Eco Racing buatan siapa?

assalamu’alaikum wr. wb..

belakangan ini beberapa grup yang nbsusanto ikuti cukup ramai membahas satu produk otomotif yang diklaim cukup fantastis.. sebenarnya tidak hanya di otomotif saja, namun beberapa bidang lain pun turut serta diramaikan oleh pemegang merk ini.. ya, Eco Racing dan PT BEST..

produk Eco Racing merupakan salah satu dari beberapa produk yang dijual dengan sistem MLM oleh PT BEST.. tapi, di artikel ini nbsusanto tidak membahas lebih jauh mengenai skema bisnisnya.. cukup membahas tentang sebenarnya produk Eco Racing serta beberapa produk lain yang bisa dan cukup menarik untuk nbsusanto bahas.. sebenarnya lebih tepat kalau nbsusanto pertanyakan karena hal-hal berikut belum nbsusanto dapatkan jawabannya dengan memuaskan..

klaim keiritan di motor dan mobil

menurut sales sekaligus member PT BEST yang cukup banyak, Eco Racing bila dipakai di kendaraan dapat menghemat bahan bakar.. bahkan klaimnya mampu  membuat irit hingga mencapai 50% daripada tidak memakai.. nbsusanto berulang kali menanyakan konsumsi BBM per liter setelah pemakaian, untuk motor atau mobil apapun.. akan lebih menyenangkan kalau motornya CS1, Supra 125 atau Vario 125.. sayangnya sampai sekarang, data tersebut sangat sukar didapatkan.. adakah yang bisa membantu?

jawaban dari para penjual rata rata adalah biasa isi BBM sekian hari kemudian setelah pakai Eco Racing menjadi sekian hari.. atau kalau tidak, yang bertanya dipersilakan membeli dan membuktikan sendiri.. padahal mengukur konsumsi BBM metode full to full itu sangatlah mudah.. artikel konsumsi BBM di blog ini semuanya menggunakan metode full to full.. cukup isi penuh, catat odometer, jalan sekitar 100-150 km, isi penuh lagi, catat odometer dan biaya pembelian BBM.. selesai..

selain itu, nbsusanto belum menemui tokoh otomotif yang telah menguji dan hasilnya positif.. entah memang strateginya tidak melalui tokoh otomotif atau bagaimana.. padahal blogger vlogger genre otomotif banyak tersebar jika diajak menguji Eco Racing.. jikalau khawatir hasil tidak valid karena kompetensi penguji, maka masih ada beberapa yang nbsusanto percaya masih kredibel dan amanah.. misalnya saja mas Taufik Hidayat pengasuh tmcblog.com atau mas Rudi Triatmono pengasuh triatmono.info..

untuk produk yang lain, dapat dengan mengajak uji para tokoh yang memang kredibel di bidangnya.. bagaimanapun, uji lapangan oleh para tokoh dapat menarik minat masyarakat umum maupun yang memang sedikit tahu tentang hal tersebut untuk lebih mantap memakai..

produk jualan PT BEST buatan siapa?

hal lain yang cukup menggelitik adalah saat nbsusanto iseng-iseng melihat box kemasan produk-produk jualan PT BEST seperti Eco Racing, Eco Farming, Eco Feed, ternyata tertulis “distributed by PT Bandung Eco Sinergi Teknologi”.. kok bukan produced by ya? lalu buatannya siapa?

sementara itu, produk LVN, menurut salah satu top leader, merupakan produksi PT BEST.. sementara itu hasil pencarian nbsusanto, LVN dan Ecomaxx yang merupakan minuman juga distributed by PT BEST, namun tertulis produsennya adalah CV Bendungan Emas Sejahtera dan PT Mandala Cahaya Sentosa.. yang benar yang mana ya?

sebaiknya memang diperjelas kalau memang distribustor ya ditulis apa adanya.. kalau memang produsen sendiri, tinggal dicantumkan saja dan bukan tertulis sebagai distributor.. nbsusanto sendiri juga sudah beberapa kali menemui produk otomotif buatan perusahaan A lalu dijual atau dikemas ulang oleh perusahaan B.. ada juga perusahaan D yang memproduksi suatu barang dengan lisensi dari perusahaan C..

hal yang lain ?

kembali seperti di awal, nbsusanto tidak membahas tentang skema bisnis mendetail di artikel ini.. juga tidak menulis tentang hal-hal yang masih dispute.. kalau ada pembaca yang dapat menambahkan informasi, tentunya nbsusanto mengucapkan terima kasih.. apalagi kalau menjawab pertanyaan nbsusanto.. maklum artikel ini sebagai salah satu bentuk tabayyun karena sebelumnya di forum belum juga terjawab.. adanya jawaban di kolom artikel juga dapat membantu mereka yang sedang mencari jawaban.. selain itu, masukan juga dapat diberikan oleh pembaca maupun member langsung pada PT BEST karena nbsusanto tidak tergabung di dalamnya..

oiya, sedikit menyinggung tentang ajakan usaha tanpa riba, tentu saja nbsusanto setuju.. akan sangat mantap kalau PT BEST mengundang Saptuari Sugiharto, founder Komunitas Kembali ke Titik Nol dan penggiat usaha tanpa riba, dalam acara bersama member maupun masyarakat umum.. tulisan-tulisan dan kisahnya memang menarik..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....