Lenovo IdeaPad Slim 3, pilihan laptop 10 juta dengan i5, SSD, dan VGA nVidia

assalamu’alaikum wr. wb..

pada masa kini, laptop sudah menjadi bagi mereka yang berada di sektor pendidikan maupun kantoran.. apalagi dengan adanya pandemi Covid 19, laptop, hp dan koneksi internet menjadi sangat penting.. bagaimanapun, setiap alat elektronik ada usianya.. pun begitu dengan laptop adek yang telah digunakan sejak lebih dari 5 tahun lalu.. untuk kuliah serta pekerjaan, adek pun mencari sebuah laptop di awal 2021.. budget sekitar 10 juta.. tanya sana sini dan didapat bahwa Lenovo IdeaPad Slim 3 menjadi pilihan..

spesifikasi laptop yang dicari memang yang nyaman untuk bekerja, baterai cukup awet, mampu menghandle software grafis seperti CAD maupun corel dengan baik, dengan harga yang masuk akal.. dari berbagai pilihan yang ada memang Lenovo IdeaPad Slim 3 adalah yang paling masuk akal.. CPU Intel Core i5 1035G1, RAM 8GB DDR4, VGA nVidia MX330 2GB, OS Windows 10, dan Office Home Students.. memang tidak ada gimmick berupa keyboard backlight dan yang lainnya..

berat laptop Lenovo IdeaPad Slim 3 ini sekitar 1,535 kg.. beberapa ons lebih berat dari laptop yang nbsusanto gunakan.. memang tidak ada klaim bahwa laptop Lenovo IdeaPad ini bakalan menjadi laptop yang ringan, tipis.. namun berat sekian tersebut tentu sudah enteng dibandingkan dengan laptop jaman dulu.. bentuknya pun cukup standar tidak kelihatan wah, seperti laptop untuk kerja pada umumnya.. keypad yang empuk dan yang paling nbsusanto suka, tombol power terletak terpisah..

hanya saja nbsusanto agak kikuk karena layout keyboard agak berbeda.. terbiasa dengan barisan tombol del, home, dll di baris paling kanan, di Lenovo ini tidak demikian.. mungkin ini yang membuat ada ruang kosong di kiri kanan keyboard.. kalau untuk bagian layar, bezelnya cukup tipis.. peletakan kamera pun di atas layar dan memungkinkan hasil video/foto yang lebih bagus dan angle lebih wajar dibandingkan laptop nbsusanto..

untuk konektivitas pada Lenovo IdeaPad Slim 3 ini tersedia 2 USB 3.1 type A, 1 USB 2.0 type A, 1 HDMI port, dan charger di sisi kiri.. sementara itu si sisi kanan terdapat 1 audio jack 3,5″ dan 1 SD Card Reader.. memang dengan berbagai port yang minimalis ini memungkinkan laptop menjadi tipis dan ringan.. meskipun begitu, baterai laptop ini tetap mampu menyuplai tenaga sampai dengan lebih dari 1,5 jam dari posisi 60% karena memang oleh adek disetel maksimal pengecasan segitu.. kondisi dengan baterai pun hanya terjadi saat listrik mati saja..

namun belum ada 1 bulan, terjadi musibah.. laptop Lenovo IdeaPad Slim 3 milik adek ini kejatuhan batu sangat keras berukuran sebesar mouse dan tepat di atas layar pada saat laptop ditutup.. dari fisik luar terjadi sedikit lecet saja tanpa ada retak.. namun bagaimanapun yang terpikirkan adalah LCD dan jika ada tekanan bisa menyebabkan bagian bawah pun rusak.. langsung lemes sembari membukanya..

benar saja LCD sudah terdapat garis retakan dan beberapa bagian mulai menghitam.. wis alamat.. nbsusanto mendatangi Lenovo Service Center untuk menanyakan harga LCD beserta stoknya.. ternyata harga jauh dari estimasi, 2 kali lipat bahkan.. LCD untuk seri terbaru dari Lenovo IdeaPad Slim 3 ini dibanderol sekitar 3 jutaan serta butuh waktu 1 bulan untuk mendatangkan barang dari China untuk kemudian dipasang.. wadoooh.. nbsusanto pun cari alternatif lain.. dapat tawaran LCD OEM seharga 1,6 juta dengan resolusi dan warna yang sama.. bedanya adalah LCD 3 jutaan itu doff, sementara untuk versi OEM glossy.. bedanya adalah saat digunakan pada pancaran sinar yang kuat.. selebihnya sejauh ini normal-normal saja..

apalagi ya? sejauh ini sekian dulu saja.. nanti kalau ada update bisa nbsusanto lakukan di artikel ini ataupun artikel baru..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....