Bakso Klenger yang sukses membuat klenger

assalamu’alaikum wr. wb..

kuliner di jogja itu sangatlah banyak.. berbagai jenis makanan ada.. salah satunya adalah bakso.. bakso pun beraneka ragam, ada bakso wonogiri, bakso arema, bakso wonosari, dan lain-lain.. nah salah satu bakso yang sedang naik daun dan cukup populer di jogja adalah Bakso Klenger.. jika melihat kata klenger, itu artinya pingsan, tidak sadarkan diri atau setidaknya sangat lemas.. membuat penasaran, apa yang membuatnya diberi nama Bakso Klenger..

dari berbagai info yang nbsusanto dapatkan, bakso ini mempunyai berbagai ukuran yang dapat dipilih pembeli.. untuk menuntaskan penasaran, nbsusanto dan keluarga mampir kesana saat ada acara tak jauh dari warung tersebut berada.. ceritanya adalah mau makan siang, lebih tepatnya ekspektasi nbsusanto adalah mengisi perut untuk selanjutnya dapat makan nasi.. maklum biasanya nbsusanto kalo makan bakso rasanya tidak kenyang-kenyang banget.. sebuah bayangan yang nantinya menjadi lucu.. oya, nbsusanto datang kesini sebelum adanya lockdown pandemi Covid19.. mungkin di masa pandemi ada beberapa hal yang sudah berbeda..

sampai juga di lokasi warung Bakso Klenger.. cukup luas untuk menampung banyak konsumen.. sayangnya memang saat itu sedang panas-panasnya sehingga yang kami rasakan cukup gerah meskipun terdapat kipas angin.. mungkin jika datang di waktu yang lain akan berbeda kondisinya.. oya, pilihan bakso klenger tersedia dalam berbagai ukuran.. mulai dari bakso biasa, kemudian bakso klenger 250 gram, 1 kilogram hingga puluhan kilogram sesuai pesanan.. isiannya pun beragam, ada yang bakso urat standar, kenthir (pedas berisi potongan cabe), kelon (klenger londo yang berisi tetelan dan bumbu blackpepper), cincang (tetelan daging sapi), dan lain-lain..

nbsusanto memesan es jeruk bakso kelon saja karena terbayang rasa bumbu blackpepper yang nikmat.. biar berbeda dengan yang lain juga, kan lumayan bisa buat saling incip kalau penasaran.. suatu trik lawas yang sering nbsusanto terapkan saat makan bareng keluarga.. tidak perlu menunggu lama, bakso dan minuman disajikan pada kami.. disediakan pisau untuk memudahkan konsumen membelah bakso berukuran jumbo ini.. baiklah mari kita mulai makan dengan membelah bakso.. oya, nbsusanto terbiasa makan tanpa kecap, saos, dan sambel sehingga ketahuan bagaimana rasa otentiknya..

seperti deskripsi saat memesan, isi bakso berukuran jumbo ini adalah telur dibalur dengan tetelan daging sapi dan bumbu blackpepper.. gurih pedas ala blackpepper memang terasa nikmat meskipun mungkin selera tingkat keasinan berbeda-beda, dimana menurut nbsusanto sekeluarga agak lebih asin dibandingkan ekspektasi.. tentang pedasnya ya tentu saja jangan dibandingkan dengan yang ekstra pedas.. sesuap demi sesuap.. loh kok nggak habis-habis? perasaan nggak terlihat gedhe-gedhe banget.. perut mulai terasa hampir kenyang.. buset.. padahal di awal nggak mengira bakalan sekenyang ini.. terbukti, membuat klenger! 🤣

dengan kisaran harga 30-40 ribu rupiah, beginilah bakso klenger sukses membuat klenger.. rasanya pun cukup enak meski saat itu agak asin.. hanya saja saat itu cuaca panas membuat kurang nyaman apalagi membawa anak kecil.. mungkin kalau suasananya lebih teduh akan lebih nyaman.. untuk parkiran kendaraan pun cukup luas di seberang jalan sehingga tidak perlu khawatir.. ada tukang parkir yang membantu juga.. oya, saran nbsusanto kosongkan perut sebelum makan Bakso Klenger agar tidak kekenyangan.. 🤣

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

2 Komentar

monggo tanggapannya.....