lebih dekat dengan new Honda BeAT 2020 yang telah resmi mengaspal

assalamu’alaikum wr. wb..

Honda BeAT.. siapa yang tak kenal nama ini? sebuah motor matic yang sangat banyak populasinya di jalanan meskipun bukan yang pertama kali dikenal masyarakat.. slogan “compact sportmatic” yang melekat padanya memang serasa cocok karena bentuknya kompak dan ringkas tidak seperti kebanyakan matic yang semakin membesar, meskipun untuk “sport” nya mungkin tidak menunjuk ke kecepatan.. lahir dari era karburator dan mengalami major facelift saat dijadikan injeksi serta penjualan mencapai 17 juta unit, kini BeAT telah mengalami transformasi lagi.. pada pertengahan Februari 2020 lalu, astra motor yogya resmi memperkenalkannya pada publik..

sepintas, tak banyak yang terlihat berubah pada new Honda BeAT 2020 jika dari sisi ini.. garis-garis desain apalagi bagian belakang masih mirip-mirip sebelumnya.. pun penggunaan single shock belakang, ukuran ban serta rampingnya Honda BeAT masih sama.. padahal sesungguhnya terdapat cukup banyak pada jeroan mesin serta rangkanya.. memang secara kubikasi masih dibulatkan di angka yang sama meskipun detailnya berbeda.. perbandingan kompresi naik menjadi 10,0:1, yang diklaim oleh AHM masih aman menggunakan premium meskipun menggunakan pertamax lebih baik.. oli pun saat ini hanya butuh 0,65 liter saja, lebih sedikit dibanding sebelumnya.. walau begitu, tenaganya menjadi 9 PS pada 7500 rpm.. selain itu, rangka pun berubah sehingga lebih ringan, meskipun resiko monokok adalah jika rusak tidak seperti rangka tipe sebelumnya seperti ditulis ardiantoyugo..

tampilan depan new Honda BeAT 2020 adalah bagian yang paling jelas terlihat berubah.. pada generasi sebelumnya, lampu depan masih menggunakan bohlam biasa.. pada facelift terbaru ini, Honda BeAT 2020 telah menggunakan LED seperti motor-motor baru masa kini.. posisinya masih sama, di bodi, sehingga tidak ikut berbelok seperti stang.. memang masih mempertahankan garis desain BeAT lalu, sekaligus mengingatkan Vario 110 yang kini telah disuntik mati..

 

fitur charger hp nampaknya sudah menjadi kebutuhan di masa kini.. untuk itu new Honda BeAT 2020 telah dilengkapi dengan power outlet 12V 1A berbentuk lighter seperti di mobil pada umumnhya sehingga masih butuh adapter dari colokan tersebut menjadi USB sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.. memang untuk power outlet ini diberikan penutup sehingga aman saat hujan, namun hp tidak akan cukup diletakkan disana.. handphone harus diletakkan di lubang di sisi kiri yang sayangnya tidak berpenutup.. selain itu kabel charger pada umumnya bisa-bisa terlihat dari luar, selain tidak rapi juga bahaya..

new Honda BeAT 2020.. kini banderolnya sudah lebih dari 16,5 juta rupiah.. memang harga-harga semakin naik dampak dari inflasi dan lain-lain.. tapi ya inilah salah satu matic termurah honda pada saat ini.. sayangnya nbsusanto belum sempat tes ride karena saat itu lokasinya tidak memungkinkan.. memang pilihan motor matic kecil sudah tidak lagi banyak, meski hampir semua merk yang lalu lalang di indonesia masih menyediakannya.. tinggal pilihan balik ke mana.. kalau nbsusanto, tetep pilih alien CS1, tricolore supra 125 gen1, serta silawe vario 125 gen 2.. 😆

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....