuatnya lebih elegan dan seharusnya akan terasa berbeda dengan shock biasa, meskipun faktor yang berpengaruh pada rigiditas tidak hanya shock saja, misal rangka.. dari hasil diskusi dengan pertamax7.com, Yamaha All New Nmax ini lebih empuk dibandingkan varian lawasnya.. namun nbsusanto sendiri belum bisa berkomentar lebih banyak karena belum ada sesi tes ride..

beralih ke bagian sekitar kemudi.. terdapat berbagai tombol standar, namun ada beberapa tambahan yang mungkin tidak banyak ditemukan di motor lain yaitu adanya tombol lampu hazard.. ya meskipun jujur saja lampu hazard di motor cc kecil menurut nbsusanto masih perlu evaluasi, rencananya nanti dibuat artikel terpisah.. selain itu ada tombol di bagian tangan kiri yang mirip seperti tombol pass beam (dim sesaat).. namun ternyata itu adalah tombol untuk memindahkan menu pada konsol meter.. selain itu, sistem penguncian motor ini sudah keyless serta menggunakan tuas putar kekinian.. kemudian terdapat sebuah soket listrik untuk mengecas handphone di deck depan beserta tempat menaruh handphone yang berpenutup.. sementara itu tangki depan masih seperti sebelumnya seperti motor sport, tidak di bawah jok.. kapasitas tangki Yamaha All New Nmax ini muat hingga 7,1 liter..

sementara itu konsol meter digital Yamaha All New Nmax menggunakan backlight putih dan alphanumeric hitam menampilkan berbagai macam indikator dari hal yang basic seperti kecepatan, odometer dan fuel meter hingga advanced seperti estimasi penggunaan BBM per liternya.. selain itu lampu indikator pun cukup banyak mengingat adanya fitur ABS, keyless dan lain-lain.. selain itu, motor ini juga dapat disambungkan ke smartphone untuk menjadi pengingat akan perawatan berkalanya..

Yamaha All New Nmax ini dibanderol mulai harga 29 jutaan di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya untuk versi basic serta untuk model ABS di 33 jutaan.. untuk varian warna Yamaha All New Nmax tersedia Matte Red, Matte Black, Matte Blue, serta White.. ingat mesin bertorsi 15,36 HP bertorsi 13,9 NM mempunyai perbandingan kompresi 11,6:1 sehingga akan lebih baik jika tidak menggunakan sembarang BBM.. tertarik?

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....