update teknologi Yamaha All New Aerox 155 Connected 2021, tenaga dan fitur meningkat!

assalamu’alaikum wr. wb..

kemarin pagi, 20 November 2020, Yamaha menyelenggarakan acara bedah teknologi All New Aerox Connected melalui media daring, Microsoft Teams.. narasumber dalam acara tersebut adalah pak Abidin (GM CS Division PT YIMM) dan pak Ridwan (Education & Publication PT YIMM).. acara ini diselenggarakan menyusul peluncuran Yamaha All New Aerox 155 Connected pada awal bulan November ini..

berdasarkan data spek singkat yang nbsusanto tuliskan di artikel sebelumnya, tenaga dan torsi Yamaha All New Aerox 155 Connected meningkat dari generasi sebelumnya.. tenaga maksimum menjadi 11,3 kW/8000 rpm dari sebelumnya 11,0 kW/8000 rpm.. selain itu, torsi pun meningkat menjadi 13,9 Nm/6500 rpm dari sebelumnya 13,8 Nm/6250 rpm.. yap, seperti gambar di atas.. salah satu penyumbang meningkatnya angka-angka tersebut adalah dari pengaplikasian piston dengan spek yang sama dengan Yamaha YZF-R15 VVA.. tentu saja sudah forged piston dan diasil cylinder seperti motor-motor Yamaha pada umumnya..

ubahan lain di sektor mesin di antaranya adalah desain silinder head dan combustion chamber baru, serta pengaturan CVT yang dapat meningkatkan akselerasi dan top speed.. perbandingan kompresi pun meningkat cukup drastis menjadi 11,6:1, meskipun dampaknya pengguna harus lebih selektif dalam pemilihan BBM agar menggunakan ron yang sesuai agar mendapat performa optimal, setidaknya setara ron 92.. ukuran boks filter kini 4,3 liter.. klep intake memiliki lebar 20,5 mm.. selain itu, intake manifold untuk throtthle body 2 mm dengan 6 hole injector..

rasio gear pun telah disesuaikan untuk mendukung semua ubahan dalam mesin.. untuk primary gear berukuran sama dengan Yamaha All New NMax, namun terdapat perbedaan di bagian lain sehingga rasio finalnya pun berbeda.. Yamaha All New Aerox 155 Connected ini memiliki pendinginan berupa radiator.. terdapat honeycomb catalyst yang terletak di leher knalpot, dan dilengkapi desain 2 tingkatan chamber pada bagian muffler..

untuk mendukung itu semua, rangka baru yang lebih rigid digunakan pada motor ini.. selain itu terdapat redesain pada sudut shockbreaker belakang, trail suspensi depan yang meningkat 5 mm serta optimalisasi lain untuk meningkatkan kestabilan dan kenyamanan pengguna..

hal-hal tersebut melengkapi fitur-fitur lain yang diaplikasikan pada Yamaha All New Aerox 155 Connected, di antaranya adalah :

  1. rem ABS untuk mencegah roda terkunci
  2. dual shockbreaker belakang dengan tabung dan dual pitch spring
  3. soket charger di dalam laci depan
  4. smart motor generator untuk suara yang halus saat motor dinyalakan
  5. smart key terintegrasi answer back system dan telah keyless, serta
  6. dapat dikoneksikan dengan aplikasi Y-Connect untuk pemantauan kondisi sepeda motor maupun notifikasi hp yang dapat tertampil di layar

untuk spek lebih detail bisa ditengok di laman official Yamaha maupun di blognya ardiantoyugo..

memang motor jaman sekarang canggih-canggih ya.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....