Polytron PMA 9300, speaker 2.1 yang cukup mantap

assalamu’alaikum wr. wb..

sejak punya komputer tahun 2004 lalu, nbsusanto belum pernah punya speaker branded.. speaker pertama adalah speaker kecil yang setelah dicek di brosur harganya sekitar 20 ribu rupiah.. speaker kedua adalah semi home made, yaitu ampli tugas ekskul jaman SMP + woofer 8″.. lumayan sih tp berantakan dan kadangkala sudah error.. setelah itu sering tanpa speaker, sesekali pinjem bluetooth audio box.. tapi lama-lama kok semakin pengen punya speaker yang bener.. 😆

sejak beberapa waktu lalu sudah sering cari-cari referensi beberapa merk dan tipe speaker yang bisa menjadi pilihan cocok bagi nbsusanto, tentu dengan harga yang cocok.. ada sih yang menarik, tapi belum juga kebeli.. akhirnya di tahun 2020 ini ada rejeki dan kembali cari di kaskus, ndilalah nemu rekomendasi untuk penggunaan standar di dalam ruang namun sudah cukup jedug jedug adalah Polytron PMA 9300 di kisaran 500an ribu.. wah produk lokal.. kalau ditanya, kenapa pada akhirnya milih PMA 9300? alasannya sih speaker 2.1 yang konektivitasnya cukup lengkap dan disertai dengan radio FM sehingga kalau bapak/ibuk butuh radio bisa dipakai juga.. cari-cari deh di marketplace, namun ternyata beratnya membuat ongkir tinggi.. ndilalah nemu di yogyakarta dengan harga 535 rb.. pesen dulu karena stoknya cukup laris dan alhamdulillah ganti hari sudah dikontak kalau ready stock..

kotak kemasan Polytron PMA 9300 guedhi banget.. tidak bisa ditaruh di dek depan matic.. apalagi di cs1, perlu ditalikan di atas jok belakang kalau bawa sendiri.. alhamdulillah sampe rumah aman dan bisa unboxing.. kebetulan unit yang ada sisa warna putih saja.. dikeluarkan deh unit subwoofer dan 2 buah satelit yang menyertainya.. kabel input yang disertakan merupakan 3,5″ to RCA, dengan pilihan colokan RCA di belakang dan colokan 3,5″ di depan sehingga memungkinkan koneksi dari berbagai alat.. untuk antena radio berupa kabel yang dapat digantungkan di dinding..

satu hal yang terasa mengganjal dari tampilan luar Polytron PMA 9300 adalah peletakan tombol power di bagian belakang sehingga agak susah diakses.. untuk peletakan tombol kontrol lain di depan gampang diakses.. untuk semakin memudahkan akses, disediakan sebuah remot dengan tombol yang cukup lengkap, namun pertama kali terasa membingungkan jika tidak membaca buku manual.. untuk itu, jangan lupa cek manual book ya.. :mrgreen:

mari dinyalakan di dalam ruangan.. ambien light di sekeliling knop volume pun berpendar warna-warni.. untuk mengganti warna ataupun menggantinya dapat menggunakan remote.. kemudian nbsusanto sambungkan dengan komputer kemudian putar lagu dari youtube.. nbsusanto coba beberapa genre.. sebagai catatan, nbsusanto bukan enthusiast di bidang kualitas audio, hanya seorang awam yang mungkin berselera seperti orang pada umumnya, sehingga hal ini akan subyektif pada setiap orang..

seperti biasa, musik dangdut selalu jadi pilihan untuk check sound.. seperti ekspektasi awal, Polytron PMA 9300 mampu menghandle dengan cukup baik.. pun begitu untuk lagi-lagu reggae serta pop.. bass yang dihasilkan cukup berisi namun lembut.. cukup volume kecil untuk berdendang siang malam.. namun saat digunakan untuk memutar rekaman live youtube, dimana tidak banyak editing suara, memang perform Polytron PMA 9300 ini terasa biasa saja.. kualitas perekaman atau mungkin memang bukan genre yang jadi andalannya?

sebagai catatan, ruang yang nbsusanto gunakan merupakan ruang keluarga berupa joglo yang disekat, memang tidak terlalu luas.. namun, saat nbsusanto meninggalkan ruangan dengan pintu yang terbuka lebar, suara musik dari Polytron PMA 9300 ini terdengar mendem.. tidak segagah saat di dalam ruangan, bahkan cenderung tinggal lirih saja.. tidak jauh berbeda saat speaker ini nbsusanto bawa ke ruang lain, saat di dengarkan dari luar, suaranya sama sekali tidak menggelegar.. atau mungkin cocoknya di ruangan saja ya?

untuk membuktikannya, nbsusanto gelar Polytron PMA 9300 ini di pendopo depan rumah, menemani kru Kalimasada yang sedang mempersiapkan alat.. dengan konektivitas bluetooth yang cukup mudah di-pair-kan, lagu dangdut pun diputar di sore hari.. salah satu kru berceletuk bahwa keluaran bass Polytron PMA 9300 ini cukup lembut, bahkan dia berpikir speaker ini berharga beberapa ratus ribu rupiah di atasnya.. memang kalau di dekat, suaranya kencang, namun saat nbsusanto mengambil jarak agak jauh baru menjadi lebih lirih.. atau karena faktor woofer dan satelit yang tidak terlalu besar? ya tidak heran sih karena dalam trah PMA, speaker ini berada di kasta terendah.. *update, kemarin dipakai untuk acara senam ibu-ibu di pendopo dengan volume suara 25++, jebul output suara Polytron PMA 9300 ini cukup mumpuni.. 😆

bagi nbsusanto, speaker Polytron PMA 9300 dengan konfigurasi 2.1 ini sudah cukup memenuhi nbsusanto dengan harga yang masih masuk akal.. tampilan simpel namun masih nyaman dipandang, meskipun peletakan tombol power tidak mudah diakses.. output suara cukup menyenangkan untuk dalam ruangan, dengan catatan kalau live mungkin masih kurang maknyuss.. kalau mau yang lebih menggelegar untuk luasan ruangan yang lebih besar atau outdoor dengan kualitas yang tetap baik nampaknya memang harus seri di atasnya atau produk-produk yang berharga lebih mahal.. :mrgreen: akhir kata, jika mencari speaker aktif 2.1 dengan konekktivitas lengkap dan suara yang cukup oke untuk dalam ruangan dengan budget sekitar 500an ribu, Polytron PMA 9300 ini layak untuk dipilih..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....